Lebih Berhati-hati, Sering Hamil Bikin Kamu Rentan Penyakit!


Menjadi seorang ibu memang sangat membahagiakan bagi para perempuan di seluruh dunia. Apalagi jika pada masa-masa kehamilan yang biasanya diisi dengan kegiatan mengidam dan morning sickness. Kemudian masuk ruang bersalin ketika sudah masuk usia 9 bulan. Hingga akhirnya mampu menggendong buah hati yang lucu dan menggemaskan untuk melihat dunia barunya.

Baca juga : Sedang Hamil? Pantang Lakukan Perawatan Kulit Seperti Ini!

Kata-kata "Banyak anak banyak rejeki" mungkin sudah tak banyak diikuti orang lain. Selain biaya pendidikan yang mahal, sebenarnya ada bahaya lain dari memiliki banyak anak. Dari sisi kesehatan ibu, terlalu sering hamil ternyata bisa membahayakan kesehatan jantungnya. Risiko seorang wanita mengalami gangguan irama jantung (atrial fibrilasi) naik setiap kali kehamilan. Risikonya bahkan naik sampai 50 persen pada kehamilan yang keenam. Gangguan tersebut meningkatkan risiko stroke atau gagal jantung.

"Ada sesuatu pada kehamilan itu sendiri yang memengaruhi kesehatan wanita," kata ketua peneliti Dr.Joge Wong, dokter spesialis jantung dari Ontario, Kanada.

Dalam penelitiannya, ia menganalisa data dari 34.639 partisipan di Women's Health Study yang dilakukan di Boston, Amerika. Para partisipan studi diikuti selama 20 tahun, dan dalam kurun waktu itu ditemukan lebih dari 1.500 kasus gangguan irama jantung.

Risiko terkena gangguan tersebut meningkat terus seiring dengan seringnya seorang wanita hamil. Kehamilan dua sampai tiga kali meningkatkan risiko 20 persen, sementara kehamilan sampai lima kali membuat risikonya naik 36 persen. Kehamilan diduga meningkatkan perubahan yang membahayakan pada tubuh. Hal ini juga kemungkinan terjadi pada jantungnya.

"Fluktuasi hormonal yang signifikan dan juga peradangan terjadi saat wanita hamil, ini juga berdampak pada kesehatan jantungnya," kata Wong.


Baca juga : Sebelum Memberi Nama Kepada Anak, Ikuti Tata Caranya A la Islam!

Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa terjadi perubahan jantung selama kehamilan, namun hal itu akan membaik di akhir masa kehamilan. Namun, pada wanita yang sering hamil dibutuhkan masa perbaikan lebih lama. Penelitian lainnya juga mengaitkan kehamilan dengan kesehatan jantung. Wanita yang memiliki komplikasi kehamilan atau melahirkan prematur lebih rentan mengalami sakit jantung.

Untuk itu, bagi para ibu untuk lebih berhati-hati ketika ingin mempunyai anak. Jika memang sudah mempunyai 2 atau 3 anak dirasa sudah cukup untuk membuat rumah semarak. Bukannya melarang untuk mempunyai anak banyak, namun lebih baik waspada dan jaga kesehatan agar selalu diberikan umur panjang untuk melihat tumbuh kembang anak hingga nanti ia dewasa.
loading...
Top