Lakukan Ini, Maka Kaki Akan Kokoh Saat Lewati Shiratal Mustaqim

Penulis Unknown | Ditayangkan 25 Feb 2017

Sebagai umat muslim, tentunya kita tidak asing dengan yang namanya jembatan shiratal mustaqim. Jembatan ini ada saat di akhirat kelak. Konon, jembatan ini benar-benar kuat dan tajam, namun sangatlah tipis seperti sehelai rambut yang seolah dibelah menjadi 7 helai.

Lakukan Ini, Maka Kaki Akan Kokoh Saat Lewati Shiratal Mustaqim

BACA JUGA: Foto Ini Tuai Banyak Kritkan Dari Netizen, Lihat Panahnya...

Semua manusia dari jaman Nabi Adam, hingga manusia terakhir di bumi harus melewatinya. Apa bila selamat, maka surgalah yang akan kita capai. Namun bagi yang gagal, maka neraka siap melahapnya. Naudzubillah!

Tak ada satupun orang yang mampu menyelamatkannya, hanya amalan mereka di dunia sajalah yang akan menyebrangkannya sampai tujuan, seperti 6 perbuatan ini yang akan memperkokoh kaki kita saat menyebranginya.

1. Keterikatan pada Masjid

Perbuatan pertama yang ternyata dapat mengokohkan kaki kita ketika melewati jembatan Ash-Shirat ialah keterikatan pada masjid. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang mengatakan bahwa masjid merupakan tempat bagi orang-orang yang bertakwa.

2. Ikhlas Bersedekah

Sebab ada balasan besar untuk amalan yang demikian. Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa berbuat kebaikan dengan bersedekah maka dia diperbolehkan melalui ash-Shiraat dengan mendapatkan petunjuk.”

3. Memaafkan Kesalahan Seorang Muslim

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memberi maaf terhadap orang lain, maka Allah akan menyedikitkan kesulitannya di hari Kiamat.”

4. Mengurangi Beban Kesulitan Orang Lain

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menyambungkan bagi saudaranya yang Muslim kepada orang yang mempunyai kekuasaan dalam menyampaikan kebaikan atau memberikan kemudahan kepada orang yang tengah dalam kesulitan, Allah akan memberikan pertolongan atas kemudahan melewati ash-Shiraath pada hari Kiamat ketika kaki tergoyah.”

5. Membantu Kebutuhan Orang Lain

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas, disebutkan bahwa telah datang seseorang kepada Rasulullah SAW. dan bertanya, “Wahai Rasulullah, Manusia bagaimana yang paling dicintai oleh Allah?” Rasulullah menjawab, “Manusia yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat bagi yang lainnya, amalan yang paling dicintai oleh Allah yang akan membuat kebahagiaan seorang Muslim yang lain adalah: meringankan kesulitan orang lain, memenuhi sebagian utangnya, memberi makan seseorang yang sedang kelaparan.

6. Menjaga Kaum Mukminin dari Gangguan Kaum Munafik

“Barangsiapa yang menjaga seorang Mukmin dari gangguan kaum munafik, maka Allah akan mengutus baginya seorang raja yang akan menjaga dagingnya pada hari Kiamat dari panasnya api neraka dan barangsiapa yang menginginkan seseorang terjerumus pada suatu kejelekan, maka Allah akan memasukkannya ke dalam Jahannam sampai dia mau mengakui apa yang dikatakannya.” (HR. Abu Dawud).

Naudzubillah.. semoga kita menjadi manusia yang bisa melewatinya..
SHARE ARTIKEL