Cara Gampang Mengajarkan Matematika Pada Anak

Penulis Unknown | Ditayangkan 18 May 2016

Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian anak. Banyaknya angka dan rumus-rumus yang tak cuma harus dihafal, tapi juga dimengerti dan dipahami seakan menjadi momok yang menakutkan bagi mereka.

Seringkali guru dan orang tua juga mengalami kesulitan dalam mengajari anak-anak dalam pelajaran Matematika. Kesulitan dalam mengajarkan matematika bukan karena materi yang sulit. Melainkan karena penyampaian materinya yang sulit dimengerti oleh anak. Akhirnya anak pun merasa stress dan tidak menyukai pelajaran ini sehingga berdampak pada nilai pelajarannya.

Cara Gampang Mengajarkan Matematika Pada Anak


Untuk itu, sebelum anak memasuki usia sekolah, tak ada salahnya belajar Matematika dimulai dari rumah. Namun yang perlu diperhatikan adalah, untuk mengajarkan Matematika pada anak usia dini tentunya harus dengan metode belajar yang menyenangkan dan tak perlu menggunakan buku atau tulisan. Dengan demikian, kegiatan belajar Matematika akan serasa seperti sedang bermain.

Untuk anak-anak usia dini, mengajarkan matematika sebaiknya dengan hal-hal yang menyenangkan dan mudah ditemui setiap hari. Berikut 3 tips yang dikutip dari vemale.com yang bisa dicontoh oleh para ibu dalam mengajarkan matematika pada anak usia dini.

Menggunakan Anggota Tubuh

Gunakan jari tangan, jari kaki, mata, telinga dan anggota tubuh lainnya untuk menunjukkan jumlah-jumlah matematis yang bisa ditunjukkan anggota tubuh.

Menggunakan Dramatisasi Matematika

Ajak anak merasakan bentuk bola, prisma, segitiga sama sisi atau bersama teman-temannya menghitung lompatan. Hal ini akan membuat mereka belajar matematika dengan gembira karena merasa seperti bermain-main saja.

Menggunakan Mainan Anak

Cara Gampang Mengajarkan Matematika Pada Anak

Buatlah konsep bermain yang menyenangkan, misalnya membuat toko. Minta anak berpura-pura menjadi penjual dan menghitung jumlah jualannya. Dengan cara ini mereka belajar berhitung aritmatika dan konsep uang.

Selain berpura-pura menjadi penjual di toko, bunda juga bisa memanfaatkan mainan-mainan kecil lainnya seperti LEGO, mobil-mobilan kecil, kelereng atau mainan lainnya yang dimiliki untuk mengajarkan konsep matematis pada anak.



Demikian tips untuk mengajarkan Matematika pada anak usia dini dengan metode yang menarik dan menyenangkan sesuai dengan usia mereka. Jika bunda ada ide lain yang bisa diterapkan untuk mengajarkan Matematika pada anak, bunda bisa sharing melalui komentar di bawah ini agar semakin banyak orang tua yang bisa menerapkannya pada buah hatinya. Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL