Bikin Merinding! Viral Sosok Misterius dalam Peti Lambaikan Tangan

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 12 May 2020


Kejadian langka yang bikin merinding.

Nampak dalam video, sebuah tangan dari jenazah di dalam peti yang melambai-lambai seakan mengucapkan salam perpisahan.

Kejadian-kejadian tak lazim sering disaksikan masyarakat ketika prosesi pemakaman. Seperti sebuah video yang direkam saat upacara pemakaman satu ini. 

Video itu pun tak elak menghebohkan netizen karena dalam peti tersebut seperti ada sosok misterius yang melambaikan tangan.

Ada juga netizen yang menduga bahwa itu adalah mayat dalam sebuah peti yang hendak dimakamkan sedang melambaikan tangannya. Video itu pun menuai kontroversi di kalangan netizen.

Video yang pertama kali diunggah oleh akun Twitter DMenfess1 itu diunggah kembali oleh akun Instagram.

Video berdurasi singkat itu memperlihatkan upacara pemakaman dalam agama Kristen.

Terlihat anggota keluarga menangis dan terpukul saat peti diletakan di liang lahat.

Seorang pelayat kemudian mengambil momen tersebut dengan kamera. Ia pun tak sengaja merekam sebuah kejadian aneh yang terlihat dari kaca peti.

Terlihat sebuah tangan berwarna hitam pekat melambaikan tangan di balik kaca peti. Banyak yang menduga jika tangan itu adalah tangan sosok mayat yang sudah meninggal.

Baca Juga: Hukumannya Berat! Jangan Sampai Seperti ini Jika Ada Keluarga Meninggal

Kini video yang diunggah oleh akun @smart.gram itu telah dilihat lebih dari 185 ribu kali. Netizen juga beramai-ramai membanjiri kolom komentar postingan tersebut.

Fenomena mati suri dalam Islam

Setelah melihat kejadian diatas, kita pasti bertanya-tanya apakah memang ada fenomena mati suri atau hidup lagi setelah dinyatakan meninggal?

Mati suri menurut Islam secara eksplisit memang tidak dibahas, termasuk ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang fenomena ini.

Hanya saja, ayat Al-Quran yang merupakan kitab suci universal bisa digali makna-maknanya untuk kemudian ditafsirkan oleh para mufassir.

Sebagaimana ayat Al-quran yang menjelaskan tentang mati suri mungkin dapat ditemui pada Qur'an Surat Az-Zumar ayat 42.

ٱللَّهُ يَتَوَفَّى ٱلْأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَٱلَّتِى لَمْ تَمُتْ فِى مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ ٱلَّتِى قَضَىٰ عَلَيْهَا ٱلْمَوْتَ وَيُرْسِلُ ٱلْأُخْرَىٰٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir."

Baca Juga: Jangan Hanya Mengucap Innalillahi, Lakukan Hal ini Saat Melihat Iringan Jenazah

Sebagian orang berpendapat, kalimat “Dia (Allah) melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan” itulah yang disebut dengan mati suri.

Sebagian lagi menafsirkan ayat tersebut saat orang bermimpi di tengah tidurnya, sehingga bermimpi bisa melayang-layang kemana-mana.

Dalam hadits Qudsi dijelaskan, kematian adalah pintu penghubung antara dunia dan akhirat. Setiap orang yang mati pasti akan melewati pintu tersebut, sedangkan kehidupan yaitu kondisi di mana jasad atau tubuh dengan roh masih melekat.

“Dalam Alquran dijelaskan, mati suri berarti salah satu ujung tali roh terlepas, tapi dia masih hidup karena ujung lainnya masih terikat. Itu yang membuat dia bisa kembali hidup. Mirip dengan orang tidur,”

Dalam konsep Islam, sebagaimana yang kita ketahui bersama, roh ibarat tali yang memiliki dua ujung terikat pada tubuh. 

Apabila salah satu ujung terlepas dari badan, maka sangat mungkin bagi manusia untuk melayang-layang atau yang juga disebut dengan mimpi (mati suri).

Wallahualam bishawab.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb