Belum Banyak yang Tahu, Ternyata ini Keindahan Rahasia di Bawah Candi Borobudur

Komentar


Ternyata di Bawah Candi Borobudur Itu ada Rahasia Besar yang Jarang Orang Ketahui

Keindahan candi Borobudur memang tak dipungkiri lagi. Maka tak heran kalau sampai saat ini, candi Borobudur masih menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari warga lokal maupun warga asing. Tapi tahukah Anda bahwa ada rahasia keindahan di bawah candi ini? Simak berikut ini..

Memang, bangunan peninggalan sejarah ini unik dan menyimpan begitu banyak sejarah yang selalu menarik untuk diketahui. Namun ada lagi satu keunikan dari candi ini, dan masih banyak belum diketahui orang-orang. Termasuk orang Indonesia.

Apakah itu?

Keunikan tersebut berada tepat di bawah candi. Ternyata, di kawasan candi Borobudur terdapat danau purba yang memiliki lebar sekitar 8 kilometer, dan danau itu sekitar 10 ribu tahun lalu atau Kala Plistosen Akhir.

“Danau ini sangat luas dan saat itu masih belum terdapat peradaban dan bahkan Candi Borobudur saja belum dibangun,” kata Dosen Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta, Helmy Murwanto, dikutip dari Dream.



“Keberadaan danau purba di sekitar candi Borobudur dapat dikenali melalui singkapan endapan danau berupa lempung hitam yang tersingkap. Endapan danau yang tersingkap ini diakibatkan oleh proses geomorfologi,” Helmy menerangkan.

Kedua singkapan itu, lanjut Helmy, jaraknya hanya sekitar 8 kilometer.

BACA JUGA : Fenomena Salib Tergambar di Sirip Ikan, Begini Kisah Jawaban Gus Dur yang di Luar Dugaan

Dari hasil penelitian disertasinya, material penutup endapan danau itu berasal dari material vulkanik dan sedimen dari pegunungan Menoreh.

Helmy memaparkan, menghilangnya danau purba ini disebabkan beberapa faktor, yakni aktivitas vulkanik, tektonik, gerakan masa tanah dan batuan, serta adanya aktivitas manusia.

“Aktivitas manusia di sekitar candi Borobudur dipengaruhi oleh keberadaan danau. Hal ini terefleksikan dalam relief Candi Borobudur dan troponin di sekitar candi Borobudur,” ujarnya.

Selain danau, candi Borobudur juga memiliki beberapa tempat merupakan lembah yang menyerupai alur sungai, yang saat ini telah banyak dimanfaatkan penduduk sekitar untuk lahan pertanian.
Top