Gigi Anak Rentan Sakit Gigi, Makanan Ini Yang Harus Di Siapkan Orang Tua Untuk Perkuat Gigi Dan Gusi Anak

Komentar


Bunda harus tahu jenis makanan apa saja yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi si kecil.

Gigi memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem pencernaan manusia, termasuk juga pada si kecil. Tanpa gigi yang baik, anak akan kesulitan mencerna makanan dengan baik. Hal ini ternyata memiliki akibat yang cukup serius.

Anak yang kesulitan dalam mengunyah makanan maka kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi dengan baik sehingga pertumbuhan pun bisa terganggu. Selain itu, anak yang sakit gigi akan cenderung rewel dan sering menangis.

Perawatan dari luar seperti rajin menggosok gigi belumlah cukup, sebab gigi juga membutuhkan perawatan dari dalam dengan memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan gigi. Seperti yang dikutip dari sayangianak.com, Untuk itu, Bunda harus tahu jenis makanan apa saja yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi si kecil.

KEJU, KANDUNGAN FOSFAT YANG ADA DIDALAMNYA MAMPU MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI PENYEBAB GIGI BERLUBANG

Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? Keju merupakan jenis makanan olahan susu yang sudah sangat populer di masyarakat. makanan yang satu ini dikenal sebagai jenis makanan yang kaya akan kalsium dimana kalsium ini berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi. Disamping itu, kandungan fosfat dalam keju membantu menyeimbangkan kadar keasaman mulut si kecil sehingga dapat menghambat resiko pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang

UBI JALAR MENGANDUNG VITAMIN E YANG SANGAT PENTING UNTUK PEMBENTUKAN ENAMEL GIGI

Selain keju, ubi jalar pun memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan gigi. Jenis makanan yang satu ini terkenal dengan kandungan vitamin E yang tinggi dimana vitamin E ini sangat penting dalam pembentukan enamel gigi. Anda dapat menyajikan ubi jalar ini dengan berbagai varian, misalnya digoreng, dioven, atau disajikan dengan kombinasi makanan lainnya.

JERUK JUGA DIBUTUHKAN UNTUK MENJAGA KESEHATAN GUSI

Jeruk adalah jenis buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Jenis vitamin yang satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi. Untuk menyajikannya, Bunda dapat memberikan buah ini secara langsung atau diberikan dalam bentuk jus. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan si kecil.

BUNDA JUGA BISA MEMBERIKAN APEL UNTUK MENJAGA KESEHATAN GIGI SI KECIL

Anda juga dapat menggunakan apel sebagai makanan untuk menjaga kesehatan gigi buah hati. Tekstur daging apel dapat berfungsi seperti sikat gigi sehingga secara otomatis gigi dan gusi pun akan bisa bersih saat si kecil mengonsumsi buah yang satu ini.

Selain itu, buah yang satu ini juga terkenal mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, berikan buah apel beberapa saat setelah anak selesai makan. Mengonsumsi beberapa potong buah apel segar setelah makan akan jauh lebih baik daripada si kecil mengonsumsi beberapa potong kue setelah makan.

PIR DAPAT MENETRALKAN KADAR ASAM YANG ADA DI PERMUKAAN GIGI SEHINGGA DAPAT MENGHAMBAT GIGI KEROPOS ATAU BERLUBANG

Hampir sama seperti buah apel, pir pun termasuk jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Sebagaimana menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of the Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan. Penelitian tersebut menemukan bahwa buah pir dapat menetralkan kadar asam yang ada di permukaan gigi sehingga dapat menghambat gigi keropos atau berlubang.

Kelima jenis makanan dan buah-buahan di atas merupakan makanan-makanan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi si kecil. Sebagai orangtua, tentunya anda ingin si kecil memiliki gigi yang sehat dan kuat. Dengan memiliki gigi yang sehat, maka asupan gizi pun dapat masuk secara maksimal, dan secara otomatis pertumbuhannya pun menjadi baik pula.
Top