Panglima TNI Sebut Ada Ulama Online Tak Punya Ilmu Agama Tinggal Buka Hp Masukkan Ayat


Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Perkembangan teknologi saat ini memang membuat banyak hal semakin mudah. Tak hanya perdagangan yang semakin dimudahkan dengan transaksi online. Namun banyak berita dapat dengan cepat diperoleh melalui koneksi internet serta media sosil. Tak ditampik juga bahwa dakwah para ustadz onlinepun juga banyak bertebaran.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan tantangan pemuda saat ini adalah media sosial. Jenderal bintang empat ini menceritakan saat ini banyaknya 'ustaz online' yang bertebaran di dunia maya.

"Sekarang ini berbahaya ustaz-ustaz socmed. Tidak kuliah. Enggak perlu kuliah, yang penting buka internet, dengan menyadur ayat Al-Quran, adinda, kakanda," kata Gatot Nurmantyo di UIN Syarif Hidayatullah, Tangsel, Selasa (29/11/2016), dilansir detikcom.

Gatot mengatakan, saat ini ponsel pintar dan gadget telah menjadi teman curhat kalangan anak muda. Menurut Gatot, saat ini, masyarakat tidak kurang dari 18 jam bergantung pada gadget.

Baca Juga: Akun Penyebar Foto 'Miras' di Pertemuan Ahok dan Tito Jadi Bahan Tertawaan

Mantan KSAD ini juga mengatakan banyak oknum ustaz online tersebut tanpa belajar ilmu agama namun mudah berfatwa. Oknum tersebut, kata Gatot, berpotensi memprovokasi masyarakat.

"Ada ulama-ulama online, enggak usah punya ilmu agama. Tinggal punya HP, tinggal buka, masukkan ayat," jelas Gatot.

Gatot mengatakan, jika ingin selamat dunia dan akhirat, hendaknya mengikuti Al-Quran. Kemudian Gatot menuturkan kutipan Al-Quran Surat Al-Hijr ayat 9.

"Banyak yang bilang di medsos kita lindungi Al-Quran. Lindungi Al-Quran? Allah telah mengatakan dalam Al-Quran, 'Dan sesungguhnya kami yang menurunkan Al-Quran, kami yang menjaga Al-Quran.' Jadi kalau ingin berlindung, ikuti Al-Quran," jelas Gatot.
Top