Kegiatan Menyenangkan Untuk Mendidik dan Melatih Perkembangan Otak Anak


Kegiatan ini terlihat biasa, tapi bagi anak sangat menyenangkan dan menambah wawasan mereka

Pendidikan akademi untuk anak memang tak dipungkiri menjadi tolak ukur mereka untuk mendapatkan pekerjaan baik tidaknya di masa depan.

Karena Indonesia menetapkan dan mempunyai prosedur bahwa untuk menduduki jabatan tertentu harus mempunyai ijazah dari pendidikan jenjang tertentu.

Nah, untuk mendukung kegiatan belajar akademiknya di sekolah agar anak selalu riang dan menambah kecekatanya serta kecerdasanya menyerap pelajaran. Bisa diselingi dengan berbagai kegiatan menyenangkan berikut ini.

Permainan pipa bocor



Tujuan dari permainan outbound pipa bocor ini adalah melatih kekompakan, kerjasama dalam kelompok. Selain itu management yang baik sangat diperlukan untuk keberhasilan dalam game ini. Sikap toleransi antar kelompok sangat penting, mengingat sikap indifidualisme yang sering muncul dalam suatu organisasi atau instansi dapat memberikan efek negatif bagi tujuan bersama. Sikap kompetitif dan fighting juga sangat diperlukan, karena dengan adanya persaingan (sparring partner) akan lebih membangkitkan semangat dan daya juang kelompok.

Beberapa peralatan yang digunakan dalam permainan outbound ini diantaranya adalah: Pipa besar dengan panjang kurang lebih 2 meter yang telah diberi lubang (jumlah lubang tergantung jumlah peserta dalam satu kelompok) dan salah satu sisinya telah ditutup rapat. Satu buah ember berukuran sedang untuk masing masing kelompok, dan satu buah bola pingpong yang dimasukkan ke dalam pipa. Dalam pelaksanaan permainan, usahakan lokasi berdekatan dengan sumber air (misal; kolam ikan, sungai, blumbang/empang, dsb.)

Mengenal binatang dan perilaku mereka



Bersama anak dan anggota keluarga lainnya, tempat ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan berbagai jenis binatang dan sekaligus juga melakukan aktivitas luar ruang yang menyenangkan.

Seperti dinyatakan laman traveltips, mengunjungi kebun binatang juga memberikan sejumlah manfaat yang berguna untuk diri sendiri dan anak.

Mencintai SatwaKebun binatang merupakan tempat yang pas untuk mengajarkan anak-anak mencintai satwa sekaligus berhubungan langsung dengan binatang seperti sirkus, menaiki gajah, memegang ular dan sebagainya.

Menambah Pengetahuan
Mendatangi kebun bintang juga memberikan pengetahun baru tentang berbagai jenis binatang baik yang lokal maupun dari luar negeri.

Waktu BerkumpulMengunjungi kebun binatang merupakan waktu berkumpul yang pas dan ideal untuk seluruh anggota keluarga karena tempat wisata itu sesuai dengan segala umur.

Meningkatkan kesehatanDengan luasnya kebun binatang membuat kesehatan pengunjung juga terjaga karena harus berjalan dari satu kandang ke tempat lainnya. Hal ini berarti ada aktivitas olahraga ringan saat mengunjungi tempat tersebut.

Mempelajari sejarah dengan hal menyenangkan



Apa saja alasan penting untuk mengajak anak liburan ke museum?

1. Referensi visual.Anak-anak mungkin belajar mengenai sejarah, geografi, dan ilmu lainnya di sekolah melalui buku pelajaran mereka. Ketika anak berkunjung ke museum dan melihat sesuatu secara visual, maka ia akan mendapatkan pemahaman yang lebih.

2. Menempatkan sesuatu dengan perspektif waktu.Anak-anak mungkin bisa bingung dengan waktu dari berbagai peristiwa di dunia, baik itu sejarah, politik, dan lainnya. Museum biasanya menggunakan grafik, angka, dan sumber lainnya untuk menempatkan suatu peristiwa dunia dengan perspektif waktu. Ini pun akan membuat anak memiliki perspektif waktu yang lebih luas tentang sebuah peristiwa di dunia.

