Selain Mengganggu Kesuburan, ini 5 Bahaya Berat Suami Perokok Bagi Istri

Komentar

foto via idpelago.com

Suami Bunda perokok?

Siapa yang rugi (sebagai perokok aktif) jelas dia, (dan sebagai perokok pasif) anda dan anak-anak...

Rokok berbahaya bukan hanya slogan, tapi berikut fakta yang dapat membuka pengetahuan suami, betapa bahayanya asap rokok bagi orang-orang disekitarnya...

Sudah menjadi kecenderungan orang sekarang yang suka merokok.

Katanya kalau nggak merokok itu nggak enak, mending nggak makan daripada nggak ngerokok.

Padahal rokok itu berbahaya bagi kesehatan lho, kok masih banyak orang yang suka.

Rokok itu tidak hanya berbahaya bagi siperokok saja, namun juga bagi orang-orang sekitar seperti istri.

Nggak percaya? ini ulasannya untuk anda.

Dampak Negatif suami perokok bagi sang istri

Di dalam sebatang rokok terdapat berbagai macam kandungan zat atau racun berbahaya seperti tar, nikotin, amfetamin, kokain, serta karbon monoksida yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ tubuh manusia seperti hidung, mulut, saluran pernafasan, paru-paru, jantung, kandung kemih, saluran reproduksi, saluran darah, dan berbagai organ tubuh lainnya.

Kondisi tersebut tidak hanya berlaku bagi si perokok aktif saja, akan tetapi juga berlaku bagi siapa saja yang terpapar oleh bahaya asap rokok tersebut, salah satunya adalah istri.

Berikut ini adalah bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan seorang suami perokok terhadap istrinya  sebagaimana dikutip halosehat.com

1. Stroke

Seorang istri yang memiliki suami seorang perokok aktif, maka hal itu dapat meningkatkan resiko baginya untuk terkena stroke, yaitu mencapai 47% lebih tinggi.

Baca Juga : Tak Mau Ada Korban Lagi, Ibu Muda ini Ceritakan Anaknya yang Sakit Karena Asap Rokok

Adapun yang mendasari terjadinya peningkatan resiko stroke bagi seorang istri adalah adanya peningkatan jumlah batang rokok yang dihisap oleh suami setiap harinya. Selain itu, faktor yang lainnya adalah lamanya sang suami menjadi seorang perokok. Jadi bagi Anda yang memiliki suami pecandu rokok sebaiknya berhati-hati, karena Anda memiliki resiko yang tinggi terhadap serangan stroke.

2. Kanker Payudara

Mungkin sebagian orang tidak percaya bahwa seorang wanita yang memiliki suami seorang pecandu rokok bisa beresiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit berbahaya seperti kanker payudara.

Ya, meskipun dalam hal ini istri berperan sebagai perokok pasif, akan tetapi resiko penyakit yang bisa ia derita sama besarnya dengan suami mereka yang menjadi perokok aktif.

Selain itu, hasil penelitian juga memaparkan tentang hubungan genetik dari para wanita tersebut, di mana seorang wanita baik itu yang menjadi perokok aktif maupun perokok pasif dan memiliki Gen NAT 32 memiliki resiko terkena kanker payudara yang lebih besar, karena gen NAT 32 memiliki kinerja yang lambat, sehingga hal ini akan membuat kemampuan tubuh lebih lama dalam menyingkirkan senyawa amina aromatik.

3. Dapat mempengaruhi kehamilan

Hati-hatilah bagi Anda para suami yang menjadi perokok aktif yang memiliki istri dalam kondisi sedang hamil, karena meskipun istri Anda bukanlah seorang perokok, akan tetapi kehamilannya bisa mengalami berbagai macam masalah akibat kebiasaan buruk Anda tersebut.

