Filosofi Lebah Madu, Tak Ada Jiwa Perusak dan Mempunyai Tanggung Jawab Tinggi

Komentar

lebah madu via digital-meter-indonesia.com

Tak cuma menghasilkan madu yang sangat bermanfaat bagi manusia...

Tapi kita bisa mencontoh kehidupan lebah, bagaimana ini mencari makan tanpa merusaknya, makan yang baik dan mengeluarkan yang baik...

Sungguh istimewa...

Seringkali kita menjumpai lebah madu dalam wujud madu murni yang dijual di pasaran. Lalu, bagaimana lebah madu cara beternak dan pemanfaatan? Yuk simak penjelasannya disini.

Lebah madu termasuk golongan serangga berdarah dingin, sehingga dalam aktivitas kehidupan di pengaruhi perubahan suhu sekitarnya. Lebah madu memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan.

Di dunia ada 7 species lebah madu yang sudah diketahui, yaitu : Apis dorsata, Apis Laboriosa, Apis Mellifera, Apis Florea, Apis Andreniformis, Apis Cerana dan Apis Koschevnikovi. Akhir-akhir ini ditemukan lagi species lebah madu baru yaitu Apis Nigrocincta di Sulawesi dan Apis Nuluensis di Kalimantan.

Lebah madu mempunyai produk diantaranya adalah madu, lilin lebah, propolis, pollen (tepung sari), royal jeli, dan masing-masing kaya akan manfaat.

Dari Abdullah bin Amru radhiallahu’anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

وَالَّذِي نَفْسُ ‏ ‏مُحَمَّدٍ ‏ ‏بِيَدِهِ إِنَّ مَثَلَ الْمُؤْمِنِ ‏ ‏لَكَمَثَلِ النَّحْلَةِ أَكَلَتْ طَيِّبًا وَوَضَعَتْ طَيِّبًا وَوَقَعَتْ فَلَمْ تَكْسِر ولم تُفْسِد

“Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, sesungguhnya perumpamaan mukmin itu bagaikan lebah yang selalu memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik. Ia hinggap (di ranting) namun tidak membuatnya patah dan rusak.” (HR Ahmad dan dishahihkan oleh Ahmad Syakir).

Lebah adalah gambaran dari seorang muslim. Apa saja filosofi lebah madu dalam kehidupan manusia? Berikut ulasannya.

1. Kita tahu apa sih makanan lebah? Yaitu sari pati dari bunga.
Maknanya: lebah selalu memakan makanan yang baik, jadi kita sebagai manusia tentunya harus bisa berupaya agar selalu memakan dari sumber yang baik atau halal.

2. Lebah dalam mencari makan tidak merusak di mana dia mengambil sari pati bunga yang dia hisap ,dia dengan hati-hati hinggap di sekuntum bunga lalu dia menghisap madu bunga dengan sangat lembut dan sabar.
Maknanya: kita sebagai manusia yang di tunjuk oleh Allah SWT sebagai khalifah di dunia ini, kita harus bisa berusaha mencari rezeki dengan cara yang baik, tidak merusak lingkungan dan alam, dan jika ini kita terapkan dalam kehidupan kita pasti tidak akan kita dengar yang nama nya banjir, longsor,pemanasan global, dan kejahatan di lingkungan kita.

3. Lebah ketika mencari makan dan hinggap di sekuntum bunga dia tidak hanya mengambil yang dia perlukan tetapi kehadirannya membawa manfaat untuk bunga yang ia hinggapi, yaitu dia membantu proses penyerbukan.
Maknanya: kita dalam mencari rezeki harus bisa mendatangkan manfaat untuk yang lain dan membawa kebaikan di manapun kita mencari rezeki bukan kerusakan.

4. Lebah memiliki senjata yang cukup di takuti, yaitu sengatan nya yang sangat menyakitkan, dan setiap lebah memiliki senjata tersebut. walaupun dia berkumpul dan bertumpuk di sarangnya senjata itu tidak ada yng melukai teman-temannya atau kelompoknya.
Maknanya : kita sebagai sesama makhluk alloh yang sempurna tentunya di beri akal dan pikiran untuk menjalani hidup, seharusnya dengan akal dan pikiran, kita ciptakan ide-ide dan pemikiran yang bermanfaat untuk seluruh alam dan bukan menciptakan sesuatu yang merusak atau menyakiti antar sesama makhluk Alloh swt.

