Informasi dan Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2019 Online

 04 Jul 2019  Taufiq Firmansah
Informasi dan Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2019 Online

Pendaftaran sbmptn 2019 - image from youtube.com

Kali ini wajibbaca.com akan berbagi informasi lengkap terkait alur dan tata cara pendaftaran SBMPTN 2019 mulai dari syarat dan cara pendaftarannya.

Informasi ini ditujukan bagi peserta SBMPTN yang akan segera mengikuti pendaftaran SBMPTN 2019 online. Banyak juga yang bertanya pendaftaran SBMPTN 2019 kapan dibuka?

Pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada awal hingga akhir bulan juni 2019

Seperti yang sudah anda pahami, cara pendaftaran SBMPTN 2019 berbeda disetiap tahunnya. Syarat yang dibuat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan tinggi calon peserta harus mengikuti tes. Sehingga ada juga yang bertanya pendaftaran SBMPTN 2019 bayar atau tidak?

Berdasarkan informasi resmi di situs SBMPTN, pendaftaran SBMPTN 2019 itu gratis.

Adapun tata cara pendaftaran SBMPTN 2019 serta persyaratan yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut :

Syarat pendaftaran SBMPTN 2019

Ada 8 syarat yang harus dipenuhi pendaftar SBMPTN 2019 sesuai berdasarkan informasi yang diberikan resmi di situs SBMPTN, berikut ini : 
  1. Peserta haruslah siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 yang sudah menerima ijazah
  2. Untuk siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2019, yang belum menerima ijazah setidaknya mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, setidaknya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan, dan sudah dilegalisir
  3. Peserta haruslah memiliki nilai UTBK
  4. Peserta harus sehat jasmani atau memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak menghalangi proses studi.
  5. Peserta mempunyai NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  6. Untuk peserta yang mengambil studi olahraga dan seni budaya harus menyediakan portofolio. Portofolio yang dimaksud bisa dilihat di situs resmi SBMPTN
  7. Administrasi UTK ditanggung peserta dan subsidi dari pemerintah
  8. Peserta sudah dinyatakan tidak lulus SNMPTN

Tata cara pendaftaran SBMPTN 2019

Sesudah kamu memenuhi syarat diatas, maka kamu bisa untuk mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN 2019 dengan tata cara berikut ini :

  1. Pendaftaran SBMTN 2019 online dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/
  2. Peserta  harus mengisi biodatadan informasi (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019)
  3. Pemilihan PTN dan program studi, peserta hanya boleh memilih paling banyak dua PTN dan  dua program studi
  4. Khusus bagi peserta yang mengambil di program studi bidang seni dan olahraga, wajib untuk mengunggah portofolio yang sudah disampaikan pada syarat diatas. Berikut jenisnya terbagi menjadi sembilan, yaitu portofolio olahraga, tari, teater, musik, seni karawitan, etnomusikologi, fotografi, film dan televisi, serta seni rupa, desain, dan kriya.

Baca Juga:

Program studi ketentuan jumlah yang harus dipilih

PTN memiliki dua kelompok program studi peserta memilih sesuai keinginannya namun ada batas pemilihan, yaitu kelompok Saintek dan Soshum. Jumlah maksimal atau paling banyak adalah dua program studi saja, dengan berbagai ketentuannya sebagai berikut ini:

  1. Bilamana peserta memilih program studi kelompok Saintek, peserta harus mengikuti kelompok ujian Saintek
  2. Bilamana peserta memilih program studi kelompok Soshum, peserta harus mengikuti kelompok ujian Soshum
  3. Bilamana peserta memilih program studi kelompok Saintek dan Soshum, peserta harus mengikuti kelompok ujian Saintek dan kelompok ujian Soshum.

Perhatian, jangan sampai salah!!! Pikirkan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan kamu, peserta diharuskan teliti saat memasukkan urutan dalam pemilihan program studi, karena urutan itu menyatakan prioritas pilihan.

Itulah informasi mengenai pendaftaran SBMPTN 2019, tentukan pilihanmu jangan sampai salah, Mudah-mudahan kamu bisa mendapatkan hasil terbaik sesuai keinginan yang kamu pilih. Bila kabar buruk yang kamu terima jangan patah semangat dan pesimis masih banyak jalan yang lain yang sudah disiapkan Allah Swt, yang terbaik untukmu.