Begitu Dahsyatnya Surat Ini, Bahkan Rasulullah Sampai Beruban Sebelum Waktunya

Penulis Unknown | Ditayangkan 12 Jan 2017

Meskipun Rasulullah SAW merupakan penerima Wahyu Allah yang berupa Al-quran, tapi siapa sangka jika beliau pernah sampai beruban sebelum waktunya karena membaca surat Al-Quran Ini.

Begitu Dahsyatnya Surat Ini, Bahkan Rasulullah Sampai Beruban Sebelum Waktunya

BACA JUGA: Shalat Bersama Buah Hati, Bagaimana Ya Shaf Shalat Untuk Si Kecil?

Dikutip dari infoyunik, Dikisahkan bahwa Rasulullah SAW Didatangi oleh seorang sahabatnya, Abu bakar As-siddiq. Kemudian sahabt itu bertanya mengenai rambut beliau yang berubah begitu cepat padahal belum waktunya.

Abu Bakar As-Shiddiq bertanya, “Wahai Rasulullah apa yang membuat rambutmu beruban?” Beliau menjawab, “Surah Hud beserta saudara-saudaranyalah yang membuatku beruban.”

Mendengar jawaban dari Rasulullah tersebut, Abu Bakar pun masih merasa penasaran. Ia kemudian kembali bertanya, “Apa saja saudaranya?” Beliau menjawab, “Surah Al-Waqi`ah, Al-Mursalat, An-Naba dan At-Takwir. Semua membuatku beruban sebelum waktunya.”(HR. Tirmidzi, Thabrani, Hakim).

Sebagian di antara kita tentu masih merasa penasaran mengapa hal yang demikian ini bisa terjadi. Bukankah surah yang ada di dalam Al-Qur’an itu hanya sekedar bacaan? Mengapa memiliki kedahsayatan hingga membuat rambut Rasulullah SAW beruban. Allah Ta’ala berfirman:

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.” (QS. Az-Zumar[39]: 23)

BACA JUGA: Melakukan Ini, Maka Seluruh Rezeki Anda Akan Langsung Terhenti

Ketika orang beriman mendengar ayat Al-Qur’an dikumandangkan dan mengingat Allah maka akan bergetar kulit dan hati orang tersebut. Di ayat lainnya dijelaskan bahwa Al-Qur’an menjadi indikator naiknya keimanan seseorang. Allah berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS. Al-Anfal[8]: 2)

Maka hal ini bisa menjadi jawaban mengapa ketika mendengar beberapa surah yang telah disebutkan oleh Rasulullah SAW rambut beliau beruban bahkan sebelum waktunya. Alasanya itu dikarenakan Rasulullah berinteraksi dengan Al-Qur’an itu menggunakan cara pandang.

Yakni rasa takut yang disertai rasa hormat tinggi yang mengandung gambaran petaka di akhir zaman kelak. Tak hanya itu saja, Rasulullah SAW juga mendekatinya dengan keimanan sepenuh hati. Seperti yang diketahui bahwa kandungan dari Surah Hud, Al-Waqi`ah, Al-Mursalat,  An-Naba`, dan At-Takwir mengenai gambaran petaka di akhir zaman.

Hal ini begitu menancap pada kesadaran sanubari Rasulullah SAW. Efek yang besar ini tidak hanya berpengaruh pada rohaninya saja, namun juga berpengaruh pada rambut beliau.

Syekh Abdur Ra`uf Al-Manawi dalam Syarah al-Taisir bisyarhi al-Jami` al-Shaghir menjelaskan:

“Surah Hud dan saudara-saudaranya adalah surah yang mengandung huru-hara hari kiamat dan kesedihan. Jika keduanya menjadi besar bagi manusia, maka akan mempercepat tumbuhnya uban sebelum waktunya.” (2/156).

Syaikh Muhammad Abdurrahman Mubarakfuri menerangkan:“Maksudnya telah nampak tanda-tanda kelemahan sebelum tibanya waktu tua. Yang dimaksud di sini bukanlah semakin banyaknya uban Rasulullah. Sebagaimana yang diriwayatkan Tirmidzi bahwa Anas bin Malik pernah menghitung bahwa uban Rasulullah berjumlah sekitar empat belas helai rambut.” (Tuhfatu al-Ahwadzi, 9/131).

BACA JUGA: Gunung Didatangi Banyak Orang, Lantas Kenapa Masjid yang Dekat Semakin Sepi?

Terkhusus Surah Hud, ayat yang paling kuat pengaruhnya dijelaskan oleh Prof. Doktor Falih ialah ayat ke 112, dengan penjelasan demikian:

(Tsalatsun Man Kunna Fihi, 107). Jadi, istiqamah taat sepanjang hayat terhadap segala perintah Allah, merupakan pekerjaan yang sangat berat. Bayangkan, untuk istiqamah pada hal-hal kecil saja kebanyakan manusia lalai, apalagi yang besar-besar. Padahal al-Qur`an mengandung perintah baik yang kecil maupun besar.

Dengan paradigma iman, sari pati Surah Hud, Al-Waqi`ah, Al-Mursalat, An-Naba`, dan At-Takwir, membuat iman beliau semakin bertambah. Orang yang bertambah imannya juga akan mempengaruhi fisik orang tersebut. Apa yang dilakukan oleh anggota badannya akan menjadi refleksi dari keimanan yang dimiliki oleh hatinya.

SHARE ARTIKEL