Cek No BPOM Untuk Menghindari Produk Berbahaya

31 Jan 2020  Bima P

Cek No BPOM Untuk Menghindari Produk Berbahaya

Cek bpom - Image from nusantaranews.co

Jika Anda pernah memiliki pengalaman buruk dengan produk makanan, kosmetik atau bahkan produk obat-obatan, bisa jadi Anda mungkin kurang berhati-hati dalam melakukan pengecekan terhadap produk yang Anda gunakan.

Di Indonesia sendiri, terdapat sebuah badan yang bertugas untuk mengawasi peredaran segala bentuk produk makanan, kosmetik dan obat-obatan. Badan tersebut merupakan BPOM atau singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Setiap produk yang beredar akan diawasi oleh BPOM dan jika telah lolos uji, produk tersebut akan mendapat kode dari BPOM yang menandakan produk tersebut layak untuk beredar.

Dengan kode tersebut, Anda dapat cek BPOM di setiap produk yang ingin Anda gunakan atau konsumsi. Untuk lebih detailnya, mari kita simak penjabaran di bawah ini.

Cara Cek Produk BPOM

Cek no BPOM akan membantu Anda untuk terhindar dari produk ilegal yang beredar di Indonesia. Anda tentu tidak ingin produk yang Anda gunakan ternyata produk ilegal yang berpotensi membahayakan diri Anda sendiri.

Untuk itu Anda harus melakukan BPOM cek jika ingin menggunakan atau mengkonsumsi sebuah produk. Apalagi produk tersebut merupakan sebuah produk baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

Tidak hanya makanan dan obat-obatan, cek BPOM kosmetik juga perlu dilakukan khususnya bagi kaum hawa agar terhindar dari produk berbahaya yang dapat merusak tubuh dan juga wajah.

Lalu bagaimana cara untuk cek BPOM agar terhindar dari produk ilegal? Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara terhindar dari produk berbahaya dengan cek no BPOM di kemasan produk

Cek No BPOM Untuk Menghindari Produk Berbahaya

Hindari produk berbahaya dengan cek no bpom - Image from bukalapak.com

Cara terhindar dari produk berbahaya yang pertama adalah dengan cek no BPOM di kemasan produk yang ingin Anda beli atau gunakan. 

Seperti yang kami jelaskan di atas, produk yang sudah lolos uji dari BPOM akan mendapat kode atau No BPOM di kemasan produk.

Kode BPOM ini dapat anda temukan di bagian belakang atau bawah sebuah produk. Patokan dari kode BPOM ini adalah berupa 2 huruf dan 11 angka.

Jika produk yang Anda gunakan tidak menggunakan aturan di atas, atau memiliki jumlah digit yang kurang dari patokan di atas, atau bahkan tidak memiliki kode sama sekali, maka Anda patut curiga akan kelayakan dari produk tersebut.

Cara cek BPOM melalui situs resmi BPOM

Jika di atas Anda hanya memastikan kelayakan produk dari melihat kode BPOM nya saja, maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan kode produk tersebut di situs resmi BPOM.

Cara ini adalah cara terbaik untuk memastikan apakah produk tersebut sudah lolos uji dari BPOM. Karena jika memang produk tersebut telah lulus uji, produk tersebut akan otomatis terdaftar di database BPOM dan akan tampil saat Anda cek. Berikut langkah mengecek BPOM melalui situs resmi BPOM:

1. Pertama buka terlebih dahulu situs resmi cek BPOM di tautan berikut [DISINI].

2. Jika sudah terbuka, Anda kemudian akan disuguhkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

3. Di halaman awal ini, terdapat sebuah statistik produk yang telah mendapat ijin edar oleh BPOM. 

Produk tersebut merupakan produk paling terbaru mulai dari produk yang beredar 7 hari terakhir, 1 bulan terakhir, dan bahkan 1 tahun terakhir.

Cek No BPOM Untuk Menghindari Produk Berbahaya

Cek produk BPOM 1 - Image from bukalapak.com

4. Langkah cek BPOM selanjutnya adalah dengan memasukkan kode BPOM produk yang ingin Anda cek pada kolom pengecekan di situs BPOM.

5. Anda dapat langsung mengecek produk disini. Pertama pilih terlebih dahulu kategori pencarian, disini akan kami coba dengan kategori nomor registrasi atau kode BPOM.

6. Selanjutnya masukkan kode BPOM di kolom pengecekan dan terakhir klik pada tombol Cari.

Cek No BPOM Untuk Menghindari Produk Berbahaya

Cek produk BPOM 2 - Image from bukalapak.com

7. Kemudian Anda akan ditampilkan sebuah data mengenai produk yang kodenya sudah Anda inputkan tadi.

8. Disini tersedia informasi lengkap tentang produk tersebut. Termasuk informasi seperti nama dan jenis produk hingga produsen yang memproduksi produk.

Cek No BPOM Untuk Menghindari Produk Berbahaya

Cek produk BPOM 3 - Image from bukalapak.com

Jika dengan cara di atas produk yang kodenya Anda inputkan tidak tampil, berarti besar kemungkinan bahwa produk tersebut tidak lolos uji dari BPOM. Hindari produk tersebut dan cari produk lain yang memang terdaftar di BPOM.

Baca Juga:

Jika produk yang ingin Anda cek bahkan tidak memiliki kode BPOM, maka patut Anda curigai bahwa produk tersebut palsu dan tidak akan diuji oleh BPOM sejak awal.

Penjelasan kode BPOM

Kode BPOM yang memiliki patokan berupa 2 huruf dan 11 angka, ternyata memiliki arti tersendiri. Berikut adalah penjelasan dari no BPOM yang ada pada kemasan produk:

  • CA = Kosmetik dengan tanda notifikasi
  • NA = Kosmetik atau obat yang dijual secara online
  • SD = Suplemen produksi dalam negeri
  • SI = Suplemen Impor
  • CD = Kosmetik dalam negeri
  • CL = Kosmetik impor
  • TR = Obat tradisional produksi dalam negeri
  • TI = Obat tradisional Import
  • MD = Makanan produksi dalam negeri
  • ML = Makanan impor

Cara baca no BPOM

Jika sebelumnya adalah penjelasan dari no BPOM, maka selanjutnya kami akan memberikan cara membaca dari no BPOM yang tertera di produk. Simak penjelasan di bawah ini:

Baca Juga:

Contoh 1: cara membaca kode bpom : MD335502622003

MD = Merk makanan produksi dalam negeri
3 = Jenis kemasan (kodenya dari nomor 1-9)
355 = Kode jenis pangan (ada ratusan kode pangan)
02 = Kode urut Provinsi
622 = Kode urut produk dari pabrik tersebut
003 = Kode urut pabrik dari Provinsi tersebut

Contoh 2: cara membaca kode bpom: TR0907035

TR = Menunjukkan kode obat tradisional dalam negeri
09 = Menunjukkan tahun pembuatan
07 = Menunjukkan bulan pembuatan
03 = Menunjukkan produksi ke berapa pada bulan tersebut
5 = Menunjukkan jumlah produksi (dalam ribuan) pada bets yang bersangkutan.

Itulah cara cek produk BPOM yang bisa Anda terapkan. Dengan cara ini, Anda dapat lebih waspada dan berhati-hati sebelum menggunakan suatu produk. Jangan sampai hanya karena harga produk tersebut murah namun tidak memiliki no BPOM, Anda membahayakan diri anda sendiri. Semoga bermanfaat.

teknologi
cek no bpom
cek produk bpom
cek bpom
cek bpom kosmetik
bpom cek

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa