Hati-Hati! Inilah Sebenarnya yang Terjadi Pada Buah Apel yang Sering Dikonsumsi


Mungkin tak banyak orang tahu bahwa apel, pir dan buah-buahan impor lainnya di supermarket dilapisi lilin untuk membuatnya tetap segar, licin dan bagus. Buah yang dilapisi lilin akan terasa kesat dan perlu digosok-gosok di air agar lapisan lilinnya hilang. Bahkan sebagian orang memilih menguliti kulit buah agar lilinnya hilang. Bagaimana kalau lilin tersebut ikut kemakan? Amankah buah-buahan yang diberi lilin tersebut jika dikonsumsi?

Baca juga : Si Kuning Hitam Manis, Ini Manfaat Buah Pisang yang Terlalu Matang

Berikut ini adalah video yang memperlihatkan adanya lapisan lilin yang menyelimuti buah apel. Simak dan ikuti cara bijak untuk menghilangkan lapisan lilinnya.


Baca juga : Anak Temper Tantrum? Oh No! Segera Ikuti Cara Bijak ini Untuk Menghadapinya

Wax yang digunakan untuk melapisi buah dan sayur adalah wax jenis food grade (khusus untuk makanan), terbuat dari madu atau yang terbuat dari tanaman. Wax bersifat 'indegistible' maka wax tidak akan dapat hancur oleh enzim pencernaan dan tidak dapat diserap oleh tubuh tapi aman apabila termakan oleh manusia.

Namun jika masih merasa khawatir mengonsumsi buah-buahan yang mengandung lapisan lilin, sebaiknya:
  • Cuci buah terlebih dahulu sebelum dihidangkan, akan tetapi jangan dicuci apabila ingin disimpan kembali agar tidak cepat rusak.
  • Karena wax adalah lemak, maka cucilah menggunakan air hangat agar wax dapat cepat larut dalam air atau gunakan cairan khusus untuk mencuci sayur dan buah.
  • Jika Anda masih ragu, sebaiknya konsumsi buah yang sudah dikupas karena wax tidak akan dapat menembus hingga ke daging buah.
loading...
Top