Anak Ketahuan Pacaran? Berikut yang Harus Dilakukan Orang Tua Sebelum Marah

Komentar

Memasuki era yang semakin membuat resah para orang tua sekarang ini, terbukti dengan banyaknya dampak dari pergaulan bebas yang bisa merugikan anak dan keluarga tentunya. Apalagi jika melihat di sekeliing kita yang masih belum cukup umur sudah melakukan adegan yang tidak bermoral serta cukup tabu untuk usianya.

Karena banyak kasus serupa yang terulang. Mau tidak mau para orang tua menerapkan sitem atau pencegahan yang imbasnya sangat keras untuk anak. Salah satunya adalah dilarang berpacaran. Mereka takut jika anak mereka akan menjalin hubungan dengan teman sekelas, atau yang lebih parah adalah dengan orang yang lebih dewasa.

Baca juga : Ini Dia Cara Atasi Si Kecil yang Galak, Jangan Sampai Kecolongan Karena Perlakuan Kasar Orang Lain!

“Mari kita jangan selalu salahkan anak, salahkan orang dewasa yang sudah tega merusak anak-anak,” ujar Zumrotin K Susilo, selaku Direktur Yayasan Kesehatan Perempuan.

Zumrotin menyarankan kepada orangtua dan para pendidik untuk melihat kasus ini secara luas. Tidak hanya anak yang disalahkan, tapi orang dewasa tersebut juga harus disalahkan.

Salah satu pemicu terjadinya kasus yang marak terjadi kepada anak tersebut, ialah mungkin saja terkena dampak dari apa yang biasanya di tonton oleh keluarga. Sinetron dan drama yang malah menunjukkan tidak apa-apa jika menjalin hubungan ketika masa sekolah, membuat anak semakin yakin dengan cara yang ia jalani.

Untuk itulah, para pakar menganjurkan agar tak langsung marah jika mendapati buah hati ketahuan berpacaran.

“Sebaiknya orangtua ciptakan komunikasi yang baik dengan anak-anak,” imbuhnya.


Baca juga : Jadi Orangtua Single? Tak Perlu Merasa Bersalah Kepada Anak Karena "Sedang" Sendiri

Sehingga diharapkan anak bisa leluasa untuk bercerita kepada orang tuanya. Sehingga nantinya diketahui dengan jelas, anak berteman dengan siapa saja, kebiasaan apa saja ketika diluar rumah, sampai masalah apa saja yang ia hadapi untuk mencari jalan keluar di dalam keluarga.

Hal ini pun akan lebih memudahkan orangtua saat mengawasi anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan dan juga pergaulan anak.
Top