Kesal Karena Mertua Selalu Minta Uang ke Suami Secara Diam-diam?

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 08 May 2020

Kesal Karena Mertua Selalu Minta Uang ke Suami Secara Diam-diam?

Ilustrasi mertua minta uang kepada suami secara diam-diam - Image from mommiesdaily.com

Bukan masalah nominalnya, tapi kepercayaannya.

Mertua selalu minta uang ke suami secara sembunyi-sembunyi, dan suami pun memberi dengan cara yang sama. Kenapa harus seperti itu sih? kan bikin tidak nyaman.

Sepertinya tidak hanya satu atau dua orang saja yang seringkali mengalami hal seperti ini dalam kehidupan rumah tangganya.

Ya, saat mertua meminta uang pada anaknya (suami Anda) secara sembunyi-sembunyi. 

Dalam benak istri, sebenarnya tidak masalah jika mertua meminta uang kepada anaknya yang sekarang jadi suami Anda, toh meskipun sudah menikah, suami tetap harus berbakti kepada orang tuanya.

Tapi yang jadi masalah itu, mengapa harus diam-diam? memangnya kalau bicara blak-blakan, istri akan melarang suami memberi uang kepada orang tuanya?

Hmm, sepertinya kita semua perlu memiliki perspektif atau pandangan tersendiri akan hal ini, agar tidak terjadi pertengkaran antara mertua dan menantu.

Langkah pertama, Anda harus memiliki pendekatan yang lain terhadap hal ini. Ada baiknya Anda sedikit berintrospeksi, tipe menantu seperti apa sih, Anda ini sebenarnya.

Mungkin Anda beranggapan jika sudah menjadi menantu yang baik—minimal tidak pelit dalam memberikan sesuatu—secara material kepada orang tua pasangan, akan tetapi bisa jadi respon dari mertua itu agaklah berbeda.

Sebaiknya bertanyalah pada beberapa saudara yang sekiranya memang dapat memberikan masukan tentang diri Anda selama ini. 

Tapi hati-hati saat meminta saran dari mereka, karena mungkin beberapa orang tidak bisa seimbang dalam memberikan penilaiannya atau kurang mampu bersikap secara objektif.

Baca Juga: Istri Nggak Mau Tinggal Sama Mertua, Bagaimana Solusinya?

Kedua, mertua bersikap begitu karena beliau merasa malu terhadap Anda. Atau paling tidak, mertua sedang berusaha menghormati rumah tangga anaknya, walaupun dalam hal ini cara yang dilakukannya tidak berkenan di hati Anda.

Ketiga, sebaiknya jangan terlalu frontal atau blak-blakan kepada mertua jika Anda tidak menyukai caranya dalam berhubungan dengan masalah keuangan keluarga Anda.

Walau bagaimanapun, Anda tetap harus menghormati mertua—sejauh mereka tidak meminta Anda kepada sesuatu yang buruk dan bertentangan dengan syariat agama.

Jika ingin menggunakan opsi lain, cobalah cara yang justru tidak diduga oleh mertua, yaitu sedikit demi sedikit, Anda bisa mengambil alih “tugas” memberikan uang kepada orang tua pasangan.

Wajar saja jika pada awal-awal akan terasa canggung, akan tetapi cara ini terbukti lebih efektif untuk membuat mertua merasa lebih nyaman dengan Anda. Dan diharapkan dengan itu, mertua pun akan lebih terbuka kepada Anda.

Baca Juga: Wahai Istri, Dukunglah Suamimu Berbakti Kepada Ibunya

Keempat, Anda juga perlu diskusi dengan pasangan perihal masalah ini.

Katakan perasaan Anda yang sejujurnya, bahwa bukan nominal uang yang diberikan kepada orang tuanya yang membuat Anda merasa terganggu, namun hanya cara dan pendekatannya saja yang tidak cukup berkenan di hati Anda.

Anda pun perlu menanamkan pengertian kepada pasangan bahwa masalah memberi uang kepada orang tua, bukan hanya kewajiban salah satu pihak saja, melainkan harus dilakukan bersama-sama.

Semoga Allah Ta'ala memberikan kemudahan bagi keluarga kita semua.

Wallahua'am bishawab.

loading...