Arti Kontribusi dan Contohnya

 19 Oct 2019  Bima P

Arti Kontribusi dan Contohnya

kontribusi dalam tim - Image from roberthalf.com

Apa sih arti kontribusi? Dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat, ataupun lingkungan kerja, kontribusi termasuk salah satu peranan penting dalam bersosialisasi.

Selain membantu mewujudkan lingkungan sosial yang sehat, kontribusi juga terbukti dapat membantu untuk mencapai suatu tujuan.

Dengan sama-sama berusaha untuk saling berkontribusi, kecemburuan sosial dapat ditekan, ini karena dengan kontribusi dapat menimbulkan rasa seperjuangan dalam suatu lingkungan sosial.

Namun penjabaran di atas hanyalah sebuah penjelasan secara umum, lalu apa arti kontribusi itu sendiri? Mengapa kontribusi dirasa sangat penting dalam lingkungan sosial?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian kontribusi. Mari kita simak penjelasan sebagai berikut.

Arti Kontribusi

Kontribusi adalah sumbangan. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh KBBI yang memberikan arti kontribusi sebagai sumbangan, secara langsung definisi ini bisa diberi makna sebagai apa yang bisa diberikan secara nyata, umumnya kepada bangsa dan negara.

Kontribusi yang diberikan bisa mencangkup masyarakat, pemuda, di dalam melakukan pemberdayaan dalam masyarakat. Bidang pendidikan adalah salah satu bidang yang sangat penting untuk diisi dengan kontribusi dari masyarakat. Dimana pendidikan saat ini, para pengajarnya masih didominasi generasi 60–70an. 

Padahal di zaman yang modern seperti sekarang, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi sangat pesat.

Hal ini menyebabkan para pengajar saat ini tidak memiliki kecakapan penggunaan iptek terbarukan dan informasi aktual atau biasa dikenal dengan istilah kolot. 

Hal demikian perlu dibenahi agar kita tidak kalah bersaing dengan bangsa lain. Oleh karena itu, pemuda harus mengambil peran menyelesaikan permasalahan ini.

Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli

Dany H. (2006 )

Kontribusi dalam pemahamannya, definisi kontribusi adalah suatu bentuk sumbangan berupa material (uang) yang bisa sokongan atau sumbangan. Sumbangan ini bisa dilakukan dengan kolektif seperti yang dilakukan dalam salah satu situs KitaBisa yang dikumpulkan dalam pembangunan masyarakat.

Yandianto (2000)

Makna kontribusi adalah kumpulan adanya uang iuran yang di dapatkan dari anggota atau masyarakat yang bentuknya sumbangan. Sumbangan ini kemudian dikelola dan diharapkan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam masyarakat itu sendiri.

T. Guritno (2000)

Menurut T. Guritno, kontribusi adalah sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Hal yang dibutuhkan ini bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkenal bencana.

Dari pengertian kontribusi yang disampaikan jika dikaitkan dengan adanya tahun 2045, dimana Indonesia akan mendapat bonus demografi yang jumlah usia kerja (15 – 64 tahun) sangat tinggi sekitar 65% dari total populasi tentunya banyak hal yang bisa dilakukan untuk berkontribusi terhadap hal-hal yang memang bisa menuntaskan berbagai masalah pelik, seperti korupsi yang semakin merajalela, kemiskinan, kualitas pendidikan yang rendah, serta permasalahan sosial seperti contoh konflik sosial horizontal antar masyarakat, peredaran narkoba, kekerasan sosial, dan berbagai bentuk kriminalitas lainnya.

Baca Juga :
1. Manfaat Gotong Royong Lengkap dengan Gambar Gotong Royong
2. Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan Sosial

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu pembenahan di berbagai bidang, oleh karena itu kontribusi dalam kebaikan sangatlah diperlukan.

Pengertian Kontribusi dalam 4 Kategori

  • Secara umum Kontribusi adalah dikenakan atau diperlukan pembayaran.
  • Dalam bidang Accounting Kontribusi adalah : Jumlah yang tersisa setelah (variabel) langsung biaya dikurangkan dari pendapatan penjualan. Memiliki istilah lain yang disebut pendapatan kotor, jumlah ini membayar langsung biaya (tetap) dan memberikan kontribusi untuk laba bersih.
  • Dalam bidang Asuransi Kontribusi adalah berbagi Proporsional kerugian oleh perusahaan asuransi ketika lebih dari satu kebijakan yang diambil oleh yang bertanggung jawab untuk bahaya yang sama. Berdasarkan kontrak ganti rugi, ter-tanggung tidak dapat keuntungan dari nya kerugian terlepas dari jumlah kebijakan.
  • Dari segi Hukum Kontribusi adalah Hak debitur bersama (atau pelaku kerugian bersama) yang membayar seluruhnya utang (atau kewajiban) untuk pulih dari debitur lainnya bersama (atau kerugian bersama) saham masing-masing dari utang (atau kewajiban).

Manfaat Kontribusi

  • Memperkuat integrasi sosial masyarakat​
  • Membantu masyarakat yang kekurangan
  • Mendorong masyarakat untuk bisa melakukan terobosan-terobosan baru dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya
  • Menumbuhkan sikap kepedulian dalam kehidupan masyarakat.

Di atas adalah penjelasan tentang pengertian dari kontribusi. Semoga dengan artikel ini anda menjadi lebih paham tentang pentingnya kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.