Cara Cepat Mengatasi Anyang-Anyangan, Tanpa Perlu Obat


harianpost.co.id

Anyang-anyangan, mungkin sering dialami oleh anak-anak, karena mereka bermain tak karuan berlari-larian. Namun kita yang sudah dewasa juga masih pernah bukan mengalami hal mengganggu ini!

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Anyang-anyangan menyerang saat Anda kurang minum dan bekerja di bawah teriknya sinar matahari atau pekerjaan fisik seperti mengangkat barang dan sering membungkuk. Anda akan merasa ingin buang air kecil terus menerus namun urine tidak bisa keluar atau hanya menetes sangat sedikit dan terasa panas dan perih pada kemalauan.

Menurut ilmu kedokteran, anyang-anyangan ini umumnya terjadi karena adanya infeksi pada saluran kemih atau kondisi kemih yang tidak biasanya. Anyang-anyangan yang terjadi karena infeksi penyebabnya adalah bakteri dan pengobatannya harus menggunakan obat baik obat kimia maupun obat tradisional.

Baca Juga: 4 Manfaat Kesehatan, Mengapa Rasulullah Tidak Menganjurkan Kencing Sambil Berdiri

Anyang-anyangan yang terjadi karena kondisi kemih yang tidak biasanya, penyebabnya bisa bermacam-macam seperti kurang minum dan aktivitas fisik yang berat seperti olah raga.

Fakta Anyang-anyangan
Sebenarnya anyang-anyangan yang terjadi karena kondisi kemih yang tidak biasanya ini biasanya tidak membutuhkan obat apapun untuk menyembuhkannya. Dikutip dari satujam.com, beberapa tips berikut dapat Anda ikuti agar rasa sakit Anda berkurang dan sembuh.

1. Minum banyak air hangat dicampur garam secukupnya. Cara ini membutuhkan waktu yang lama, bisa memakan waktu hingga berjam-jam bahkan semalaman.

2. Minum air secukupnya untuk memperlancar pembuangan urine.

3. Mencium lutut. Cobalah melakukan gerakan cium lutut dalam posisi kaki lurus. Lakukan dalam keadaan duduk. Ulangi hingga beberapa kali sampai rasa sakit akibat anyang-anyangan Anda sembuh.

4. Melakukan penekanan terhadap titik-titik refleksi pada kedua kaki.

Dalam gambar berikut adalah yang ditandai dengan warna hitam. Gunakan ibu jari atau jari telunjuk untuk menekan.

Carilah titik-titik refleksi pada bagian telapak kaki yang merupakan bagian saluran kandung kemih. Lakukan juga pemijatan pada bagian ibu jari. Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan buku jari telunjuk atau jari tengah, sedangkan untuk ibu jari ini cukup ditekan saja hingga terasa sakit.

Agar buku jari tidak sakit karena gesekan dengan telapak kaki selama pemijatan, oleskan body lotion atau minyak urut secukupnya.

Anyang-anyangan memang sangat mengganggu aktivitas kita. Namun jika mengusahakan langkah-langkah diatas setidaknya rasa sakit anda akan banyak berkurang meski perlu waktu lebih lama (hitungan jam) untuk sembuh. Semoga bermanfaat.
Top