Ciri-ciri Dajjal Saat Akan Muncul, Benarkah Keluar Ditahun 2020?

Komentar

ciri ciri dajjal via iluminasi.com

Siapakah Dajjal? Sudah tidak asing lagi kita mendengar namanya.

Namun siapa dia, darimana asal-usulnya nanti, kapan ia muncul? Karena datangnya Dajjal menjadi tanda berakhirnya kehidupan.

Al Qur'an menjelaskan, bagaimana ciri ciri dajjal. Berikut wajibbaca.com kupas selengkapnya.

Diantara tanda-tanda hari kiamat adalah munculnya Dajjal, yaitu sosok manusia dari turunan Adam yang akan menjadi fitnah bagi manusia. Karena besarnya fitnah Dajjal dan sangat berbahayanya bagi manusia, maka ciri ciri dajjal menurut Rasulullah dalam berbagai hadits penting untuk diketahui.

Sebagian orang menyangka ciri ciri dajjal dalam al quran adalah bermata satu dibagian tengah dahinya, berbadan seperti raksasa, bertanduk dan besarnya seperti gunung, sehingga dapat diilustrasikan dajjal mampu berpindah dari suatu pulau ke pulau yang lainnya hanya dengan satu langkah. Bahkan kedalaman lautan pun hanya setinggi betisnya.

Asal usul dan ciri ciri dajjal dalam beberapa hadist dijelaskan bahwa dajjal adalah seorang keturunan Yahudi. Ia lahir dari orang tua yang postur tubuhnya tinggi gemuk dengan hidung sangat mancung menyerupai paruh burung.


ilustrasi kedatangan dajjal via youtube.com

Imam Al Barzanji juga pernah menyebut jika asal usul moyang dajjal adalah seorang dukun Yahudi (Syaqq) yang kawin dengan wanita dari keturunan jin. Moyang dajjal ini hidup di zaman Nabi Sulaiman AS. Oleh nabi Sulaiman, si moyang dajjal dan istrinya yang berasal dari golongan jin disebutkan sempat dipenjarakan dan ditangkap karena ulahnya dalam merusak akidah umat.

Dajjal dipenjara dan dirantai di sebuah pulau asing dan dijauhkan dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan umat manusia. Ia tidak akan pernah bisa lepas dari penjara tersebut karena selain dirantai, ia juga dijaga oleh seekor binatang besar bernama Al-Jassasah.

Apa ciri ciri dajjal datang? Ciri ciri dajjal sudah keluar menjadi tanda tibanya hari kiamat atau hari akhir. Dajjal akan muncul dari arah timur dari negeri Persia, disebut Khurasan. Orang yang kuat imannya akan berani menentang ajaran tersebut meski nyawanya dipertaruhkan, sedangkan bagi orang yang imannya lemah, ia akan menurut dan menjadi pendukung dan hamba dajjal. Naudzubillah.

Baca Juga : Wallahualam, 13 Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Muncul


Ciri Ciri Dajjal Beserta Dalilnya

ilustrasi dajjal via islamidia.com

Keluarnya Dajjal merupakan satu perkara yang pasti. Dajjal akan berusaha menyesatkan manusia dari jalan Allah. Sehingga orang yang beriman semestinya mengetahui ciri ciri dajjal beserta dalilnya agar terhindar dari kesesatannya. Bagaimana ciri ciri dajjal? Berikut ulasannya.

1. Dajjal Memiliki Cacat Fisik
Salah satu gambaran Dajjal menurut islam ialah ia memiliki kecacatan fisik yang mana terdapat buta pada mata sebelah kiri. Akan tetapi, bagian mata kanan sebelah kanan berwarna gelap yang mana tidak bersinar digambarkan seperti layaknya buah anggur yang rusak.