5. Lebah sangat menjaga sarangnya karna di dalam nya ada ratu yang sangat di jaganya. Lebah akan terbang menyendiri menyusuri hutan-hutan untuk mencari sari pati bunga untuk dibawanya ke sarang.
Maknanya : kita harus bisa menjaga apa yang sudah di titpkan kepada kita yaitu dunia dan isinya, dan kita harus bisa menjaga dan menghormati para pemimpin kita yang bijaksana agar kelangsungan hidup terus berjalan, dan kita harus bisa mandiri dan bisa memberikan manfaat untuk kehidupan kita.

6. Lebah tidak suka menggangu makhluk lain, akan tetapi jika ada salah satu dari temannya diganggu atau sarangnya yang di ganggu, maka dengan serta merta semua akan menyerang si penggangu itu dengan berkorban nyawa sekalipun, dan lebah tidak takut sebesar apapun penggangu itu.
Maknanya : kita sebagai kelompok atau golongan harus bisa saling menjaga dan melindungi agar tidak mudah untuk diganggu atau di rusak oleh yang lain, kita tidak boleh menggangu orang lain dan tidak lari jika ada musuh datang dan harus siap mati untuk membela kelompok kita atau golongan kita wakau yang kita hadapi sangat kuat dan besar.

7. Lebah mengeluarkan kotoran atau cairan dari tubuhnya , yang kita kenal dengan nama madu, dan seperti yang kita ketahui bahwa madu sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. selain rasanya yang nikmat juga mengandung zat-zat yang sangat baik bagi tubuh kita.
Maknanya : sudah sepantasnya kita sebagai manusia harus bisa memberikan manfaat bagi makhluk lainnya dengan melakukan hal-hal baik dalam kehidupan sehingga manfaat nya bisa di rasakan oleh orang lain. jika kita memakan makanan dari jalan yang baik pasti akan melahirkan suatu hasil yang baik pula bisa berupa ide-ide yang baik atau kegiatan-kegiatan yang baik.

Baca Juga : Trik Cepat Sukses Budidaya Burung Lovebird

Fakta Lebah Madu

ilustrasi lebah madu via floristlampung.com

Lebah menjadi salah satu hewan yang sangat istimewa, di dalam kitab suci agama Islam, Alquran, bahkan ada satu surat yang bernama Surat Lebah (An Nahl). Apa saja fakta lebah madu

1. Lebah madu hidup puluhan juta tahun yang lalu
Lebah madu telah hidup selama sekitar 30 juta tahun. Jenis lebah ini merupakan satu-satunya serangga di dunia yang mampu memproduksi makanan yang dikonsumsi manusia, yaitu madu.

2. Lebah madu pekerja, semuanya betina
Lebah madu memiliki rentang hidup rata-rata 6 sampai 8 minggu atau 2,5 sampai 4 bulan. Nah, yang menarik adalah semua pekerjaan dalam koloni lebah dilakukan oleh para lebah betina.

Pembagian tugas pun dilakukan dengan sangat teratur, misalnya ada yang merawat larva lebah, membangun sarang, membersihkan sarang, melindungi sarang, mencari makanan, dan mengumpulkan nektar.

3. Lebah madu jantan tidak memiliki sengat
Pada dasarnya, lebah jantan tidak memiliki sengat dan juga tidak menghasilkan madu. Lebah jantan tidak melakukan apa-apa, bermalas-malasan, dan tidak membantu sama sekali pekerjaan lebah betina.Lebah jantan hanya memiliki satu tujuan  hidup, yaitu kawin dengan lebah ratu.

Yang menariknya lagi, perkawinan lebah madu adalah contoh dramatis dari bunuh diri seksual. Lebah jantan akan mati setelah kawin dengan lebah ratu.

Mengapa? Karena untuk bisa kawin dengan lebah ratu, maka lebah jantan harus bersaing untuk mendapatkan kesempatan tersebut, dan hal ini berlangsung di udara. Pada akhirnya, lebah jantan yang menang akan langsung dapat kawin dengan lebah ratu dan setelah itu mati.

4. Lebah madu mati setelah menyengat
Lebah madu dapat menyengat manusia dengan cara menyuntikkan jarum lebah ke kulit manusia dan meninggalkan cairan racun yang menyebabkan kulit menjadi merah dan bengkak. Si lebah madu yang sudah menyengat tadi akan melarikan diri, kemudian lemas dan mati.

5. Lebah madu sangat pandai menghisap nektar
Lebah madu memiliki sepasang belalai yang menyerupai sedotan kecil untuk menghisap nektar pada bunga.

Seranga ini  juga memiliki dua sisi perut, dimana perut pertama untuk menampung nektar yang untuk dicerna dan dijadikan energi, serta sisi perut kedua yang khusus untuk menyimpan siwa nektar untuk dijadikan madu.

