13 Penyebab Kanker Usus Besar yang Mematikan

Komentar
Awas, 13 Penyebab Kanker Usus Besar yang Wajib Diketahui
Penyebab kanker usus - image from goldokter.com

Ada begitu banyak jenis kanker yang dialami manusia di era modern saat ini, salah satunya adalah kanker usus besar. Kanker usus besar adalah tumor ganas di usus besar. Gejala yang paling umum dari kanker usus besar adalah buang air besar (BAB) berdarah. Penyakit ini sering kali berawal dari tumor jinak yang disebut polip.

Ada banyak sekali penyebab kanker usus besar yang belum diketahui oleh masyarakat, sehingga masih banyak orang yang melakukan pola hidup tak sehat penuh resiko.

Sebagian besar kanker usus besar stadium awal memang tidak menunjukkan gejala yang begitu berarti. Karena gejala kanker usus besar stadium awal kurang disadari dan sering diabaikan, akibatnya banyak orang yang gagal mendapatkan diagnosis sejak dini, sehingga kankernya mungkin sudah terlanjur menyebar dan terlambat diobati.

Tahukah Anda, kanker usus besar merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di Indonesia. Menurut WHO, pada tahun 2012 diperkirakan sebanyak 694 masyarakat Indonesia meninggal akibat kanker usus besar. Padahal dengan menganstisipasi setiap faktor resiko penyebab kanker di usus besar akan menyelamatkan kita dari bahaya penyakit tersebut.

Meski penyebabnya belum diketahui dengan jelas, pada kesempatan ini wajibbaca.com akan membahas apa penyebab kanker usus besar yang jarang diketahui. Berikut ulasan lengkapnya;

13 Penyebab Kanker Usus Besar

image from tribunnews.com

1. Faktor Usia

Usia adalah faktor utama yang mendukung terjadinya kanker usus besar. Faktor usia tidak langsung menyebabkan penyakit kanker usus, namun lebih dari 81 % kasus kanker usus terjadi pada orang yang berusia di atas 45 tahun. Lebih lanjut, penyakit ini sangat rentan menyerang orang berusia antara 65 sampai 84 tahun.


2. Mengkonsumsi Alkohol

Salah satu penyebab kanker usus adalah sering mengkonsumsi alkohol. Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker kolorektal. Jadi sebaiknya hindari minuman beralkohol atau makanan yang berisi kandungan alkohol.

Menurut "The American Cancer Society" menyatakan bahwa, alkohol merupakan faktor penyebab kanker usus besar dan kanker lainnya, seperti kanker hati, kanker payudara, dan kanker mulut. Semakin banyak jumlah alkohol yang dikonsumsi, maka semakin besar risiko terkena kanker usus besar.

3. Diabetes

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa ketergantungan insulin berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus besar. Oleh karena itu, sebanyak 40% penderita diabetes lebih berisiko terkena kanker usus besar.


4. Makanan Tinggi Lemak

Makanan penyebab kanker usus besar adalah makanan yang tinggi lemak dan kolesterol, terutama yang bersumber dari hewani, menyebabkan Anda lebih berisiko terkena penyakit tersebut. Makan makanan rendah serat juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus.

Makanan tersebut dapat mengubah sel normal menjadi sel stem yang kemudian berpotensi berubah menjadi tumor. Maka dari itu, mulailah untuk menerapakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

5. Faktor Genetik

Penelitian telah menunjukkan bahwa faktor genetik adalah satu dari empat penyebab kanker usus besar yang utama. Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 25% dari kasus kanker usus besar memiliki semacam kaitan genetik. Penyebab turun temurun yang paling sering terjadi antara lain, mutasi genetik yang terkait dengan pengembangan FAP (familial adenomatous polyposis) dan HNPCC (hereditary non-polyposis colorectal cancer).

6. Penyakit Radang Usus

Penyakit radang usus, sering ditandai dengan kondisi seperti ulcerative colitis dan penyakit Chron, yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker kolorektal. Itulah sebabnya, semakin lama seseorang menderita penyakit radang usus, maka semakin besar risiko terkena penyakit kanker usus besar. Maka dari itu, segera atasi penyakit ini jika Anda mengalaminya.

7. Merokok

Perilaku satu ini sudah sudah dikenal sebagai penyebab berbagai kanker termasuk kanker usus besar. Hal tersebut dikarenakan, merokok dengan jangka waktu yang lama dapat mempercepat pertumbuhan polip dan bersifat karsinogen (zat penyebab kanker) terhadap lapisan mukosa usus besar.

Semakin lama Anda merokok, maka semakin besar risiko terkena kanker usus besar. Meski tidak mudah untuk berhenti merokok, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sama sekali. Kuncinya adalah niat dan konsistensi.

8. Daging Merah

Pola makan yang buruk bisa jadi penyebab seseorang terkena kanker usus besar. Pola makan ini termasuk konsumsi makanan berlemak seperti daging merah (misalnya daging sapi, domba, hot dog) dan daging olahan secara berlebihan. Menggoreng, memanggang, atau metode memasak daging lainnya dengan suhu yang sangat tinggi akan menghasilkan bahan kimia yang juga menjadi faktor resiko penyebab kanker usus besar.

9. Paparan Radiasi

Apakah radiasi dapat memengaruhi kanker usus besar? Jawabannya adalah iya. Menurut " Komisi Regulasi Nuklir AS " menyatakan bahwa radiasi dapat menimbulkan beberapa risiko penyebab kanker usus besar dan efek hereditas. Semakin tinggi untuk paparan radiasi, maka semakin tinggi pula risiko Anda terkena kanker tersebut.

10. Riwayat Keluarga

Resiko tersebut meningkat hingga tiga kali lipat apabila keluarga yang menderita kanker usus besar adalah keluarga dekat, seperti orang tua, anak, dan saudara kandung. Selain itu, risiko yang dimiliki seseorang akan lebih tinggi jika salah satu anggota keluarga pernah mengalami kanker usus besar di bawah usia 45 tahun. Kondisi kanker dapat diturunkan di dalam salah satu keluarga karena faktor genetik atau terpengaruh faktor lingkungan atau interaksi antar keduanya.

Baca Juga:

11. Etnis dan Ras

Etnis dan ras juga merupakan faktor yang paling sering menjadi salah satu faktor penyebab kanker usus besar. Orang Afrika memiliki risiko 40% lebih besar terkena dibandingkan orang kulit putih dan juga memiliki risiko kematian lebih tinggi, yaitu sebesar 20%. Sebaliknya, orang Asia diketahui berisiko lebih rendah jika dibandingkan dengan etnis lainnya.

12. Obesitas

Penyebab kanker usus besar selanjutnya adalah obesitas atau kegemukan. Orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) memiliki risiko 30% lebih besar terkena penyakit kanker usus besar daripada orang dengan berat badan normal.

Risiko terkena kanker karena kegemukan lebih besar ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan. Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan perbanyak aktivitas fisik dan memerhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

13. Polip Prakanker

Polip usus besar adalah gumpalan berukuran kecil dari sel yang terbentuk pada lapisan permukaan usus besar. Sebagian besar kanker usus besar berkembang dari polip non-kanker tersebut yang memiliki struktur mirip dengan jaringan normal, namun seiring berkembangnya polip tersebut menjadi ganas dan berbahaya.

Demikianlah ulasan tentang beberapa penyebab kanker usus yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.
Top