Allah Tunjukkan Surga dan Neraka di Alam Kubur

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 20 Nov 2020

Allah Tunjukkan Surga dan Neraka di Alam Kubur

Ilustrasi kuburan - Image from surabaya.tribunnews.com

Di alam kubur, kita ditunjukkan calon tempat tinggal abadi 

Ada ulama yang berkata di alam kubur, manusia seolah sedang tertidur. Hingga kemudian akan dibangkitkan kembali saat kiamat datang. Beginilah kondisi manusia di alam kubur serta pemberian gambaran surga dan neraka kepada mereka. 

Setiap manusia pasti akan menghadapi kematian. Setelah kematian kita akan masuk di alam barzah. 

Jadi setiap orang yang sedang berada di alam barzakh belum tentu masuk surga. Melainkan mereka sudah ditunjukkan oleh Allah SWT mengenai surga atau neraka. 

"Di alam barzakh, orang belum masuk surga. Namun, di sana, orang sudah ditunjukkan tempatnya, sehingga mereka ada yang bisa melihat surga. Ada pula yang ditunjukkan tempatnya sehingga mereka melihat neraka,” kata Prof M Quraish Shihab. 

Hal itu beliau sampaikan dalam kajian Misteri Alam Barzakh di akun Youtube Quraish Shihab. Allah SWT berfirman dalam surat Ghafir ayat 46 :

اَلنَّارُ يُعْرَضُوْنَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَّعَشِيًّا ۚوَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ ۗ اَدْخِلُوْٓا اٰلَ فِرْعَوْنَ اَشَدَّ الْعَذَابِ

“Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Lalu kepada malaikat diperintahkan), “Masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras!”

Dalam tersebut dijelaskan bahwa Firaun sepanjang hari ditunjukkan neraka dan baru dimasukkan ke neraka. 

Ini menjelaskan di alam barzakh ada siksa yang bisa dinamakan dengan siksa kubur. Sementara dalam surat Yasin ayat 52 yang berbunyi :

قَالُوْا يٰوَيْلَنَا مَنْۢ بَعَثَنَا مِنْ مَّرْقَدِنَا ۜهٰذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمٰنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُوْنَ

“Mereka berkata, “Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?” Inilah yang dijanjikan (Allah) Yang Maha Pengasih dan benarlah rasul-rasul(-Nya).”

Menurut Quraish Shihab, ayat di atas dijadikan alasan oleh beberapa ulama bahwa di alam barzakh manusia dalam kondisi tertidur. 

Namun, ada beragam jawaban para ulama terkait ini. Namun, yang jelas manusia yang meninggal sedang menunggu waktunya sampai hari kiamat tiba di sana. 

Mereka yang disiksa pun sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia. Jika selesai disiksa, mereka akan tidur. Waktu di alam barzakh dengan waktu di dunia juga jauh berbeda.

Di alam barzakh, amal orang yang sudah meninggal bisa bertambah. Ini yang dimaksud dengan orang yang masih hidup harus mendoakan mereka yang sudah meninggal. 

Mereka menunggu amal-amalan yang datang melalui doa dari mereka yang masih hidup di dunia.

Untuk itu, jangan lupa untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia, baik orang tua, kakek-nenek, kerabat dan saudara-saudara. Semoga doa kita bisa memberikan kedamaian bagi mereka di alam kubur.

SHARE ARTIKEL