Saat mengumpulkan nektar, lebah madu akan mengunjungi sekitar 50 sampai 100 bunga setiap hari.

6. Lebah madu terbang berdasarkan cuaca
Lebah madu adalah serangga yang pintar dalam mendeteksi perubahan tekanan udara. Pada saat hujan atau tekanan udara turun, maka lebah akan tetap tinggal di sarangnya.

Lebah akan tetap mengelompok dengan koloninya agar tetap dalam keadaan hangat. Mereka akan menggunakan madu sebagai makanan mereka selama tinggal di sarang sampai cuaca normal kembali untuk mereka mencari nektar.

7. Lebah Ratu adalah ibu semua lebah
Seekor ratu lebah dapat bertelur hingga 2500 butir telur sehari dan lebih dari satu juta telur seumur hidupnya. Masa hidup lebah ratu berkisar antara 2 sampai 3 tahun dan selama hidupnya hanya dihabiskan untuk kawin dan bertelur. Setiap telur akan menetas menjadi larva selama 3 hari.

Larva lebah selanjutnya akan dirawat oleh lebah perawat dengan diberi susu khusus yang disebut Royal Jelly. Larva tersebut kemudian menjadi pupa dan akhirnya berkembang menjadi lebah dewasa.

8. Lebah madu memiliki tarian khusus untuk komunikasi
Kehebatan lebah adalah cara berkomunikasi dengan sesama lebah melalui sebuah tarian dan kibasan untuk memberitahu adanya sumber nektar bunga, waktu terbang ke sumber nektar tersebut, dan juga kecepatan anginnya. Wouw…

9. Lebah madu menghasilkan lilin dari kelenjar di bawah perut 
Lebah madu menghasilkan semacam lilin yang terletak di bawah peruit mereka, dimana lilin ini digunakan oleh lebah untuk membangun tempat madu. Manusia juga dapat menggunakan lilin lebah tersebut untuk mempersiapkan obat-obatan dan memoles meubel.

10. Lebah mengepakkan sayap untuk menghasilkan dengung
Lebah madu mampu mengepakkan sayap dengan kecepatan hingga 11.400 kali per menit. Kepakan sayap tersebut akan menghasilkan bunyi dengung lebah seperti yang selama ini kita kenal. Seekor lebah madu dapat terbang dengan kecepatan 23 km/jam. Lebah madu juga sanggup terbang dan menjelajah sejauh 10 km hanya untuk mengumpulkan nektar dari bunga.

Apa khasiat madu lebah?

ilustrasi madu lebah via jualmadulebahliar.wordpress.com

Khasiat madu yang banyak sekali memang sudah merupakan rahasia umum. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Madu yang dikonsumsi haruslah madu yang asli serta memiliki kualitas yang tinggi. Apa saja manfaat madu lebah? Berikut 6 manfaatnya yang harus Anda ketahui.

1. Madu menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh
Seperti yang telah diketahui, terdapat dua jenis kolestrol dalam tubuh kita, yakni kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). LDL sangat berisiko bagi kesehatan jantung, sedangkan tubuh membutuhkan kadar LDL yang cukup.

Dengan mengonsumsi madu, total LDL dalam tubuh akan berkurang. Otomatis kolestrol baik akan meningkat.

Sebuah studi membuktikan manfaat madu dengan mengambil sampel 55 pasien. Rata-rata, kadar LDL setiap pasien turun sebesar 5,8 persen dengan peningkatan HDL sebesar 3,3 persen. Menariknya lagi, meski rasanya manis, madu dapat mengurangi berat badan sebesar 1,3 persen.

2. Sebagai obat batuk alami
Rasanya menyebalkan ketika lagi enak-enak tidur harus terbangun karena tenggorokan gatal karena batuk. Madu bisa jadi obatnya nih. Aman diberikan untuk segala usia, karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Selain menekan batuk, madu juga membantu membantu tidur kamu tetap nyenyak.

3. Kaya akan antioksidan
Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, madu dapat bermanfaat sebagai pencegah sel beberapa jenis sel kanker. Tidak hanya itu, fungsi lain dari antioksidan juga dapat mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke. Sebab, madu dapat melancarkan aliran darah agar tidak menggumpal dan tersumbat.

4. Madu dapat digunakan sebagai obat luka
Luka terbuka yang diakibatkan oleh goresan atau luka bakar dapat diatasi dengan madu. Caranya, tinggal oleskan saja madu pada bagian yang luka. Kandungan antibakterial dan anti-inflamasi dapat mencegah bakteri dan menutup jaringan yang lupa. Bahkan, madu juga bisa digunakan sebagai obat sariawan alami.

