Viral Video Bule Bandingkan Harga Indonesia Vs Norwegia, Selisihnya Bikin Melongo

Komentar
Mungkin sebagian besar masyarakat indonesia mengangap biaya diindonesia juga sangat mahal tapi lain dengan yang dialami bule dari eropa ini dia mengangap diindonesia ini biayanya sangatlah murah dibanddingan di negaranya.

Indonesia merupakan salah satu destinasi yang menarik bagi banyak wisatawan mancanegara. Mulai dari Sabang sampai Merauke, berjajar tempat-tempat yang menarik disambangi. Banyak alasan mengapa mereka datang ke Indonesia?

Selain tempat wisata yang indah, budaya lokal yang menarik, hingga yang tak kalah penting yang disukai wisatawan asing adalah nilai mata uang.



Ya, bagi wisatawan yang datang dari Eropa, mereka bisa merasakan betapa murahnya biaya hidup dan segala keperluan di Indonesia dibanding dengan harga di negara mereka. Hal itu terungkap dari unggahan video seorang Youtuber, bule bernama Mathias Pettersen.

Dikutip dari Suryamalang, Mathias mengunggah video yang menunjukkan perbandingan harga rokok, minuman jasa cukur hingga tilang polisi antara Norwegia dengan Indonesia. Video itu viral di YouTube. Ada ribuan orang berkomentar lantaran isi videonya bikin kaget, Kamis (31/8/2017).

Baca juga : Lalai Banget Jadi Orang Tua, Anak-anak itu Gak Takut Kenak Penyakit Ya? Kambing Kok Dijadikan Obyek Fantasi

Perbandingan yang sangat mencolok, harga rokok, minuman, jasa cukur rambut hingga tilang polisi terpaut sangat jauh dan semuanya murah di Indonesia.

Indonesia menjadi surga belanja bagi warga asing satu faktor di antaranya nilai tukar rupiah yang jauh di bawah dolar Amerika.

Berikut paparan Mathias dalam vlog nya di YouTube dengan judul: HOW CHEAP IS INDONESIA VS NORWAY yang ia unggah di YouTube pada 17 Agustus 2017 lalu.

Pada video tersebut Mathias masuk di sebuah minimarket ia kemudian membeli sebungkus rokok Marlboro dan minuman ringan Fanta. Hal mengejutkan, harga rokok di Indonesia murah berkali-kali lipat dibandingkan Norwegia.

Rokok merek Marlboro di Indonesia Rp 24.500 sementara di Norwegia 14.25 USD kalau dirupiahkan saat video ini direkam jadi Rp 190 ribu.

Baca juga : Sebelum Surabaya, Jakarta Ternyata Sudah Terapkan Sistem Tilang CCTV

Sebotol Fanta di Indonesia Rp 4.500 sementara Fanta dengan ukuran yang sama di Norwegia harganya USD 3.15 atau setara dengan Rp 42.000.

Setelah membandingkan harga rokok dan minuman Mathias kemudian pergi ke tukang cukur. Ia kemudian cukur rambut,  facial dan pijat wajah serta cukur kumis dan jenggot ia hanya membayar Rp 45.000 untuk jasa ini.

Kalau dibandingkan dengan Norwegia, langsung geleng-geleng kepala.
Hanya cukur kumis dan jenggot tukang cukur di Norwegia patok harga USD 63.75 atau setara dengan Rp 850.000.

Sementara untuk potong rambut di Norwegia kita harus rela rogoh kocek sampai USD 90 atau kalau dirupiahkan Rp 1,2 juta.

Bila layanan penuh seperti yang dilakukan Mathias tadi di Indonesia yakni potong rambut, pijat dan facial wajah hingga cukur kumis dan jenggot total berbiaya Rp 2 juta. Bikin geleng kepala bukan.

Mathias juga cerita ketika ia melanggar lampu merah, ia harus membayar denda atas pelanggaran lalu lintas Rp 500 ribu sementara di Norwegia untuk pelanggaran yang sama harus kuras dompet capai Rp 8 juta.


Melihat tayangan tersebut banyak warganet berikan komentar. Sebagian besar kasih ide untuk bekerja di Norwegia dan 'menghabiskan' uang di Indonesia.
Top