10 Manfaat Air Mawar Dan Cara Membuatnya Untuk Membuat Kulit Wajah Cerah

Komentar
10 Manfaat Air Mawar Beserta Cara Membuatnya Untuk Dapatkan Kulit Wajah Cerah dan Sehat
manfaat air mawar image from hellosehat.com

Siapa yang tidak kenal bunga mawar? Tentu semua orang sudah pasti mengenal bunga yang satu ini. Bunga mawar memang sering digunakan sebagai bunga lambang cinta. Namun, siapa sangka jika bunga yang memiliki wangi mewah dan feminim ini memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Maka tidak heran banyak produk kecantikan yang memanfaatkan bunga ini untuk sebagai bahan utama dalam produk kecantikan. Salah satu yang sudah sangat populer adalah air mawar. Ya, air mawar sebagai salah satu perawatan kecantikan memang sudah ada sejak dulu. Manfaat air mawar untuk kecantikan sudah sangat populer dikalangan para wanita untuk dijadikan perawatan kulit wajah.

Air mawar dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar. Nah, maka dari itu  manfaat air mawar bagi kulit dapat memberikan efek relaksasi karena mengandung bahan antiseptik dan antibakteri.

Bahkan Cleopatra dari Kekaisaran Romawi diyakini menggunakannya sebagai bagian dari rutinitas kecantikannya. Manfaat air mawar untuk wajah dapat melembutkan kulit wajah dan membuat wajah menjadi cerah dan sehat. Sifat dari air mawar sendiri yang anti inflamasi juga akan meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit Anda. Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E. 
Berikut adalah langkah yang harus diikuti untuk membuat air mawar di rumah:

Resep Membuat Air Mawar Praktis di Rumah

Bahan:

  • 150 gram kelopak mawar segar organik, cukup satu jenis mawar
  • 500 ml air


Cara membuat:

  • Bersihkan kelopak mawar agar bersih dari segala kotoran.
  • Simpan kelopak mawar dalam sebuah panci, campurkan dengan air.
  • Rebus bunga mawar dalam panci yang ditutup rapat selama kurang lebih 20 menit. Gunakan api kecil.
  • Angkat panci, saring air mawar dan masukkan ke dalam wadah yang memiliki tutup seperti toples. Diamkan beberapa saat hingga susu menurun, baru kemudian tutup toples.
  • Air mawar siap untuk digunakan.

Banyak sekali manfaat air mawar bagi kulit wajah dan kecantikan. Ingin tahu ulasan lengkap tentang apa manfaat air mawar? Mari kita simak 10 manfaat air mawar untuk dapatkan kulit wajah cerah dan sehat berikut ini;

10 Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan


image from pinterest.com

1. Membersihkan Make Up

Manfaat air mawar yang pertama yaitu dapat menghapus dan membersihkan sisa make up secara alami dan efektif. Melansir Bold Sky, air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial mengandung antioksidan yang bisa menyingkirkan radikal bebas pada kulit. Membersihkan make up adalah cara untuk menghindari menumpuknya berbagai bakteri dan kotoran pada wajah yang dapat menyebabkan berbagai masalah wajah.

2. Mengobati Jerawat

Manfaat air mawar juga dapat mengobati dan mencegah timbulnya jerawat. Air mawar memiliki kandungan antibakter sehingga mampu menjadi produk perawatan kulit natural untuk mengatasi jerawat. Antiseptik yang terkandung di dalam air mawar bermanfaat untuk menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Menariknya lagi, khasiat air yang satu ini juga bisa menyamarkan noda-noda pada wajah. 

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Air mawar yang memiliki kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Maka dari itu manfaat air mawar dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

4. Menyegarkan Kulit

Air mawar yang biasanya digunakan untuk relaksasi dapat mengembalikan kesegaran kulit. Air mawar membantu menjaga kulit  tetap terhidrasi, dengan membawa botol semprot berisi air mawar di tas kalian adalah cara terbaik untuk memastikan kulit terasa segar sepanjang hari.

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air mawar juga dipercaya dapat membantu mencegah penuaan dini. Air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah penuaan kulit, kusam, dan kering. Nutrisi pada air mawar yang meresap ke dalam kulit, mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.


6. Mengobati Peradangan Pada Kulit

Minyak dalam bunga mawar mengandung sifat anti inflamasi untuk mengobati kulit iritasi dan meradang. Air mawar cukup ampuh meredakan kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya. Selain itu, air bunga mawar ini juga bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang yang menyebabkan komedo.

7. Toner Wajah Alami

Manfaat air mawar yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar yaitu sebagai toner wajah alami. Penggunaan toner bertujuan untuk membersihkan wajah lebih bersih dan sebagai lapisan perlindungan selanjutnya bagi kulit. Air mawar sering digunakan sebagai toner atau pembersih wajah yang bisa memberikan efek menyegarkan di kulit wajah dan dapat membunuh bakteri.

Baca Juga:

8. Menjaga Keseimbangan pH Kulit

pH kulit menjadi salah satu yang paling menentukan untuk mengetahui keadaan kulit wajah seseorang. pH kulit kita berada di antara kisaran 4,5 hingga 6,2 dan membuatnya menjadi sedikit asam karena penggunaan sabun dan pembersih wajah yang berlebihan. Dengan tingkat pH 5,5, air mawar dapat membantu menyeimbangkan gangguan yang ada dengan membawa tingkat pH kulit kita kembali normal.

9. Mengurangi Bengkak di Bagian Bawah Mata

Sifat anti-inflamasi dan pendinginan air mawar tidak hanya membuat kulit terasa segar tetapi juga dapat mengatasi bengkak, terutama di bawah mata. Manfaat air mawar juga dapat melembapkan area di bawah mata sekaligus membuatnya tetap terhidrasi. 
Dengan hanya menempatkan dua buah kapas yang penuh dengan air mawar dingin di atas mata, kalian dapat mengatasi bengkak yang ada dalam beberapa menit.


10. Mengobati Kulit Terbakar

Air mawar memiliki sifat dingin yang membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar. Manfaat air mawar juga dapat membantu menenangkan kulit sambil mempercepat proses penyembuhan. Air mawar yang disimpan dalam lemari es dapat memberikan sensasi dingin yang nyaman bagi mereka yang terbakar sinar matahari.

Demikianlah artikel tentang 10 manfaat air mawar beserta cara membuatnya untuk dapatkan kulit wajah cerah dan sehat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Top