5. Membantu untuk menurunkan kadar trigliserid tubuh
Trigliserida sebenarnya dibutuhkan tubuh sebagai pembangun energi. Namun, jika terlalu banyak dapat menyebabkan lemak menumpuk yang menjadi faktor beberapa penyakit jantung dan diabetes. Dengan mengkonsumsi madu secara teratur, akan meurunkan trigliserid sebesar 11-19 persen dalam tubuh.

6. Pengin kulit mulus? Jadikan madu sebagai masker
Selain membantu penyembuhan luka, masker madu juga memiliki manfaat yang signifikan untuk kulit. Campuran madu dan lemon akan menjaga kesehatan kulit, membantu regenerasi kulit, melembabkan, menghaluskan sampai membersihkan wajah. 

Cara pembuatannya pun simpel. Madu dan lemon yang telah daduk diaplikasikan pada wajah atau bagian kulit lainnya. Biarkan 20-30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Setelahnya, dijamin wajah dan bagian kulit yang diberi masker akan terasa lebih segar.

Bagaimana cara beternak lebah madu?

ilustrasi ternak madu via ciri-madu-asli.blogspot.com

Cara agar lebah madu tetap lestari adalah dengan beternak lebah madu. Bagaimana cara beternak lebah madu? Berikut ini 9 cara beternak lebah madu bagi pemula yang paling mudah.

Jika Anda berusaha untuk melakukan budidaya, maka ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, yaitu :
  • Langkah pertama untuk menjadi peternak tawon madu yang sukses adalah belajar sebanyak mungkin tentang tawon itu sendiri. Mengingat semua variabel yang mungkin mempengaruhi lebah madu Anda, Anda mungkin melihat sesuatu yang berbeda setiap kali masuk ke sarang  tawon madu Anda.
  • Untuk membuat keputusan manajemen yang tepat, peternak lebah harus fleksibel dalam kemampuan mereka untuk mengetahui mengapa lebah berperilaku dengan cara tertentu, dan bagaimana tindakan tertentu dapat mempengaruhi kesejahteraan mereka.

Sebelum Anda melakukan proses budidaya sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis dari koloni tawon madu tersebut :

1. Ratu
Setiap sarang tawon madu akan memiliki 1 ratu lebah yang merupakan satu-satunya individu reproduksi di koloni tersebut. Dia hanya akan meninggalkan sarangnya dalam dua situasi: sebagai ratu perawan untuk kawin dan dalam beberapa kasus, sebagai ratu berpengalaman dengan segerombolan pekerja atau koloninya.

Pada masa kawin, ratu tersebut menempatkan khusus untuk menjalin hubungan dengan 80 tawon sebelum kembali ke sarangnya. Dia akan menyimpan semua sperma ini untuk digunakan seumur hidupnya, yang bisa bertahan sampai 5 atau 6 tahun. Ratu akan meletakkan semua telur untuk koloni tersebut, “memutuskan” kapan harus meletakkan telur yang tidak dibuahiat atau melahirkan para pekerja (telur yang telah dibuahi).

2. Tawon Madu Pekerja
Tawon madu pekerja adalah tawon betina yang steril yang melakukan semua kegiatan mencari makan, memberi makan produksi, penyimpanan madu muda, produksi lilin, pembersihan, dan mempertahankan sarang terhadap penyusup.

Setiap lebah pekerja akan melakukan berbagai pekerjaan seumur hidupnya, yang bisa bertahan sekitar 4-6 minggu selama musim aktif. Seiring bertambahnya usia, tugas mereka akan menjadi lebih berisiko, dan membutuhkan usaha lebih jauh dari sarangnya. 

3. Drones
Satu-satunya lebah jantan di koloni. Tujuan mereka adalah menyebarkan genetika koloni dengan cara kawin dengan ratu perawan dari koloni lainnya. Begitu mereka kawin, mereka mati dan perkawinan lebah sukses.

4. Membangun Sarang Tawon Madu
Sarang tawon madu sepenuhnya tergantung pada perilaku iklim tempat mereka tinggal. Waktu untuk memulai sarang akan bervariasi tergantung pada iklim dan geografi setempat.

Sebaiknya membuat sarang adalah ketika musim bunga sedang bermekaran dan tidak sedang musim hujan. Begitu musim ini tiba, Anda pasti ingin benar-benar siap menghadapi tawon madu Anda untuk siap dengan semua perlengkapan Anda dan sarang Anda ada di peternakan Anda.

