Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan Sosial

 24 Dec 2018  anisa nurfadila
Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan Sosial

manfaat gotong royong via majalahlangitan.com

Gotong royong adalah bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Namun, di kota besar sudah jarang ditemua adanya gotong royong. Padahal manfaat gotong royong ini banyak sekali. Yuk simak selengkapnya!

Nilai-nilai Pancasila sesungguhnya telah ada dalam kehidupan bangsa Indonesia yang beragam. Contohnya adalah gotong royong.

Budaya gotong royong dapat memberikan manfaat bagi kehidupan bermasyarakat dan berwarga negar. Gotong royong merupakan kegiatan yang di lakukan bersama-sama untuk menyelesaikan sebuah masalah. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain.

Nilai-nilai Pancasila sesungguhnya telah ada dalam kehidupan bangsa Indonesia yang beragam. Sebuah nilai yang menunjukkan adanya perilaku dan sikap kerukunan serta kerja sama dalam masyarakat yang beragam, yaitu hidup gotong royong.

Istilah gotong royong berasal dari bahasa Jawa. Gotong berarti memikul atau mengangkat, sedangkan royong berarti bersama-sama. Gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama.

Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia khususnya, sebagaimana yang tertuang dalam pancasila yaitu sila ke- 3 “Persatuan Indonesia”. Perilaku gotong royong yang telah dimiliki Bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Gotong royong merupakan keperibadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Gotong royong saat kini sudah sulit ditemui pada kota besar yang biasanya masyarakat mulai mementingkan hanya kepentingan pribadi. Sifat gotong royong akan terasa lebih hidup pada daerah pedesaan, dimana warganya akan secara saling membantu satu sama lain dan peduli bukan hanya kepada diri sendiri dan tanpa dibayar. Ciri-ciri gotong royong antara lain sebagai berikut :

  • Bertujuan untuk mensejahterakan seluruh anggota
  • Mengganggap masalah merupakan sebuah tanggungan bersama
  • Menyelesaikan suatu tantangan secara bersama
  • Memiliki rasa peduli terhadap orang lain
  • Terlihat jelas pada daerah pedesaan, daripada perkotaan

Nilai-Nilai Dalam Gotong Royong

Jika dilihat sekilas, gotong royong tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya tersebut, gotong royong menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain:

1. Kebersamaan

Gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama.

2. Persatuan

Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul.

3. Rela berkorban

Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama.

4. Tolong menolong

Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain.

5. Sosialisasi

Di era modern, kehidupan masyarakat cenderung individualis. Gotong royong dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. Gotong royong membuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya.

Manfaat Gotong Royong

Gotong royong merupakan budaya masyarakat yang akan memberikan banyak sekali keuntungan. Manfaat gotong royong tersebut antara lain:

1. Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung

Manfaat gotong royong yang pertama berguna untuk meringankan beban pekerjaan ynag harus ditanggung. Semakin banyak orang yang terlibat dalam usaha membangun atau membersihkan suatu lingkungan, maka akan semakin ringan pekerjaan dari masing-masing individu yang terlibat di dalamnya.

Selain meringankan pekerjaan yang harus ditanggung oleh masing-masing individu, gotong royong juga membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih cepat untuk diselesaikan. Artinya, gotong royong dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gotong royong memiliki nilai-nilai yang menjadikan gotong royong menjadi budaya yang sangat baik untuk dipelihara. Gotong royong dapat menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat.

Masyarakat yang mau melakukan gotong royong akan lebih peduli pada orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka rela untuk saling berbagi dan tolong menolong. Masyarakat juga dapat lebih “guyup” karena gotong royong menjaga kebersamaan dan kekeluargaan antar sesama anggota yang ada di masyarakat.

3. Menjalin dan membina hubungan sosial yang baik dan harmonis antarwarga masyarakat

Lingkungan yang harmonis akan menyehatkan masyarakatnya. Ketika ada satu anggota masyarakat yang kesulitan, maka anggota masyarakat lain akan sigap memberikan pertolongan. Hubungan sosial yang baik dan harmonis seperti ini dapat dibangun jika masyarakat mau malakukan kegiatan gotong royong.

Gotong royong dapat menumbuhkan hubungan sosial yang baik pada masyarakat. Sebagai akibatnya, hubungan antaranggota masyarakat pun akan semakin harmonis.

4. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional                         

Dalam skala yang lebih besar, gotong royong dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional. Masyarakat yang sudah solid di tingkat RT atau RW akan mampu menjalin persatuan yang lebih besar lagi dalam skala nasional. Gotong royong mampu menyadarkan masyarakat jika kita semua berada di tanah air yang sama, sehingga sikap persatuan dan kesatuan yang ada juga harus diwujudkan dari Sabang sampai Merauke, yakni pada seluruh daerah di Indonesia.

Manfaat Gotong royong bagi masyarakat adalah dapat mengembangkan atau menciptakan rasa kebersamaan antar masyarakat yang dilakukan secara sukarela tanpa adanya jaminan berupa upah atau pembayaran dalam bentuk lainnya, sehingga gotong-royong ini tidak selamanya perlu dibentuk kepanitiaan secara resmi melainkan cukup adanya pemberitahuan pada warga komunitas mengenai kegiatan dan waktu pelaksanaannya, kemudian pekerjaan dilaksanakan setelah selesai bubar dengan sendirinya.

Keuntungan dari manfaat gotong royong

  • Pekerjaan menjadi mudah dan ringan dibandingkan apabila dilakukan secara perorangan;
  • Dapat memperkuat dan mempererat hubungan antar warga masyarakat di mana mereka berada bahkan dengan kerabatnya yang telah bertempat tinggal di tempat lain,
  • Dapat menyatukan seluruh warga Masyarakat yang terlibat di dalamnya.
  • Gotong-royong dapat dilakukan untuk meringankan pekerjaan di lahan pertanian,
  • Dapat meringankan pekerjaan di dalam acara yang berhubungan dengan pesta yang dilakukan salah satu warga masyarakat,
  • Serta bahu membahu dalam membuat dan menyediakan kebutuhan bersama

Begitu banyak manfaat gotong royong yang bisa kita rasakan. Sebagai individu, akan menumbuhkan banyak nilai-nilai positif yang nanti akan berkembang ke individu-individu lainnya, lalu ke masyarakat, hingga ke skala yang besar “negara”.

Bagi masyarakat akan terjalin persatuan dan kesatuan yang kuat sehingga tak mudah dipatahkan atau goyah dari gempuran pihak lain. Inilah yang menjadikan cikal bakal dari pandangan hidup bangsa Indonesia yang termaktub dalam Pancasila.

Tanpa melihat latar belakang seseorang, agama, suku, maupun rasnya. Sejatinya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang bergotong royong. Bukan bangsa yang hanya mendasarkan pada kepentingan sekelompok atau golongan orang tertentu saja.

KOMENTAR