Hadist Nabi SAW "Ketika Al-Quran Diangkat dan Manusia Tak Paham Kalimat La Ilaha Illallah"

Komentar

Gambar ilustrasi (wpapers.ru)

Akhir zaman...

Islam akan lenyap seperti terhapusnya warna pakaian yang telah usang.

Di akhir zaman, orang akan mengucapkan "La ilaha illallah" namun tak pernah mengerti maknanya.

Naudzubillah...

Dari Huzaifah bin al-Yaman Ra. ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda;

Islam akan lenyap seperti hapusnya (warna pakaian yang telah usang), sehingga (sampai suatu masa nanti) orang tidak mengerti apa yang dimaksudkan dengan puasa, apa yang dimaksudkan dengan shalat, apa yang dimaksudkan dengan nusuk (ibadah), dan apa yang dimaksudkan dengan sedekah.

“Al-Qur’an akan hilang semuanya pada suatu malam saja, maka tidak ada yang tertinggal dipermukaan bumi ini darinya walau pun hanya satu ayat. Dan yang ada hanya beberapa kelompok manusia, di antaranya para orang tua, laki -laki dan perempuan.

Mereka hanya dapat berkata, “Kami sempat menemui nenek moyang kami mengucapkan kalimat ‘La ilaha illallah’, lalu kami pun mengucapkannya juga. Maka berkata Shilah (perawi Hadits dari Huzaifah). Apa yang dapat dibuat oleh La ilaha illallah (apa gunanya La ilaha illallah) terhadap mereka, sedangkan mereka sudah tidak memahami apa yang dimaksudkan dengan shalat, puasa, dan sedekah?”

Maka Huzaifah memalingkan muka darinya (Shilah yang bertanya). Kemudian Shilah mengulangi pertanyaan itu tiga kali.

Maka Huzaifah memalingkan mukanya pada setiap kali pertanyaan Shilah itu. Kemudian Shilah bertanya lagi sehingga akhimya Huzaifah menjawab, “Kalimat itu dapat menyelamatkan mereka dari api neraka,” (Huzaifah mengatakan jawaban itu tiga kali). (HR. Thnu Majah).

Hadist diatas jelas menerangkan, bahwa akan datang suatu zaman.

Zaman dimana, ilmu tentang Islam akan diangkat. Begitu juga Al-Qur’an juga akan diangkat dari permukaan bumi ini.

Banyak orang  hanya mengenali beberapa istilah Islam, tetapi mereka tidak memahami apa yang dimaksudkan dengan istilah-istilah itu.

Begitu pula mereka hanya dapat mengucapkan kalimat “Lailaha illallah”, tetapi mereka tidak memahami apa tuntutan kalimat suci itu terhadap mereka.

Naudzubillah...

Maka sungguh sangat disayangkan, jika hari ini kita saksikan ada orang yang teriak "Lailaha illallah" namun sikap dan perbuatan mereka jauh dari Allah SWT. Merka hanya bisa berteriak dan berkata, namun tak ada Islam di hatinya.

Sungguh, hal tersebut adalah tanda akhir zaman yang sangat nyata!

Baca Juga:
Top