Proses Masuknya Islam dan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia

Komentar

gambar via dentmasoci

Kerajaan Islam Pertama dan Tertua di Indonesia

Fakta yang kita ketahui selama ini bahwa kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan islam pertama yang ada di Indonesia, namun pada kenyataannya ada kerajan lain yang jauh lebih dahulu dibangun dari pada kerajaan Samodera Pasai.

Kerajaan Islam Pertama di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang mempunyai mayoritas penduduk yang beragama Islam. Hal ini tentu tidak lepas dari peran kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia.

Mengapa demikian? 

Ini disebabkan karena pada zaman dahulu masih menggunakan sistem feodal.

Dengan sistem feodal, rakyat akan selalu mempercayai atau beragama yang sama dengan yang dianut oleh kerajaan. Hal inilah yang membuat peran kerajaan Islam yang ada di Indonesia berperan sangat besar terhadap perkembangan agama Islam di Indonesia.

Setelah kerajaan Hindu Budha di Indoensia mulai surut, mulailah berdiri kerajaan islam di Indonesia. Agama islam pertama masuk ke Indonesia sekitar abad ke 13 Masehi.

Kebudayaan islam mulai masuk melalui para pedagang dari Arab, Persia, Gujarat (India), dan China.

Setelah itu, perkembangan islam di Indonesia secara singkat dan pesat dengan munculnya kerajaan-kerajaan islam tersebut. Hal itu bisa terlihat dengan mulai berdirinya kerajaan islam yang menjadi salah faktor dalam penyebaran islam di Indonesia.

Fakta yang kita ketahui selama ini bahwa kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan islam pertama yang ada di Indonesia, namun pada kenyataannya ada kerajan lain yang jauh lebih dahulu dibangun dari pada kerajaan Samodera Pasai.

Kerajaan islam tertua di indonesia adalah kerajaan Perlak.  Kerajaan ini berlokasi di Aceh bagian timur, yang didirikan pada tahun 840 Masehi. Berdiriya kerajaan ini cukup lama sekali, diketahui berjalan sampai tahun 1292 hingga akhirnya bergabung dengan kerajaan Samodera Pasai.

Kerajaan Islam di Indonesia diperkirakan kejayaannya berlangsung antara abad ke-13 sampai dengan abad ke-16. Timbulnya kerajaan-kerajaan tersebut didorong oleh maraknya lalu lintas perdagangan laut dengan pedagang-pedagang Islam dari Arab, India, Persia, Tiongkok, dll.

Kerajaan tersebut dapat dibagi menjadi berdasarkan wilayah pusat pemerintahannya, yaitu di Sumatera, Jawa, Maluku, dan Sulawesi.

Masuknya agama islam ke nusantara (indonesia) pada abad 6 akhir dibawa oleh Syekh Abdul Kadir Jailani periode I atau Fase Pertama, telah membawa banyak perubahan dan perkembangan padapada masyrakat,budaya dan pemerintahan.

Perubahan dan Perkembangan tersebut terlihat jelas dengan berdirinya kerajaan-kerajaan yang bercorak islam.

Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan proses penyebarannya berlangsung dalam waktu yang lama yaitu dari abad ke 7 sampai abad ke 13 Masehi.

Selama masa itu, para pedagang dari Arab, Gujarat, dan Persia makin intensif menyebarkan Islam di daerah yang mereka kunjungi terutama di daerah pusat perdagangan.

Sampai saat ini Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di Dunia. Bahkan mengalahkan negara kelahiran Rasulullah Nabi Muhammad, Arab Saudi.

Perkembangan dan pertumbuhan umat Islam di Indonesia bukannya muncul begitu saja pusat perdagangan.

Menurut teori Mekah, proses masuknya Islam ke Indonesia adalah langsung dari Mekah atau Arab. Terjadi pada abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi.

Para pedagang dari Timur Tengah memiliki misi dagang dan dakwah sekaligus. Bahkan motivasi dakwah menjadi pendorong utama mereka datang ke Nusantara.

Di samping itu, para pedagang Indonesia yang sudah masuk Islam dan para Mubaligh Indonesia juga ikut berperan dalam penyebaran Islam di berbagai wilayah Indonesia. Akibatnya, pengaruh Islam di Indonesia makin bertambah luas di kalangan masyarakat terutama di daerah pantai.

Banyaknya umat Islam yang ada di Indonesia tentu tidak muncul dengan sendirinya, tetapi melalui sejarah yang panjang dan perkembangan yang begitu lama.

Agama islam masuk ke indonesia dengan cara damai, yaitu disebarkan oleh pedagang dari india dan arab. Selain itu, islam menjadi lebih cepat menyebar di kawasan dekat pantai, karena kawasan tersebut merupakan pusat kegiatan perdagangan orang pribumi dengan pedagang arab dan india.

Kemudian, ada juga para pedagang india dan arab yang tinggal menetap dan menikah dengan orang pribumi sehingga keturunan mereka membawa agama islam juga.

Pada saat islam pertama kali masuk ke Indonesia, saat itu sudah ada banyak ragam keyakinan dan agama yaitu Budha, Hindu, dinamisme dan anisme sudah banyak dianut oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan pada beberapa wilayah di Nusantara sudah berdiri kerajaan-kerajaan yang menganut agama Budha dan Hindu.

Islam masuk ke Indonesia dengan cara-cara yang baik sehingga mudah diterima oleh hampir seluruh masyarakat yang mendiami kepulauan Nusantara.

Bahkan dalam mengucapkan dua kalimat syahadat mereka melakukannya dengan kerelaan hati tanpa ada paksaan sama sekali.
Top