Setrikaan Lengket? Pakai Cara ini Dijamin Sekali Lakukan Nyetrika Selamanya Jadi Lancar

Kalau masih belum tahu sebenarnya bisa dibilang ketinggalan deh. Kenapa? Karena tips ini sangat mudah, murah, dan seketika itu setrikaan jadi licin.

Memang kenyataannya demikian, masih banyak yang mengalami setrikaan jadi lengket.



Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini alasannya, banyak yang tidak mengindahkan aturan yang tertera pada label setrikaan sehingga kita cenderung menggunakannya secara sembarangan.

Baca Juga: Tips! Tambahkan Sedikit Baby Oil Pada Bak Mandi, dan Lihat Perubahan yang Terjadi Pada Kulit

Akibatnya, setrikaan bisa menjadi mudah lengket dan proses menyetrika pun menjadi menyebalkan, melelahkan, dan memakan waktu lama.

Penyebab Setrika Lengket

Ada beberapa penyebab mengapa permukaan bagian bawah setrika mudah lengket. Penyebab yang pertama adalah karena kita sering menggunakannya untuk menyetrika baju yang disablon dengan bahan rubber. Ada beberapa kualitas sablon yang tidak bagus sehingga saat terkena panas, sablonan pada kaos atau baju tersebut menempel di bagian bawah setrika.

Penyebab lainnya adalah karena kotoran atau sisa-sisa kotoran yang menempel pada pakaian ditransfer ke setrika karena adanya bagian-bagian yang lembab terlebih jika kita menyemprotkan pewangi sebelum menggosok setrika pada permukaan kain.

Nah, ini Cara Mudah Membersihkan Setrika yang Lengket

Ada beberapa jenis setrika yang pertama yaitu setrika model klasik dengan alas yang halus. Dan yang kedua adalah model steamer yang menggunakan uap.

Kedua jenis setrika tersebut harus dibersihkan secara rutin terutama setelah pemakaian agar kotoran yang menempel tidak menumpuk dan kemudian sulit dibersihkan.

Manfaatkan garam dan handuk

Cara mudah dan sederhana untuk membersihkan setrika yang pertama adalah dengan memanfaatkan handuk kertas atau handuk yang terbuat dari katun.

Pertama, siapkan papan setrikaan kemudian tempatkan handuk kartun atau handuk kertas di bagian atasnya. Setelah itu taburkan 1 sendok makan garam pada permukaan handuk.

Jenis garam yang sebaiknya digunakan adalah yang kasar. Karena semakin kasar permukaan garam, maka bagian bawah setrika akan lebih mudah dibersihkan.

Hidupkan setrika kemudian setting pada suhu panas. Setelah itu gosok-gosokkan setrikaan tersebut pada permukaan handuk yang sudah di taburi dengan garam secara lembut.

Perlahan, kotoran-kotoran yang ada pada permukaan setrika akan menempel pada garam dan membuat setrikaan menjadi bersih dan berkilau seperti baru.

Jika permukaan masih kotor karena residu yang tidak pernah dibersihkan sama sekali, kamu bisa mengulangi prosesnya beberapa kali.

Memanfaatkan cuka dan garam untuk membersihkan tapak setrika

Cara lain yang juga mudah dan hemat untuk membersihkan setrika yang lengket adalah dengan menggunakan campuran cuka putih dan garam.

Caranya, sediakan panci di atas kompor kemudian masukkan cuka putih dan garam dengan perbandingan 2 banding 1. Hidupkan kompor dengan api sedang setelah itu tunggu garam hingga larut sepenuhnya. Namun ingat, jangan tunggu hingga mendidih.

Setelah cukup hangat, air campuran garam dan cuka tersebut akan kita gunakan untuk membersihkan bagian tapak setrika.

Matikan kompor lalu tunggu hingga air larutan cuka tersebut menjadi dingin. Kamu juga bisa menggunakannya pada saat masih hangat. Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan kamu dari panas atau untuk melindunginya dari cuka asam.

Ambil lap atau kain bersih yang lembut lalu celupkan pada larutan cuka. Gunakan untuk menyeka bagian tapak setrika. Untuk kotoran yang membandel, kamu bisa memanfaatkan sikat untuk membersihkannya.

Namun ingat, jangan pernah menggunakan sikat kawat logam untuk membersihkan tapak setrika karena dapat menyebabkan goresan pada tapak setrika tersebut.

Setelah itu keringkan setrikaan dan lanjutkan dengan menghidupkan dan memanaskannya lalu cobalah untuk menggunakannya menyetrika di permukaan meja setrika atau kain.

Membersihkan setrika yang lengket dengan menggunakan amplas

Bagi kamu yang memiliki setrika yang benar-benar parah dan sangat sulit untuk dibersihkan permukaannya, kamu bisa memanfaatkan amplas paling halus untuk menghilangkan residu atau sisa kotoran yang menyebabkan lengket.

Cara ini cukup mudah dan hemat serta tidak memakan waktu yang lama. Selain itu, hasilnyapun instan dan pasti.

Namun ingat, jenis amplas yang digunakan adalah yang paling halus dan gosok-gosokkanlah dengan lembut.

Menggunakan daun pisang

Nah, meski tradisional, cara ini juga cukup ampuh untuk membersihkan dan membuat setrika menjadi licin kembali hanya dengan daun pisang.

Caranya, ambil beberapa helai daun pisang lalu hidupkan dan panaskan setrikaan kemudian gosokkan pada permukaan daun pisang (bagian dalamnya). Proses ini akan membuat lapisan lilin pada daun pisang ditransfer ke setrika sehingga tapak setrika menjadi licin kembali.

Membersihkan setrika dengan pasta baking soda

Cara lain yang tidak kalah efektifnya untuk membersihkan bagian tapak setrika agar licin dan tidak lengket adalah dengan memanfaatkan baking soda yang dicampurkan dengan air kemudian diaduk hingga mengental dan membentuk pasta.

Gosok-gosokkan bagian dasar setrikaan dengan menggunakan kain lap yang lembut yang sudah diolesi pasta baking soda hingga sisa-sisa kotoran hilang.

Memanfaatkan pasta gigi

Kemudian, cara lain adalah dengan memanfaatkan pasta gigi untuk membersihkan bagian bawah setrika. Caranya, ambil pasta gigi secukupnya kemudian oleskan pada bagian bawah setrika lalu gosokkan dengan menggunakan kain lap yang halus dan lembut.

Tips agar setrika awet, kamu sebaiknya mengetahui jenis kain yang akan kamu setrika dan pastikan kamu juga mengatur suhu setrika sesuai dengan rekomendasinya.

Selain itu, pada saat menyetrika pastikan kamu tidak menyetrika bagian-bagian kaos yang disablon dengan raber. Terutama dengan setrikaan yang bersuhu tinggi karena dapat menyebabkan rubber rusak dan lengket pada permukaan setrika.
Top