Cara Membuat Kartu Ucapan untuk Hari Guru

 16 Oct 2019  Bima P

Cara Membuat Kartu Ucapan untuk Hari Guru

kartu ucapan untuk guru - Image from careeraddict.com

Guru merupakan sosok yang sangat berjasa bagi kita bahkan ada yang menyebut bahwa guru adalah orang tua kedua kita. Ini tidak mengherankan, karena selain mengajarkan ilmu pengetahuan pada kita, guru juga berjasa mendidik kita menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi orang lain.

Bagi anda orang tua, anda bisa mengajarkan pada anak bagaimana cara berterima kasih kepada sang guru. Salah satu rasa terima kasih itu bisa berupa sebuah kartu ucapan hari guru yang bisa anak anda buat sendiri. 

Tidak hanya untuk orang tua saja, anda yang seorang siswa/siswi pun dapat menggunakan cara ini untuk berterima kasih kepada guru anda.

Mungkin kartu ucapan terkesan sederhana untuk sebuah wujud terima kasih, namun kartu ucapan tersebut bisa saja menjadi penyemangat sang guru untuk mendidik siswa-siswanya. Dan mungkin saja dapat mengukir senyuman di wajah guru anda.

Baca Juga :
1. Selain Mendengarkan Penjelasan Guru, ini 4 Adab Murid yang Baik Terhadap Guru
2. Arti Tut Wuri Handayani Semboyan Pendidikan Indonesia
3. Orangtua Perlu Ajarkan ini 6 Aspek Pendidikan yang Sangat Mempengaruhi Karakter Anak

Disini kami akan memberikan artikel tentang cara membuat kartu ucapan untuk hari guru beserta beberapa kumpulan kata-kata yang bisa anda tuliskan di kartu ucapan tersebut.

Cara Membuat Kartu Ucapan

Bahan bahan yang disiapkan :

  • Kertas karton ukuran A4 dengan berbagai warna (sesuai keinginan)​
  • Gunting
  • Pensil
  • Perekat

Langkah langkah :

1. Lipat dua pada kertas A4 dengan warna yang diinginkan yang akan dijadikan warna hati pada kartu ucapanmu seperti contoh warna putih. Tapi anda bisa menggantinya dengan warna yang disuka.

2. Gambarlah gambar hati pada kertas yang dibagi 2 tersebut dengan menggunakan pensil seperti gambar di bawah ini

Cara Membuat Kartu Ucapan untuk Hari Guru

gambar hati pada kertas - Image from http://bersamamenginspirasi.blogspot.com

3. Guntinglah gambar hati yang dibuat. Setelah digunting seperti pada gambar 3 hati tersebut, lipatlah bagian tengah pada bentuk hati yang besar.

Cara Membuat Kartu Ucapan untuk Hari Guru

lipat potongan hati pada bagian tengah - Image from http://bersamamenginspirasi.blogspot.com

4. Sekarang, ambil kertas A4 berwarna yang akan jadikan sebagai kartu ucapan sesuai dengan warna kesukaan anda seperti contoh merah. Jika sudah tentukan warna kertas yang nantinya sebagai kartu ucapan, lipat 2 bagian pada kertas tersebut.

Cara Membuat Kartu Ucapan untuk Hari Guru

lipat 2 kertas tersebut - Image from http://bersamamenginspirasi.blogspot.com

5. Letakan bentuk hati yang telah dibuat namun bagian yang kecil dengan sama rata tengah seperti gambar ini. Jika sudah pas, tandai dengan menggunakan pensil dan gambar bentuk 2 hatinya. Ini akan menjadi acuan untuk menyatukan bentuk hati dengan kartu ucapanya.

Cara Membuat Kartu Ucapan untuk Hari Guru

tandai dengan pensil - Image from http://bersamamenginspirasi.blogspot.com

6. Rekatkan dengan menggunakan lem pada bagian yang sudah ditandai namun tidak perlu direkatkan pada bagian tengah di kartu ucapannya.

Cara Membuat Kartu Ucapan untuk Hari Guru

hasil akhir - Image from http://bersamamenginspirasi.blogspot.com

Setelah terbuat, anda tinggal menambahkan ucapan hari guru pada kartu tersebut. Ingin inspirasi ucapan hari guru? Di bawah ini kami berikan kumpulan ucapan hari guru yang bisa anda tuliskan pada kartu ucapan yang sudah anda buat.

Kumpulan Ucapan Hari Guru

  1. "Selamat Hari Guru Nasional Tahun (isi sendiri) untuk guru yang mulia, jasa kalian akan selalu kami kenang, tetaplah menjadi Pelita untuk anak bangsa"​
  2. "Kami mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional (isi sendiri), Semoga seluruh guru di Indonesia dapat melahirkan generasi cerdas dan berjiwa negarawan. Guruku, pahlawanku"
  3. "Selamat Hari Guru Nasional tahun (isi sendiri) baktimu mencerdaskan negeri takan terlupakan." 
  4. "Selamat Hari Guru Nasional (isi sendiri), kepada guru-guru di seluruh Indonesia. Tak henti kami mendoakan, mengisahkan, dan membanggakanmu."
  5. "Jangan pernah lelah menjadi pelita bagi negeri ini. Jadilah selalu patriot pahlawan bangsa. Terima kasih diperuntukkan untuk seluruh guru di Indonesia atas jasamu yang mulia. Selamat Hari Guru Nasional (isi sendiri)."
  6. "Selamat Hari Guru Nasional (isi sendiri). Karena guru, kita tahu banyak ilmu. Karena guru, lahir generasi yang cerdas."
  7. "Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.
    Selamat Hari Guru Nasional. Siapapun dirimu tetaplah berbagi ilmu dan menjadi inspirasi untuk bangsa dan negerimu."
  8. "Guru, engkau bapak dan Ibu kedua bagi kami, menjadi orang tua tatkala kami nakal, menjadi sahabat tatkala kami kebingungan, menjadi pelita tatkala kami kegelapan.”
  9. "Orang hebat bisa menghasilkan beberapa karya bermutu, Tapi guru yang bermutu dapat menghasilkan ribuan orang-orang hebat"
  10. "Selamat Hari Guru Nasional (isi sendiri). Aku bangga pernah menjadi murid dan siswamu."

Tanggal Hari Guru

Tentu saja kartu ucapan dapat anda berikan kapanpun anda merasa ingin berterima kasih kepada sang guru. Namun akan lebih berkesan jika kartu ucapan tersebut anda berikan pada saat Hari Guru.

Untuk kapan tepatnya hari guru jatuh tergantung apakah hari guru tersebut hari guru nasional atau hari guru sedunia.

Untuk hari guru sedunia diperingati pada tanggal 5 oktober. Sedangkan hari guru nasional diperingati setiap tanggal 25 November.

Alasan hari guru nasional diperingati pada tanggal tersebut karena pada tanggal 25 November adalah diresmikannya persatuan guru yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tepatnya pada tanggal 25 November 1945.

Demikianlah artikel kami tentang hari guru. Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda dalam mengekspresikan rasa terima kasih anda kepada guru tercinta anda.