Dikarenakan mata sebelah kirinya yang buta dan tidak dapat melihat, didalam beberapa hadits menyebutkan bahwa dajjal memiliki bermata satu. Namun, terdapat pula hadits yang menyebutkan bahwa mata kanan dajjal yang buta atau tidak dapat melihat.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar رضي الله عنهما bahwasannya Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyebutkan Dajjal ditengah-tengah manusia seraya berkata:

إن الله لايخفى عليكم إن الله ليس بأعور ألا وإن المسيح الدجال أعور العين كأن عينه عنبة طافية

Sesungguhnya Allah ta’ala tidak Buta.Ketauhilah bahwa al-Masih ad Dajjal buta sebelah kanannya.seakan-akan sebuah anggur yang busuk. (HR. Bukhari)

Adapun beberapa perbedaan mengenai bagian mata yang buta sebelah kanan atau kiri, hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Yang terpenting ialah dajjal buta matanya yang sebelah atau bermata satu.

2. Dajjal Berpostur Gemuk
Gambaran dajjal menurut islam yang lainnya ialah ia merupakan laki-laki dengan postur tubuh gemuk dan memiliki warna kulit kemerah-merahan.

Sebagaimana dijelaskan pada hadist Rasulullah Saw yaitu, “Sesungguhnya, Dajjal adalah seorang laki-laki yang pendek, pengkor, keriting, matanya buta sebelah, tidak timbul tidak pula berlubang-lubang. Kalau ia membuat kalian ragu-ragu, ketahuilah bahwa Rabb kalian tidak buta.” Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud.

Nantinya diyakini, dajjal akan muncul dan mulai beraksi pertama kali di Kota Isfahan, Iran. Pada saat ini, kota ini merupakan kota terbesar yang berada di Iran setelah Mashad dan Teheran. Kota Isfahan terebut  terletak sekitar 340 kilometer dari selatan Teheran.

3. Terdapat Tulisan Kafir di Keningnya
Salah satu gambaran dajjal dalam islam yang paling mencolok bagi kaum muslimin ialah terdapat tulisan kafir pada keningnya. Pada dahinya,  terdapat cap atau setempel yang bertuliskan huruf Arab yaitu kaaf, faa, raa, yang kemudian dibaca sebagai kafir.

Sebagaimana  sabda Rasulullah Saw,

ألا إنه أعور وإن ربكم ليس بأعور وإن بين عينيه مكتب كافر فيه

“…Ketahuilah sesungguhnya dia (Dajjal) buta sebelah. Sedangkan Rabb kalian tidak buta. Dan sesungguhnya di antara kedua matanya tertulis ‘kafir’.” Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari.

Cap atau tulisan yang terdapat pada kening dajjal tersebut dapat dengan jelas terbaca oleh setiap Muslim, walaupun  sebelumnya ia tidak dapat membaca huruf Arab.

4. Memiliki Kendaraan Berupa Keledai Putih
Gambaran dajjal dalam islam selanjutnya ialah ia memiliki kendaraan pribadi yaitu keledai yang berwarna putih. Walaupun berupa keledai, hewan tersebut dapat berjalan dengan cepat. Digambarkan dalam Sekali langkah saja bisa sampai satu mil jaraknya, selain itu keledai tersebut dapat terbang di atas daratan dan lautan.

Selain itu, keledai tersebut juga bisa memakan api dan menghembuskan asap pada hidungnya. Dalam alam pikiran manusia modern, ada yang memahami bahwa keledai sebagai pesawat terbang berwarna putih, berbahan bakar (memakan api), dan menghembuskan asap. Wallahu A’lam Bishawab.

5. Dajjal Membawa Air dan Api dikedua Tangannya
Diceritakan bahwa suatu hari pada musim kemarau, Dajjal kemudian akan bertanya, “Apakah kamu menginginkan api atau air?” Jika menjawab air, itu bermakna api yang diberikannya. Jika jawabannya api, ia akan memberi air.

Kemudian seseorang akan diberikan air jika mengakui Dajjal sebagai Tuhan dan bila keluar dari agama Allah. Sebaliknya jika seseorang lebih memilih api dan tetap berada di jalan Allah, maka ia akan dibunuh Dajjal. Namun api tersebut sebenarnya ialah syurga dari Allah SWT.