3. Bisa melihat nuansa yang berbeda atau bahkan yang belum pernah dilihat anak sebelumnya.Museum adalah tempat yang baik untuk anak-anak mendapatkan nuansa dunia yang belum pernah mereka lihat. Contohnya, mereka bisa melihat fosil dinosaurus, koin-koin atau mata uang kuno, dan lain sebagainya. Dengan ini, mereka bisa mempelajari kehidupan ratusan tahun sebelumnya.

4. Untuk memancing imajinasi dan mendorong rasa ingin tahu.Dengan mengajak anak berkunjung ke museum, anak akan berpikir tentang bagaimana sebuah pesawat dapat bekerja dengan melihat replika pesawat, mereka juga bisa langsung bertanya-tanya tentang apapun yang mereka lihat di museum. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa ingin tahu anak dan mereka menjadi kaya akan pengetahuan.

Baca Juga : Lezatnya Bakso Malang & Mi Melayang untuk Makan Siang, Ditutup dengan Surabi Imut

5. Menambah teman dan berinteraksi dengan orang banyak.Mengunjungi museum dapat menjadi kegiatan sosial yang mengubah pengalaman anak, misalnya berkunjung dengan kelompok keluarga atau saudara-saudara dan teman-temannya. Anak bisa saling bertanya atau mengobrol dengan teman-teman sebayanya. Anak juga bisa mendapatkan teman baru ketika berkunjung ke museum.

6. Melampaui bidang yang mereka minati.Ini maksudnya adalah museum dapat berperan pentin dalam membantu anak-anak untuk mengetahui minat mereka. Misalnya, anak memiliki minat terhadap mumi Mesir dan tak sengaja melihat transportasi kuno di sebelahnya. Itu bisa menjadi kemunculan ketertarikan minat baru mereka.
Itulah beberapa hal penting mengapa harus mengajak anak liburan ke museum.

Mengajarkan bagaimana ketekunan



Di sawah anak-anak terlihat ceria karena bisa bermain ke sana kemari melalui pematang, mencari belalang yang hinggap di daun tanaman padi, melihat dan belajar dari ayahnya yang sedang memupuk tanaman.

Mungkin ada beberapa hal yang akan menjadi lucu juga, saat anak meniti pematang yang kecil dan mungkin licin. Mereka akan tertawa geli saat terpeleset atau pematang malah penyet.

Atau agar anak bisa belajar bagaimana melatih ketekunan dan kecermatan dengan menanam padi yang harus lurus dan teratur karena tak boleh ada yang terlewat.

Mengajarkan keberanian dan ketelitian



Bukan hanya kemampuan fisik yang dilatih. Mental dan kognitif juga diasah. Aktivitas outbound yang bervariasi membuat anak terlatih mencoba hal-hal baru, berani menerima tantangan, dan menaklukkan rasa takut. Beradaptasi dengan lingkungan serta problem solving juga bisa didapat dari aktivitas outbound.

”Ambil contoh ketika meniti jembatan tali, selain fisik, kemampuan psikomotorik anak terlatih. Anak berpikir strategi untuk mencapai ujung. Mental lebih tangguh. Semua terintegrasi,” papar psikolog dari Tania Kids Center, Jakarta.

Paket Komplit



Bagaimana otak bisa menerima hal baru, contoh saja misal dengan setumpuk PR dari sekolah namun anak sudah malas. Tak ada kesenangan belajar karena anak tak bisa merasakan langsung.

Berbeda dengan pembelajaran yang fun tapi dengan sejuta manfaat didalamnya. Makanan hanya bisa masuk saat mulut terbuka. Begitu pula pemikiran hanya bisa jalan saat disuguhkan dengan kebahagiaan dan keseruan untuk open mind hingga terbuka menerima pelajaran.

Dan apa yang diajarkan gokart?