Baca Juga : "Ayah kenapa engkau yang merokok tapi aku yang merasa kesakitan"

Ya, di dalam sebuah study yang telah dilaporkan kepada American Association for Cancer Research di Washington memaparkan bahwa senyawa yang ada dalam rokok yang nantinya dapat masuk ke dalam tubuh wanita hamil tersebut bisa menyebabkan kerusakan genetik, di mana nantinya kondisi tersebut bisa menjadi awal bagi pertumbuhan penyakit leukimia atau pun jenis kanker lainnya.


Jadi, bagi Anda yang saat ini memiliki istri yang sedang hamil sebaiknya waspada akan berbagai macam bahaya akibat rokok, seperti:
  • Karsiogenik seperti benzo(a)pyrene, 4-aminobiphenil dan akrilonitril yang terdapat dalam rokok yang Anda hisap bisa masuk ke dalam tubuh istri Anda, bahkan juga bisa masuk ke dalam tubuh bayi yang dikandungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karsiogenik tersebut merupakan pemicu terjadinya kanker. 
  • Bisa menyebabkan kematian dini (premature death) pada bayi yang dikandung istri Anda 
  • Dapat mengganggu pertumbuhan paru-paru dan otak janin 
  • Perubahan struktur DNA bayi, sehingga nantinya bayi Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah 
  • Meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah 
  • Meningkatkan resiko bayi meninggal akibat SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) 
  • Meningkatkan resiko bayi terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti pneumonia, asma, dan bronkhitis. 
  • Meningkatkan resiko bayi lahir premature dengan kondisi tubuh yang belum sempurna 
  • Meningkatkan resiko keguguran 
  • Meningkatkan resiko bayi lahir cacat.
 

4. Istri terlihat lebih cepat tua

Apa hubungan rokok dengan hal tersebut? Hubungannya adalah bahwa kandungan senyawa nikotin yang ada pada rokok akan menghambat pengikatan oksigen dalam darah, sehingga peredaran darah dalam tubuh akan terganggu.

Pada akhirnya, kondisi tersebut bisa menimbulkan kerusakan tubuh secara perlahan dan permanen. Salah satu dampaknya terjadi pada kulit, di mana kandungan oksigen dalam kulit akan berkurang dan pada akhirnya kulit akan mengalami kekeringan dan akan terlihat lebih kusam. Selain itu, kondisi tersebut juga akan berujung pada penuaan dini.

Baca Juga : Ayah Perokok itu Tak ada Bedanya dengan Pembunuh, Malahan Lebih Kejam

5. Ketidakpuasan istri dengan kualitas hubungan seksual yang dilakukan dengan suami

Meskipun bagi para suami yang terlanjur menjadi penikmat rokok sangat sulit menghindari produk tersebut, akan tetapi sebaiknya mereka berhati-hati dengan kebiasaan tersebut, karena ternyata kebiasaan tersebut bisa menjadi penyebab peningkatan angka perceraian.

Berikut ini beberapa dampak buruk rokok terhadap kesehatan seksual, terutama bagi kaum pria.
  • Rokok dapat berpengaruh terhadap pergerakan sperma, yaitu dengan menurunkan pergerakannya. Kondisi tersebut nantinya bisa menghambat  proses pembuahan sel telur. 
  • Rokok dapat memicu terjadinya impotensi. Hal ini disebabkan masuknya bahan-bahan kimia berbahaya pada rokok ke dalam pembuluh darah, yang nantinya kondisi tersebut akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah. 
  • Seorang pria pecandu rokok juga bisa mengalami penurunan gairah seksual yang disebabkan kadar hormon testosteron yang semakin menurun. Kita tahu bahwa hormon testosteron merupakan hormon yang bertindak sebagai pemicu gairah seksual. 
  • Selain itu, seorang pria yang menjadi perokok aktif juga akan kesulitan dalam mendapatkan keturunan. Kenapa? Karena senyawa yang terdapat dalam rokok dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas spermanya.
Jika Anda suami-suami yang sayang istri, maka mulailah untuk bisa memutuskan hubungan dengan rokok.
Top