Sebagai peternak tawon madu awal Anda akan selalu belajar. Jika Anda berhenti belajar Anda melakukan hal yang salah. Sebagai peternak tawon madu alami Anda bergabung dengan subkultur peternakan lebah yang terus tumbuh dan berubah yang masih belum dipahami oleh komunitas lebah lebah yang lebih besar. 

5. Beli perlengkapan pelindung
Cara budidaya tawon madu tawon madu mulai dari awal. Ini memang bukan jenis lebah yang paling agresif, tapi sengatannya masih bisa sangat menyakitkan. Anda perlu membeli peralatan pelindung lebah madu untuk mencegahnya menyengat Anda saat Anda memeriksanya dan memanen madu.
  • Topi dan kerudung sederhana seringkali cukup melindungi sebagian besar kegiatan pemeliharaan lebah.
  • Jaket ringan menawarkan perlindungan tambahan dan cukup sering untuk kebutuhan pemeliharaan lebah biasa.
  • Sebuah baju lengkap dengan sarung tangan disarankan untuk waktu dimana cuaca agak berangin atau lebah tampak agresif.

6. Tempatkan lebah di rumah baru mereka
Sangat mudah dan aman untuk mentransfer lebah Anda dari sarang lama mereka masuk ke sarang baru mereka yang Anda beli untuk mereka. Proses ini dirinci dalam petunjuk yang seperti berikut :
  • Tempatkan ratu yang dikurung secara terpisah ke dalam sarang kosong
  • Tuangkan lebah ke luar kotak
  • Lebah saat ini tidak memiliki sarang untuk dipertahankan dan akan terganggu sehingga hanya sedikit risiko tersengat selama proses ini.
  • Koloni ini akan mengambil tahun pertama untuk membangun jumlah lebah di dalam dan tidak akan menghasilkan madu sampai tahun kedua Anda memiliki sarangnya.

7. Periksa lebah Anda
Anda perlu memeriksa status sarang Anda lebih sering daripada Anda akan memanen madu. Saat memeriksa sarang Anda, cukup mengenakan topi dengan penutup yang sering dianggap cukup proteksi, tapi Anda juga bisa memilih memakai jaket.
  • Kunjungi lebah pada hari yang cerah saat bunga sedang mekar sehingga mayoritas lebah akan keluar dan bekerja.
  • Cuci setiap pakaian lebah yang mungkin telah tersengat sebelumnya saat berkunjung, feromon residu bisa memicu serangan lain.
  • Gunakan terapi asap untuk mengisi sarang dengan asap dan jaga agar lebah jinak saat membukanya untuk diperiksa.

8. Periksa kemajuan pembuatan madu mereka
Begitu Anda mendekati sarangnya, Anda harus membukanya dan mengeluarkan sebagian framings interior untuk memeriksa kemajuan lebah Anda dalam mengembangkan sarang dan membuat madu. Ingatlah untuk secara bebas menggunakan perokok Anda selama proses ini untuk menenangkan lebah yang tersisa.
  • Gunakan alat pada sarang lebah Anda (linggis kecil) untuk membungkuk di sudut salah satu dinding rangka interior, lalu geser perlahan-lahan.
  • Dalam bingkai berbeda Anda geser keluar Anda akan menemukan madu atau bahkan bingkai penuh dengan larva ratu.
  • Bingkai yang tertutup lilin lebah penuh dengan madu dan siap dipanen. 

9. Panen Madu
Akhirnya saatnya menuai hasil peternak lebah, panen madu segar! Anda dapat memilih untuk mengenakan setelan lebah lengkap untuk melindungi diri Anda selama proses ini. Meskipun jika Anda berhati-hati namun proteksi memang harus diutamakan.
  • Anda bisa membeli “bee escape” yang merupakan jebakan lebah yang memungkinkan lebah memasuki wadah tapi lebah tidak akan pergi.
  • Saat Anda mengambil sarang lebah, kebanyakan lebah akan memasuki jebakan lebah, memungkinkan Anda untuk memanen madu dengan aman dengan kebanyakan lebah akan mengungsi.
  • Gunakan pisau saku atau pisau kecil untuk memotong sarang lebah dari bingkai. Madu lebah madu yang membentuk segi enam juga dapat dimakan.

Jadi, cara budidaya tawon madu tawon madu bisa dilakukan siapa saja, namun harus nerbati-hati dan teliti untuk hasil yang memuaskan.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat dan filosofi lebah madu yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kekurangan ataupun kesalahan.
Top