Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

Penulis Bima P | Ditayangkan 02 Oct 2019

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

ilustrasi penulisan daftar pustaka - Image from freelancewriting.com

Penyajian informasi disertai sumber yang akurat adalah sebuah keharusan dalam menyampaikan kabar berita atau karya ilmiah. Oleh karenanya, cara penulisan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah adalah wajib untuk diketahui. Sebab erat kaitannya dengan kredibilitas karya tulis serta pertanggung jawabannya.

Daftar pustaka adalah sebuah daftar rujukan tulisan yang menjadi acuan dan rujukan dari sebuah karya tulis. Sumber dari rujukan tersebut bisa dari jurnal, buku, internet, koran, atau media lainnya. Ada beberapa manfaat dari adanya daftar pustaka atau catatan kaki ini, baik untuk pembaca, penulis ataupun sumber yang dijadikan rujukan. 

Di antara manfaatnya adalah:

  • Sebuah etika penulisan yang baik
  • ​Sebagai ungkapan terimakasih kepada sumber rujukan yang telah memberikan data
  • Sebagai pendukung ide penulis
  • Sebagai referensi terusan yang menunjukkan pada bagian mana data itu diambil
  • Sebagai petunjuk untuk melacak kebenaran data yang diambil

Dalam artikel ini kami akan berfokus pada satu sumber saja yaitu cara membuat daftar pustaka dari jurnal.

Untuk penulisan daftar pustaka secara umum dapat dibaca dalam artikel berikut :

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka dan Contohnya

Pengertian dan Jenis Jurnal

1. Pengertian Jurnal

Jurnal adalah tulisan khusus yang membuat sebuah artikel suatu bidang ilmu tertentu. Biasanya jurnal juga dikeluarkan oleh seseorang yang berkompeten dibidangnya hingga diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga.

Jurnal juga bisa diartikan sebagai buku, catatan harian, buku yang digunakan sebagai perantara, surat kabar harian, majalah khusus, dan masih banyak lagi.

2. Jenis Jurnal

Ada dua jenis utama jurnal yaitu jurnal cetak dan jurnal online. Jurnal cetak adalah sebuah artikel atau tulisan yang ditulis oleh seorang penulis atau beberapa penulis dan disebarkan dengan dicetak.

Jenis jurnal yang kedua adalah jurnal online. Jurnal online adalah sebuah tulisan atau makalah yang tidak dicetak melainkan diterbitkan di laman internet atau online. Jurnal online juga harus diakses menggunakan jaringan internet.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

1. APA Style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association, gaya penulisan ini biasanya digunakan dalam bidang psikologi, filsafat, ilmu safar, linguistik, antropologi, artificial intelligence atau kecerdasan buatan, akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pendidikan, politik, sejadah, dan sosiologi.

Format APA Style:

Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada).

- Contoh penulisan untuk satu penulis:

Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

- Contoh penulisan untuk dua atau tiga penulis:

Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balinese spatial orientation. Journal of Royal Anthropological Institute, 4, 689-731.

- Contoh penulisan untuk lebih dari tujuh penulis

Yonkers, K. A., Ramin, S. M., Rush, A. J., Navarrete, C. A., Carmody, T., March, D., . . . Leveno, K. J. (2001). Onset and persistence of postpartum depression in an inner-city maternal health clinic system. American Journal of Psychiatry, 158(11), 1856-1863. doi:10.1176/appi.ajp.158.11.1856

- Contoh penulisan dari online atau internet dengan doi

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

- Contoh penulisan dari online atau internet tanpa doi

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age" of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 44(6), 889-915. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(issn)14678535;jsessionid=956132f3de76eeb120577e99ee74ce9c.f04t01.

2. MLA Style

MLA style atau Modern Language Association dibuat sangat sederhana dan cukup mudah bila dibandingkan gaya penulisan daftar pustaka lainnya. Gaya MLA biasanya digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka pada bidang seni, bahasa, sastra, bidang agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu alamiah dasar, dan ilmu budaya dasar.

Format MLA Style:

Nama akhir, Nama awal."Judul artikel". Nama jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi):Media.

- Contoh penulisan untuk satu penulis:

Jonathan, Karim. “Beyond Growth: Library and Development." Annals of Library Research 40. 5 (2015): 1111‐1130. Print.

- Contoh penulisan untuk dua atau tiga penulis:

Smith, John, Jane Doe, and Bob Anderson. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

- Contoh penulisan untuk lebih dari 3 penulis:

Smith, John, et al. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

- Contoh penulisan dari online atau internet

Jobe, Karen D. “Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon.” Kairos 5.2 (2000): n. pag. Web. 23 Mar. 2005

SHARE ARTIKEL