Fakta Ilmiah yang Buat Kita Takjub, Kenapa Semut Selalu Berhenti Saat Berpapasan


money

"Siapa sangka"... hewan yang memiliki wujud kecil dan banyak orang yang merasa terganggu akan kehadirannya ini memiliki fakta unik.

Hewan ini mengandung filosofis kehidupan dalam suatu gerak-geriknya.

Itulah "Semut" hewan kecil terkuat di dunia. Hewan ini biasa kita jumpai di pekarangan rumah, tembok kamar, hingga mungkin saja sekarang tengah berjalan di meja belajar atau meja kantor.

Ternyata semut juga dijadikan nama dalam suatu surat di dalam Al-qur'an yaitu surat An-naml ayat 18-19. Hingga banyak ilmuwan yang meneliti tentang semut.

Sebagaimana di kutip dari inspiradata, jika diperhatikan, salah satu gerak-gerik semut yang mencolok adalah tentang kebiasaan hewan kecil itu untuk berhenti sejenak ketika bertemu sesama rekan semutnya.

Baca Juga :  Disebut "Semut Neraka" Penemuan Spesies Semut Baru ini Sangat Mengerikan

Sebuah artikel pada majalah National Geographic, menjelaskan dalam kepala semut terdapat organ-organ indra majemuk, besar dan kecil, untuk menangkap isyarat visual dan kimiawi yang vital bagi koloni, yang mungkin terdiri atas sejuta lebih pekerja, yang semuanya betina.

Otaknya mengandung setengah juta sel saraf dan matanya majemuk, antenanya berfungsi sebagai hidung dan ujung jari. Tonjolan di bawah mulut menjadi indra pengecap dan bulu menjadi indra peraba.

Seorang peneliti dari Universitas New York, T.C. Scheneirla mengungkapkan bahwa mengadu kepala adalah cara semut untuk berkomunikasi dengan hewan sejenisnya. Scheneirla telah melakukan uji coba sebelum memberikan kesimpulan tersebut.

Scheneirla melakukan penelitian dengan mengambil seekor semut lalu ditaruh di dalam tempat yang berisi makanan. Semut lainnya ditaruh dalam tempat yang berisi semut-semut musuh. Perilaku semut-semut itu kemudian diamati, terutama ketika mereka berpapasan di jalan.

Ia menemukan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan maupun musuh semut menempel pada semut tersebut. Dengan demikian, semut itu bisa memberitahukan bahwa ada makanan atau ada musuh di sekitar mereka.
Top