Kata - Kata Doa dan Harapan Indah Penuh Makna

Kata-kata doa dan harapan / Pic source : Wajibbaca

Setiap manusia yang bernafas, selain bekerja keras demi menghidupi keluarga adalah dengan berdoa memanjatkan harapan kepada Allah SWT.

Sebagai Sang Pemilik Alam Semesta, pastilah doa-doa kita akan didengar jika memang dibarengi dengan ibadah dan amalan baik lainnya.

Artikel pilihan : Bacaan Niat dan Doa Shalat Hajad Lengkap Bahasa Arab dan Latin Serta Artinya

Salah satu yang mungkin menjadi acuan dalam kehidupan yakni adalah sebuah pengharapan dan doa kepada Allah SWT lewat untaian kata-kata dan juga perasaan dari dalam diri.

Sehingga semua ungkapan tersebut dapat disimpulkan dalam harmonisasi yang membentuk kata-kata mutiara dan bijak.

Islam Sebagai Agama yang Harmonis

Islam sendiri sebagai agama yang menjunjung tinggi keharmonisan, sehingga berdamai dengan diri sendiri sangat dianjurkan.

Karena memang, manusia selalu menginginkan hati mereka tenang, tentram, dan juga penuh dengan berkah.

Dan hal tersebut hanya bisa dicapai dengan beribadah dan berdoa.

Islam yang mengandung makna “selamat” telah menginspirasi masyarakat dengan kata-kata yang indah.

Agama islam berkembang karena sebagian besar isi dari Al-quran dan Al-hadist berisi tentang keindahan.

Lebih banyak isinya merupakan motivasi bagi penganutnya untuk senantiasa mencintai tuhan, alam, dan antar sesamanya. Maka dari itu, terdapat banyak kata mutiara islam dalam kitab tersebut.

Kata-kata Doa dalam Islam

Kata-kata doa dan harapan / Pic source : Wajibbaca

Doa dan harapan dalam pengertian adalah pendekatan diri kepada Allah dengan sepenuh hati, banyak juga dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Bahkan Al-Qur’an banyak menyebutkan  pula bahwa tadharu’ (berdoa dengan sepenuh hati) hanya akan muncul bila di sertai keikhlasan.

Hal tesebut merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang shalih.

Dengan ikhlas bedoa akan mampu menambah kemantapan jiwa, sehingga doa kepada Allah akan senantiasa dipanjatkan, baik dalam keadaan senang maupun dalam keadaan susah, dalam penderitaan maupun dalam kebahagiaan, dalam kesulitan maupun dalam kelapangan.

Dalam Al-Qur’an Allah telah menegaskan:

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharapkan keridhaan-Nya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan kehidupan dunia,

dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS. Al-Kahfi : 28).

Kata - Kata Doa dan Harapan Indah Penuh Makna

Inti dari kata-kata mutiara dan juga doa indah penuh makna adalah supaya bisa menjadi pribadi mukmin yang kuat dari segala macam ujian dan cobaan.

Sekaligus menjadi penyemangat dalam menjalani kehidupan yang fana ini. Sehingga sudah jelaslah jika kata-kata berikut ini diharapkan mampu menambah keimanan dan taqwa kita.

Apa saja kata-kata doa dan harapan indah tersebut?

1. Rencana Allah itu lebih baik dari rencanamu, jadi tetaplah berjuang dan berdoa, hingga kau kan menemukan bahwa ternyata memang Allah memberikan yang terbaik untukmu.

2. Kekayaan yang hakiki bukanlah dengan banyaknya harta. Namun kekayaan yang hakiki adalah hati selalu merasa cukup.

3. Ya Allah, kuyakin bahwa takdir-Mu lebih baik dari semua yang aku inginkan, beri aku kekuatan untuk memahami ini sebagai Anugerah dari-Mu.

4. Ada yang bertanya kepada Nabi "Kapan kiamat itu datang". Nabi menjawab "Apa yang sudah kamu siapkan?"

5. Ya Allah ketika aku melakukan kesalahan kepada orang lain, anugerahkanlah kekuatan untuk meminta kemaafan. Manakala di waktu orang melakukan kesalahan kepadaku, anugerahkanlah aku kekuatan memberi kemaafan.

6. Doa harusnya menjadi pembuka dipagi hari dan menjadi penutup diwaktu malam hari.

Kata-kata doa dan harapan / Pic source : Wajibbaca

Artikel pilihan : Doa agar Hati Tenang dan Tidak Mudah Gelisah

7. Keraguan bukan merupakan lawan dari keyakinan. Namun Keraguan adalah bagian dari keyakinan.

8. Harta yang kita sedekahkan dengan iklhas di jalan yang benar tidak akan berkurang melainkan bertambah dengan berkali-kali lipat.

9. Ya Allah, terangkan jalan kami sebagaimana Engkau menerangi cahaya malam dengan sinar bulan dan bintang

10. Bekerjalah dengan ikhlas, karena Tuhan tidak memandang hasil usahamu, Dia memandang caramu untuk menghasilkan sesuatu tersebut.

MasyaAllah, sungguhlah kata-kata doa paling bijak tersebut diharapkan mampu membuka pintu hati seseorang agar selalu dan senantiasa dalam kebaikan.

Jangan sampai ada sedikit pun keburukan di hati kita dan semoga nasehat dan doa Islam tersebut mampu membimbing diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Top