Kumpulan Ucapan Belasungkawa Islami

Komentar

ucapan belasungkawa islami via timdakwahalbahjah.blogspot.com

Ucapan belasungkawa Islami seringkali diberikan kepada sesama muslim yang mengalami musibah. Musibah ini termasuk kematian ataupun duka lainnya.

Musibah adalah ujian untuk manusia, jika berhasil melaluinya serta dapat mengambil pelajaran hidup dari musibah yang menimpanya, maka itulah tujuan dari terjadinya musibah.

Ketika saudara, kerabat, tetangga, sahabat, teman, atau orang lain mengalami musibah berupa kematian yang menimpa keluarganya. Kita dianjurkan untuk datang dan memberikan ucapan belasungkawa Islami.

Ucapan belasungkawa Islami akan menumbuhkan semangat dan bangkit dari musibah yang dialami, terkadang ada orang yang malah menambah keterpurukan dengan ucapan belasungkawa Islaminya yang salah.

Niatnya ucap duka malah membuat nambah luka, untuk itu penting bagi Anda memperhatikan ucapan belasungkawa Islami yang benar.

Di bawah ini ada beberapa ucapan belasungkawa Islami yang indah yang berbentuk doa doa untuk sahabat, saudara, teman, istri, suami, anak, yang telah meninggal dunia. Ucapan belasungkawa Islami ini boleh sobat bagikan kepada teman atau sahabat sebagai ungkapan rasa duka.

Baca Juga : Kumpulan Kata-kata Penyesalan yang Penuh Makna dan Menyedihkan

Contoh Ucapan Belasungkawa Islami / Kata-kata untuk Turut Berduka Cita


ilustrasi ucaran meninggaal via kirimbungasalibturutberdukacita.blogspot.com

Seperti apa ucapan belasungkawa islami yang menghibur, sopan, dan tidak menyinggung atau membuatnya tambah bersedih? Berikut beberapa ucapan belasungkawa Islami yang bisa kamu berikan kepada teman atau sahabat yang sedang berduka.

Selain untuk menghibur, umat Islam juga dianjurkan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggal. Sungguh suatu ajaran yang sangat mulia sekali.

Kita bisa ungkapkan perasaan turut berduka cita kepada orang yang ditimpa kematian dengan ucapan belasungkawa Islami. Tentunya hal ini diucapkan khusus untuk sesama muslim saja.

Ada banyak inspirasi dalam mengekspresikan rasa turut berduka cita kita kepada keluarga yang ditinggal. Umumnya yaitu dengan memberikan nasehat Islami yang bisa menghibur perasaan sedih orang yang ditinggal pergi dari dunia ini selamanya.

Berikut ini adalah kata-kata ucapan belasungkawa Islami, rekomendasi yang sangat menginspirasi Anda yang ingin menghibur hati orang yang ditinggal pergi dari dunia ini.

Contoh Ucapan Belasungkawa Islami

ilustrasi contoh ucapan belasungkawa islami via fai-unmuhpnk.blogspot.com

“Saya turut berduka cita atas kepergian si wulan… Semoga si wulan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Dan semoga engkau dan keluarga diberikan kesabaran dalam menghadapi musibah ini. Innallaha ma’ashobirin… Percayalah Sesungguhnya Allah SWT bersama dengan orang-orang yang sabar.”

“Kami atas nama keluarga turut berbelasungkawa dengan cobaan yang menimpa antum… Kami harap antum tetap bersabar dan tabah dalam hal ini… Ingatlah dengan ayat suci Al-quran yang berbunyi KULLU NAFSIN DZAIQOTUL MAUT…. Semoga dengan mengingat ayat tersebut antum lebih mudah untuk merelakan kepergiannya.”

“Kehilangan seseorang memang membuat hati terpukul, tapi tidak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya… Dengan kita mengikhlaskannya, semoga si wulan bisa lebih tenang di alam sana… Sesungguhnya kita semua milik Allah SWT, dan hanya kepda-Nyalah kita semua akan kembali.”

“Sabar ya saudaraku… Aku tahu ini kepergian dia sangat berat untuk antum… Namun, janganlah sampai berlarut-larut… Dan ingatlah selalu bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, yang pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya.”


ilustrasi kematian via m.facebook.com

“Turut bersedih atas kepergian si wulan wahai saudaraku… Bersedih boleh-boleh saja saudaraku… Namun, jangan sampai berlebihan sampai-sampai meratapinya… Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa ada 4 sifat jahiliyyah umat Rasulullah yang belum ditinggalkan, diantaranya yaitu niyahah/meratapi orang yang sudah meninggal dunia.”

Disamping memberikan doa atau ucapan belasungkawa islami , memberikan bunga duka cita atau karangan bunga duka cita, adalah salah satu cara yang indah dalam menyampaikan ucapan belasungkawa.

Baca Juga : Kata-Kata Pasrah, Ikhlas dan Tegar Kepada Allah Jika Mendapat Ujian

Itulah beberapa contoh ucapan belasungkawa Islami. Pada intinya, Islam mengajarkan kita untuk berbelasungkawa dengan orang yang ditimpa kematian dengan cara mendatangi tempat tinggalnya langsung. Semoga bermanfaat.
Top