Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Komentar

manfaat tomat via daradaeng.com

Mungkin setiap hari kita selalu menikmati makanan dengan saus tomat. Berbicara tentang tomat, buah ini pastinya sudah tidak asing di telinga kita. Lalu, apa saja manfaat dari tomat?


Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang baik.

Tomat adalah sayuran dan buah yang merupakan bagian dari semua kebutuhan kuliner kita. Mengonsumsi tomat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dan juga meningkatkan rasa makanan.

Mengonsumsi tomat merupakan langkah yang bijak agar Anda mendapatkan manfaatnya yaitu, menjaga kestabilan, kesegaran dan kebugaran tubuh. Selain itu, manfaat tomat apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah.


Apa saja manfaat masker tomat?

ilustrasi masker tomat via banglilik.com

Selain sebagai penambah rasa dalam masakan, tomat ternyata memiliki manfaat lain bagi kecantikan. Tidak sedikit orang pun yang mencoba membuat masker tomat. Apa saja manfaat masker tomat? Berikut adalah 10 manfaat tomat bagi kecantikan.

1. Kulit wajah cerah
Tomat banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat mencerahkan kulit wajah dan membuatnya lebih bersinar. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengiris tomat menjadi bulatan-bulatan tebal, lalu gosokkanlah irisan tomat tersebut pada wajah. Lakukan secara teratur agar memperoleh hasil yang memuaskan.

2. Membuat pori-pori kulit jadi kecil
Penggunaan masker tomat dapat berguna untuk membuat pori-pori wajah jadi kecil, sehingga berdampak pada kulit bersih, cantik, dan sehat. Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan tomat terlebih dahulu kemudian mencampur tomat halus dengan air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh. Lalu oleskan pelan ke wajah dan pijat-pijat lembut, diamkan selama kurang lebih lima belas menit.

Terakhir, bersihkan masker tomat di wajah dengan menggunakan air hangat yang kemudian diakhiri dengan membasuh pakai air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka karena basuhan air hangat tadi, jadi kotoran tidak menempel kembali di wajah.

3. Mengusir jerawat di wajah
Kandungan dalam buah tomat yang memiliki khasiat untuk mengusir jerawat, membuat kulit cerah, dan noda hitam bekas jerawat hilang adalah zat asam, vitamin C dan vitamin A. Caranya yaitu dengan memakai masker tomat secara rutin (1-2 minggu) di wajah selama kurang lebih tiga puluh menit. Pembersihan sama dengan yang sudah dibahas di atas yaitu memakai air hangat yang diakhiri dengan bilasan air dingin.

4. Kulit jadi halus
Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam unuk mendapatkan kulit wajah halus. Cukup dengan memakai masker tomat yang dicampurkan dengan madu secukupnya sampai tekstur masker mirip pasta.

Setelah masker jadi, bisa langsung dioleskan ke wajah sambil memberi pijatan lembut, barulah masker diberihkan. Hindarilah keluar rumah setelah melakukan perawatan ini supaya debu dan kotoran tidak kembali hinggap di wajah kita yang telah bersih.

5. Mencegah sel jadi rusak
Untuk mencegah sel kulit rusak dan menangkal radikal bebas penyebab kerutan serta kulit yang tampak lebih tua dari seharusnya (penuaan dini) selain pakai masker tomat, tambahlah dengan konsumsi jus tomat usai makan siang.

6. Membuat kulit putih
Krim tomat dapat membantu membuat kulit tampak lebih putih. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh yogurt, oatmeal, serta 2 sendok teh tomat halus, kemudian balurkan ke kulit dan biarkan selama kurang lebih dua puluh menit, barulah lakukan pembersihan.

7. Melindungi kulit agar tidak terbakar
Kulit yang sudah terlanjur terbakar bisa diatasi dengan mengonsumsi pasta tomat. Untuk manfaat yang lebih banyak, yaitu kulit elastis, lembut, dan segar, pakailah masker tomat (dua sendok teh tomat halus) dan yogurt sebanyak satu sendok teh, balurkan ke kulit usai melakukan aktivitas.

8. Mengatasi kulit berminyak
Untuk mengatasi kulit berminyak, pakailah masker tomat yang dicampur dengan jus timun. Blender 2 buah tomat sampai halus tambahkan 4 sendok makan timun halus/jus, lalu aplikasikan pada wajah (membalurkan ke wajah dapat menggunakan kapas). Biarkan hingga kering, terakhir bersihkan masker. Teratur dalam melakukan perawatan ini, dapat membuat minyak di wajah terkendali dan turut mengecilkan pori-pori kulit.

9. Merawat kulit
Minyak biji tomat bermanfaat untuk merawat kulit. Minyak ini dapat menangkis radikal bebas pemicu terjadinya penuaan dini. Pakailah minyak biji tomat untuk memijat bagian kulit yang diinginkan (misalnya memijat wajah pakai minyak biji tomat). Lakukan ini jelang kita tidur, dan bersihkan setelah kita bangun pagi harinya.

10. Pelindung kulit dari serangan sinar ultra violet
Likopen yang merupakan antioksidan dalam buah tomat adalah benteng kulit dari sinar ultra violet. Minum jus tomat sebelum pergi kerja secara teratur berguna untuk menciptakan kulit sehat. Masalah kulit yang dialamai akibat sering terpapar sinar matahari diantaranya kulit yang bersisik, kusam, dan kering.

Baca Juga : Manfaat Telur Bebek Bagi Ibu Hamil Ternyata Sangat Bagus

Apa manfaat tomat bagi kesehatan?

ilustrasi makan tomat via aktual.com

Tomat memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Tomat membantu dalam menghilangkan beberapa penyakit berbahaya, tingkat kematian dan obesitas Anda secara keseluruhan. Apa manfaat tomat bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat tomat bagi kesehatan di antaranya:

1. Mencegah Kanker
Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat membantu mencegah kanker.

2. Melindungi Jantung Anda
Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan tomat terbaik.

3. Mencegah Diabetes
Kandungan serat yang tinggi pada tomat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat dalam tomat membantu dalam mengelola kadar insulin.

4. Bagus untuk kulit
Tomat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Ini membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

5. Mengurangi Depresi
Menghilangkan depresi dan stres merupakan salah satu manfaat utama tomat. Folat yang ditemukan dalam tomat membantu mengatasi depresi dengan mencegah penumpukan homosistein (asam amino dalam plasma darah) berlebihan.

6. Meningkatkan Penglihatan
Tomat mengandung beta karoten dan vitamin A yang penting untuk menjaga penglihatan dan juga mendukung fungsi retina.

7. Memperbaiki Sistem Pencernaan
Tomat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menjaga sembelit dan diare. Ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

8. Melawan Peradangan
Untuk menghindari peradangan, Anda harus minum segelas jus tomat setiap hari. Ini membantu secara efektif dalam mengobati peradangan dan karenanya arthritis dan nyeri sendi. Inilah salah satu manfaat makan tomat.

9. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Tomat sangat tinggi kandungan airnya dan karenanya mengurangi kemungkinan tertularnya infeksi saluran kemih.

Baca Juga : Manfaat Temulawak yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat tomat bagi kecantikan dan kesehatan. Cukup banyak bukan? Mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi tomat untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Semoga bermanfaat dan membantu.
Top