1. KEBERANIANMendengar garangnya mesin tepat dibelakang kuping, semakin cepat ditancap semakin keras pula dengungan mesin. Maka harus berani melawan pikiran, melawan waktu dan overtaking lawan balap.

2. KECEPATAN BERPIKIRBalap itu bukan menunggu, tapi menjemput garis finish dan overtaking lawan. Bukan hanya tancap gas pol, atau injak rem pol ditikungan. Tapi bagaimana bisa overtaking lawan di saat yang tepat dan tetap lancar di tikungan. Ini bukan sekedar permainan, karena membutuhkan kecepatan berfikir antara pesan yang disampaikan dari mata ke otak dan dijalankan oleh seluruh anggota tubuh. Mata siaga, kaki tepat guna, bukan malah tancap gas ditikungan, tangan sigap membelokkan kemudi.

3. KEKUATANTentu saja dan sudah jelas, karena siapa saja yang melakukan olahraga otomotif ini harus siap bercucuran keringat. Melatih kekuatan jantung saat di dahului lawan, kekuatan kaki dan tangan saat ditikungan. Makanya lebih berasa saat dijajal.

4. JIWA SPORTIFBanyak permainan yang membutuhkan sportifitas, salah satunya ada di balapan gokart. Yang curang tak boleh masuk lintasan dan itu pasti. Ini bukan hanya soal kemenangan tapi bagaimana mengalahkan lawan dengan kemampuan dan kecepatan secara fair.

5. PERCAYA DIRIIngat, saat orang bilang kamu tak bisa. Lakukan itu dan buktikan, karena mereka akan melongo melihat kekuatan percaya dirimu!

Rasa percaya diri jelas saja bisa tumbuh dalam olahraga balap gokart. Apalagi saat menang balapan. Ketika belum menang saja kita berusaha mengalahkan ketakutan dalam diri sendiri.

Bagi yang masih belum bisa mengalahkan ketakutan dari dalam diri ada gokart double atau gokart tandem yang bisa ditumpangi oleh pasangan dengan safety belt.

Dengan kecepatan maksimal 35km/jam, kamu dengan pasanganmu bisa merasakan keseruan bermain gokart.

Mau cuaca sedang hujan atau tidak, main gokart tetep jadi wahana permainan yang seru dan menantang. Ada referensi gokart paling keren yaitu di indigokart. Jika ingin tau langung tinggal klik indigokart.com dan like fanspage facebooknya.


Flying Fox



Sebagian orang beranggapan 'Apasih manfaat flying fox, kan cuma menjatuhkan diri dari ketinggian dengan memakai peralatan yang ada?'

Ya, mungkin anda benar, namun anda juga salah. Setiap kegiatan pasti memiliki suatu manfaat, coba pikir darimana mendapatkan suatu keberanian yang besar dalam menghadapi suatu masalah?

Mungkin salah satu dari macam permainan seperti ini secara tidak langsung memberikan sifat baik kepada kita semua. Dalam kehidupan, keberanian adalah masalah yang fatal apabila dibiarkan menipis.

Memetik sayuran



Mengunjungi kebun dan mengajak menanam atau memetik sayuran dan buah-buahan.

Wisata edukasi dengan pergi ke kebun dan mengajak anak praktik menanam sayuran atau buah-buahan pasti membuatnya senang. Banyak manfaat yang didapat dengan wisata edukasi ini, yakni anak belajar tentang aneka jenis tanaman, misalnya sayuran dan buah-buahan, belajar menanam, bahkan memanennya.

Jika tidak memungkinkan mengajak anak praktik langsung, bisa dengan mengajaknya melihat petani menanam atau memanen padi di sawah. Seperti yang telah dijelaskan diatas.

Bukan sekedar perhitungan matematika sebagai tolak ukur kecerdasan anak. Mungkin IQ dan EQ mereka tinggi tapi hobi anak belum tersalurkan dengan baik. Jadi orangtua perlu memahami apa yang disukai anak agar talenta anak berkembang dengan baik.
loading...
Top