Fenomenal, Trenggalek Jawa Timur Di Guyur Hujan Es


Angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Senin 7 Nopember 2016 sempat diwarnai dengan hujan bercampur es.

Hujan es tersebut sempat terjadi di Desa Prambon bersamaan dengan datangnya angin kencang di wilayah Kecamatan Tugu. Beruntung hujan butiran es ini tidak sampai menimbulkan dampak kerusakan di rumah penduduk.

Dikutip dari Detik, Camat Tugu mengungkapkan, "Informasi dari Kepala Desa Prambon, intensitasnya hujan es itu tidak lama, hanya sekitar satu menit. Alhamdulillah tidak sampai menyebabkan kerusakan, karena butirannya kecil".

BACA JUGA : Pekan Depan, Bareskrim Gelar Perkara Kasus Dugaan Penistaan Agama.

Kapolsek Tugu Iptu Bambang Purwanto juga menegaskan hujan es tidak menimbulkan kerusakan. Beberapa bangunan rumah yang berada di wilayah Kecamatan Tugu rusak bukan diakibatkan oleh turunnya hujan es, melainkan akibat dari angin kencang serta pohon tumbang.

"Tadi kondisinya angin memang cukup kencang, bahkan kendaraan yang melintas di jalan utama Trenggalek-Ponorogo banyak yang berhenti. Setelah itu banyak pohon yang roboh dan menutup jalan," ungkapnya.

Bambang mengaku, arus lalu lintas antar kabupaten tersebut sempat macet hingga satu jam, karena beberapa titik badan jalan di ruas jalan nasional tertutup oleh pohon tumbang.

Untuk membuka jalur, aparat kepolisian bersama BPBD Trenggalek dan TNI langsung terjun ke lokasi kejadian untuk menyingkirkan pepohonan yang tumbang.

"Prosesnya agak sedikit lama, karena pohon yang roboh cukup banyak," tambahnya.

Angin puting beliung juga menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Trenggalek. Masing-masing Kecamatan Tugu, Karangan dan Kecamatan Kampak. Akibat bencana tersebut belasan rumah warga rusak dan seorang warga mengalami luka-luka.
Top