Pengertian Manajemen dan Fungsinya

 12 Oct 2019  Bima P

Pengertian Manajemen dan Fungsinya

Managemen adalah - Image from ntaskmanager.com

Manajemen adalah suatu hal penting bagi perorangan maupun sebuah kelompok. Manajemen memiliki banyak fungsi salah satunya adalah melatih kedisiplinan. Karena sebagus apapun manajemennya, manajemen tersebut tidak akan berjalan dengan baik bila anggotanya masih kurang disiplin.

Segala sesuatunya harus direncanakan dan dipersiapkan jika menginginkan hasil yang sempurna. Perencanaan dan persiapan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan manajemen.

Kali ini wajbbaca.com akan membahas tentang manajemen. Pembahasan akan meliputi pengertian, fungsi, hingga unsur apa saja yang terlibat dalam manajemen.

Mari kita simak penjelasan sebagai berikut.

Pengertian Manajemen

Definisi manajemen adalah kumpulan proses dengan mempunyai tujuan yang harus dicapai suatu organisasi dengan cara bekerja sama dengan sumber daya yang dimiliki organisasi itu sendiri.

Lebih spesifik lagi pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha anggota organisasi dalam pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa seni manajemen adalah kemampuan visi dari beberapa aspek manajemen yaitu kepemimpinan, perencanaan, komunikasi dan pengambilan keputusan yang memiliki hubungan dengan manusia mengenai pendekatan manajemen seni.

Ilmu manajemen juga dapat dihubungkan dengan keuangan, manajemen pemasaran, dan sumber daya alam yang digunakan untuk mengatur organisasi bisnis, sistem informasi manajemen atau manajemen keseharian.

Baca Juga : Tips Pandai Mengatur Keuangan Meski Gaji 2 jt Agar Selalu Tercukupi

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Ilmu manajemen juga memiliki banyak pengertian dari banyak ahli yang berbeda. Meski berbeda, pengertian tersebut memiliki ide pokok yang sama. Anda bisa menentukkan seperti apa manajemen yang cocok bagi anda dari beberapa pengertian ahli di bawah ini.

1. James A.F

Proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian usaha dari anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya yang dimiliki organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

2. Henry Fayol

Mengandung beberapa gagasan fungsi utama yaitu merancang, mengorganisasi, memerintak, mengkoordinasi, dan mengendalikan. 

Fungsi manajemen adalah elemen dasar yang selalu melekat dalam proses manajemen yang dijadikan acuan manajer dalam melakukan aktivitas pencapaian tujuan.

3. Hani Handoko

Bekerja dengan beberapa orang untuk menentukan, menginterpresentasikan, da mencapai tujuan organisasi supaya pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

4. The Liang Gie

Pengertian manajemen adalah unsur yang rangkaianya dibuat untuk menggerakan para pegawai dan mengarahkan semua fasilitas kerja supaya tujuan dapat tercapai.

5. George R. Terry

Proses yang berbeda atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dengan cara memanfaatkan ilmu atau seni untuk pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

6. Ricky W. Griffin

Merupakan proses yang merencanakan, mengorganisasikan, dan mengontrol sumber daya agar mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Efektif disini diartikan tujuan bisa dicapai sesuai perencanaan, sedangkan efisien yaitu tugas yang dikerjakan secara benar, terorganisir, dan sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

7. Eiji Ogawa

Merencanakan, mengimplementasikan dan mengendalikan aktivitas – aktivitas yang mengenai sistem pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha, terlebih utama menetapkan sasaran untuk kerja agar dapat sesempurna mungkin sesuai kondisi lingkungan yang berubah – ubah.

8. Federdick Winslow Taylor

Suatu percobaan yang serius untuk menyelesaikan seluruh persoalan yang muncul dalam pimpinan perusahaan atau organisasi lainnya dan setiap sistem bekerja sama manusia dengan sikap dan berjiwa sarjana dan menggunakan peralatan perumusan.

9. Kimbal I dan Kimbal II

Terdiri dari seluruh tugas dan fungsi yaitu penyusunan perusahaan, pembiayaan, penetapan garis besar mengenai kebijakan, penyedia peralatan yang dibutuhkan dan penyusunan struktur organisasi dan pemilihan pejabat perusahaan.

10. Peter Ducker

Pengertian manajemen adalah organ yang mempunyai banyak tujuan untuk pengelolaan bisnis dan mengelola manajer dan mengelola pekerja dalam penyelesaian pekerjaan.

Fungsi Manajemen pada Bidang Bisnis

1. Planning (fungsi manajemen perencanaan)

Merupakan kegiatan menyusun tujuan perusahaan kemudian dilanjutkan menyusun rencana untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan. 

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam

Fungsi ini dilakukan untuk penentuan tujuan perusahaan dengan menyeluruh dan bagian langkah terbaik dalam pencapaian tujuan. 

Manajer mengevaluasi beberapa rencana cadangan sebelum pengambilan keputusan lalu menelaah pengambilan keputusan yang sudah dipilih apa sudah sesuai dan dipergunakan untuk pencapaian tujuan.

Fungsi ini merupakan awal dan yang sangat penting dari fungsi yang lainnya karena fungsi lainnya tak akan jalan apabila planning belum di buat.

2. Organizing (fungsi manajemen pengorganisasian)

Kegiatan yang mengatur sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan agar bisa melaksanakan rencana yang ditetapkan dan dalam pencapaian tujuan utama perusahaan. 

Ada beberapa kegiatan yaitu mengalokasi sumber daya, menyusun dan memilih tugas dan penetapan prosedur yang dibutuhkan, memilih struktur perusahaan dan menetapkan yang mana ada garis wewenang dan tanggung jawab, kegiatan merekrut, menyeleksi, pelatihan dan pengembangna tenaga kerja, penempatan tenaga kerja sesuai dengan posisi yang tepat.

4. Directing (fungsi manajemen pengarahan)

Fungsi yang mengembangkan efektivitas dan efisiensi kinerja secara optimal dan dapat menciptakan lingkungan kerja yang dinamis, sehat dan sebagainya. 

Berikut beberapa kegiatan yaitu pengimpletasian proses kepemimpinan, membimbing, dan motivasi ke para pekerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan, memberi tugas dan penjelasan secara rutin mengenai tugas, menjelaskan kebijakan perusahaan.

5. Controlling (fungsi manajemen pengendalian)

Fungsi yang menilai kinerja sesuai standar yang sudah dibuat sebuah perubahan atau perbaikan jika dibutuhkan. 

Berikut kegiatan yang dilakukan fungsi ini yaitu mengevaluasi keberhasilan proses pencapaian tujuan dan target sesuai indikator yang ditetapkan, melewati tahap klarifikasi dan koreksi terjadinya kesalahan yang ditemukan, memberi solusi atas masalah yang muncul dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan.

Sekian dari kami tentang pembahasan manajemen. Semoga dengan artikel ini anda menjadi tersadar betapa pentingnya sebuah manajemen dalam kehidupan anda, baik itu kehidupan pribadi maupun kelompok.