Melihat ciri-ciri mengerikan itu tahun lalu telah tersebar isu, akankah Dajjal keluar ditahun 2020?

Akhir-akhir ini terasa banyak sekali isu-isu yang keluar tentang kerusakan dunia yang akan datang. Dari konflik Palestina dan Israel bahkan negara-negara lain yang tak kunjung reda, gempa bumi yang melanda Indonesia, hingga bunyi-bunyi aneh dari berbagai penjuru dunia.

Semua itu seakan-akan menjadi isyarat akan datangnya kiamat.

Pernah viral di tahun 2017 sebuah acara televisi bertema Ruqyah, mendapati seorang pasien kerasukan jin dan memanggil-manggil nama "dajjal".

“Dajjal dajjal tolong aku” begitulah keluhnya. Sempat Jin kafir tersebut mengancam sambil tertawa “2020, hahaha kalian lihat nanti, dunia akan kekeringan, dunia akan kekeringan, kalian akan disesatkan oleh dajjal hahahaha. Dajjal tuhan kami”.

Bagaimana kita harusnya menanggapi hal ini?

Yang pasti adalah dunia ini sudah tua dan manusia masih saja melakukan kerusakan seperti yang dikhawatirkan para malaikat sewaktu Allah akan menciptakan Adam as. sebagai manusia pertama di dunia ini. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 30:

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Akhir zaman adalah sesuatu yang pasti dan tidak mungkin untuk dihindari. Maka dari itu jalan satu-satunya supaya kita selamat dari tipu daya syaitan adalah tetap semangat dalam beribadah dan terus memperbaiki diri.

9 Ciri Ciri Orang yang Akan Menjadi Pengikut Dajjal

ilustrasi pengikut dajjal via dailymoslem.com

Sebelum kemunculan Dajjal ke muka bumi, para pengikut Dajjal sudah mempersiapkan diri dan menghimpun koloni. Mereka yang tergabung adalah orang-orang yang disenangi Dajjal. Siapa saja mereka? Berikut 9 ciri ciri orang yang akan menjadi pengikut dajjal.

1. Orang yang Mengacuhkan Seruan Adzan
Adzan adalah ujian keimanan bagi seorang mukmin. Ketika panggilan Allah SWT ini diabaikan, maka golongan ini akan dengan mudah melanggar larangan-larangan lainnya. Sehingga siapa yang dengan mudah mengacuhkannya akan sangat disenangi oleh Dajjal. Karena hakikatnya Dajjal akan menghuni neraka, sehingga mereka yang melanggar perintah Allah, akan bersama Dajjal ikut ke neraka.

2. Senantiasa membaca al-Quran, namun bacaannya tidak sampai melewati tenggorokan
Ciri-ciri yang telah Nabi sebutkan di atas telah sesuai dengan kelompok yang selalu teriak lantang kembali pada al-Quran dan hadits, kelompok yang senantiasa mempermasalahkan urusan furu’iyyah ke tengah-tengah umat, kelompok yang mengaku mengikut manhaj salaf, kelompok yang senantiasa membawakan hadits-hadits Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam yaitu tidak ada lain adalah wahhabi yang sekarang bermetomorfosis menjadi salafi.

3. Suka memerangi umat Islam dan membiarkan orang-orang kafir
Ciri mereka yang suka memerangi umat Islam, tidak samar dan tidak diragukan lagi, sejarah telah mencatat dan mengakui sejarah berdarah mereka di awal kemuculannnya, ribuan umat Islam dari kalangan awam maupun ulamanya telah menjadi korban berdarah mereka hanya karena melakukan amaliah yang mereka anggap perbuatan syirik dan kufr dan dianggap telah menentang dakwah mereka.

4. Memperbagus ucapan namun prakteknya buruk
Mereka jika berbicara dengan lawannya selalu mengutarakan ayat-ayat al-Quran dan hadits, namun ucapanya tersebut tidaklah dinyatakan dalam prakteknya, kadang mereka membaca mushaf al-Quran pun sambil tiduran tanpa ada adabnya sama sekali.

5. Selalu mengajak kembali pada al-Quran, namun sejatinya al-Quran berlepas darinya
Mereka senantiasa berkoar-koar kepada kaum muslimin lainnya agar kembali pada al-Quran. Tanda mereka ini sangat nyata dan kentara kita ketahui pada realita saat ini, kaum wahabi selalu teriak kepada kaum muslimin untuk kembali pada Al-Quran. Ahlus sunnah selalu mengajak pada Al-Quran karena ajaran mereka memang bersumber dari Al-Quran, namun kenapa Allah menjadikan sifat ini sebagai tanda pada kaum neo khawarij ini? Sebab merekalah satu-satunya kelompok yang dikenali dikalangan awam yang selalu teriak mengajak pada Al-Quran sedangkan Al-Quran sendiri berlepas diri dari mereka. Sehingga hal ini (yad’uuna ilaa kitabillah, mengajak kepada Al-Quran) menjadi tanda atas kelompok ini bukan pada kelompok khawarij lainnya.

6. Bercukur gundul
Tanda mereka adalah bercukur gundul, hal ini menambah keyakinan kita bahwa yang dimaksud oleh Nabi dalam tanda ini adalah tidak ada lain kelompok wahaboy. Tidak ada satu pun kelompok ahli bid’ah yang melakukan kebiasaan dan melazimkan mencukur gundul selain kelompok wahaboy ini, mereka kelompok sesat lainnya hanya bercukur gundul pada saat ibadah haji dan umrah saja sama seperti kaum muslimin Ahlus sunnah. Namun kelompok wahaboy ini menjadikan mencukur gundul ini suatu kelaziman bagi pengikut mereka kapan pun dan dimana pun.

7. Berusia muda dan akalnya lemah
Mereka pada umumnya masih berusia muda tetapi lemah akalnya, atau itu adalah sebuah kalimat majaz yang bermakna orang-orang yang kurang berpengalaman atau kurang berkompetensi dalam memahami Al Qur’an dan As Sunnah. Subyektivitas dengan daya dukung pemaham yang lemah dalam memahaminya, bahkan menafsiri ayat-ayat Al-Qur`an dengan mengedepankan fanatik dan emosional golongan mereka sendiri.

8. Berbohong atau dusta
Allah mengutuk orang yang banyak berbohong:

“Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta" [QS Adz Dzaariyaat:10]
Siksa yang pedih di neraka disediakan bagi para pendusta:

Dusta adalah satu ciri orang Munafik:

Nabi Muhammad SAW: “Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara dusta, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat. “(HR. Muslim)

Berdusta bukanlah sifat seorang Mukmin:

“Seorang mukmin mempunyai tabiat atas segala sifat aib kecuali khianat dan dusta. (HR. Al Bazzaar)

9. Bersekutu dgn kaum Zionis Yahudi dan Nasrani (AS, NATO, dan Israel) membantai ummat Islam
Orang-orang yang beriman tidak akan mengambil kaum Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. [Al Maa-idah 51]

Hanya orang munafik yang dekat dengan kaum Yahudi dan Nasrani yang saat ini tengah memusuhi Islam dan membantai ummat Islam:

“Maka kamu akan melihat orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya (orang-orang munafik) bersegera mendekati mereka (Yahudi dan Nasrani), seraya berkata: “Kami takut akan mendapat bencana.” Mudah-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya), atau sesuatu keputusan dari sisi-Nya. Maka karena itu, mereka menjadi menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka.” [Al Maa-idah 52]

Baca Juga : Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Muncul Ditahun 2018, Naudzubillah

Nah, itulah informasi tentang ciri ciri dajjal yang kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika ada kekurangan ataupun kesalahan.
Top