Rekomendasi Dokter, 15 Makanan Penambah Berat Badan

 18 Jun 2019  Vernandhea
Rekomendasi Dokter, 15 Makanan Penambah Berat Badan

image from hellosehat.com

Memiliki tubuh kurus dan kurang berat badan pasti akan sangat mengurangi rasa percaya diri. Memiliki tubuh dan berat badan yang ideal pasti merupakan dambaan semua orang. Mungkin kamu pernah merasakan kalau menambah berat badan ternyata sama sulitnya dengan mengurangi berat badan.

Agar berat badan dapat bertambah, kamu bisa mencoba makanan penambah berat badan alami yang dapat menaikkan berat badan agar menjadi ideal. Makanan penambah berat badan biasanya mengandung kalori yang tinggi sehingga penderita kolesterol harus berhati-hati mengonsumsinya.

Ada beberapa jenis makanan penambah berat badan yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Makanan penambah berat badan ada banyak, mulai dari buah-buahan seperti mangga, pisang, dan durian, hingga makanan seperti keju, daging, dan juga telur puyuh. Kamu juga harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori, protein, karbohidrat, dan juga lemak.

Lantas apa saja makanan penambah berat badan yang baik dikonsumsi, kamu bisa mencoba salah satu daftar makanan penambah berat badan berikut ini;

15 Rekomendasi Makanan Penambah Berat Badan yang baik Dikonsumsi

1. Alpukat

Makanan penambah berat badan yang pertama adalah Alpukat. Alpukat adalah buah yang wajib untuk Anda konsumsi jika ingin berat badan cepat naik. Alpukat mengandung 168 kalori untuk setiap 100 gram-nya, jumlah yang cukup untuk membantu menambah berat badan. Selain memiliki kalori tinggi, buah alpukat juga mengandung potasium, asam folat, Vitamin B, dan Viramin E.

2. Mangga

Buah mangga selain memiliki rasa yang segar ternyata juga memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Buah ini berkalori tinggi karena kandungan gulanya sangat banyak. Setiap 100 gr mangga mengandung 70 kalori dan 16,5 gr karbohidrat. Buah mangga menjadi salah satu makanan penambah berat badan karena mengandung sejumlah zat yang berguna untuk menambah massa tubuh.

3. Pisang

Buah berkulit kuning ini diklaim efektif dalam menaikkan berat badan apabila dikonsumsi secara rutin. Rata-rata kalori pisang berjumlah 100 kalori per 100 gram, walaupun begitu, terdapat perbedaan dalam beberapa jenis pisang. Seperti pisang ambon yang memiliki kalori 74/100 gram dan pisang raja 84/100 gram. Jadi, jika ingin menambah berat badan konsumsi buah pisang dapat menjadi solusi yang tepat.

4. Anggur

Buah anggur adalah salah satu buah populer di Indonesia. Perlu diketahui bahwa anggur mengandung 130 kalori, jumlah yang cukup ideal untuk menaikkan berat badan dengan cepat. Tak hanya itu, anggur juga diperkaya zat yang bisa mencegah tubuh dari penyakit seperti Alzheimer dan serangan jantung.

5. Durian

Buah durian adalah buah yang terkenal akan aromanya yang kuat dan bentuk buahnya yang besar. Durian masuk dalam daftar makanan penambah berat badan karena mengandung sekitar 28,8 karbohidrat untuk setiap 100 gr-nya. Sebagaimana kita ketahui, karbohidrat adalah zat yang penting sekali untuk menambah massa tubuh. Selain itu, durian juga diperkaya dengan fosfor yang mana zat ini memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas.

6. Kurma 

Kurma yang dikenal sebagai buah umat Islam ini juga merupakan jenis buah yang dapat menambah berat badan secara ampuh, kandungan gula dan kalori dalam kurma dipercaya mampu membuat berat badan kembali naik. 100 gram buah kurma mengandung 280 kalori yang cocok dikonsumsi bagi yang ingin menambah berat badan.

7. Daging Merah

Daging yang dimaksud ini bisa berupa daging sapi ataupun kambing. Jika diolah lagi maka kandungan kalori akan semakin besar. Kamu bisa mengolah daging merah tersebut menjadi berbagai masakan sepert; steak daging, dan daging panggang.

8. Nasi Putih

Makanan yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia ini juga merupakan makanan penambah berat badan alami yang aman dikonsumsi. Nasi putih adalah sumber karbohidrat terbaik yang bisa Kamu dapatkan. Satu sendok nasi mengandung tak kurang dari 175 kalori dan 40 gr karbohidrat. Kalori dalam nasi putih dapat bertambah apabila diolah menjadi nasi goreng, nasi tim, dan nasi uduk.

9. Susu Full Cream

Susu full cream, adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak yang bermanfaat untuk menambah berat badan Kamu. Meningkatkan asupan kalori tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi susu full cream setiap harinya. Saat sarapan dan sebelum tidur adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk minum susu setiap harinya.  Dengan begitu, kalori dalam tubuhmu akan bertambah dan bisa bikin berat badanmu naik.

10. Keju

Keju merupakan makanan penambah berat badan hasil fermentasi susu. Keju sangat efektif untuk menambah berat badan karena mengandung 113 kalori, 6 gr lemak jenuh, dan 3 gr lemak tidak jenuh untuk setiap 1 ons-nya. Rajin mengonsumsi keju terutama keju mozzarella dapat menambah berat badan Kamu dengan cepat.

11. Kentang

Makanan lainnya yang merupakan penambah berat badan adalah kentang. Kentang mengandung protein yang tinggi. Selain itu, kandungan serat dan vitamin C dalam kentang juga melimpah. Kentang memang membuat kenyang karena kandungan kalorinya yang banyak. Kalori dalam kentang lebih maksimal dalam menambah berat badan saat diolah menjadi kentang goreng.

12. Telur Ayam

Telur adalah salah satu bahan makanan wajib di rumah ini juga bisa mengandung banyak protein, vitamin A, D, E, dan kolesterol yang baik untuk tubuh. Telur yang juga merupakan sumber protein dapat menjadi makanan yang membantu untuk menambahkan berat badan. Untuk mendapat kalori yang lebih dalam telur ayam Kamu bisa mengolahnya menjadi telur ceplok dan telur rebus.

13. Telur Puyuh

Telur memang sangat populer untuk menambah berat badan secara drastis. kandungan lemak dan protein telur puyuh menjadi yang paling besar dibandingkan jenis makanan lainnya setelah udang dan kepiting. Bagi yang memiliki riwayat penyakit kolesterol, mengonsumsi telur puyuh harus hati-hati.

Baca Juga:

14. Kacang-kacangan

kacang-kacangan seperti kacang mete, almond dan kacang hijau bisa menambah berat badan. Kacang-kacangan tersebut dapat kamu jadikan snack yang cocok untuk ngemil sore hari. Rajin mengkonsumsi kacang-kacanga dapat menambah berat badan lebih cepat.

15. Roti Gandum

Jarang diketahui bahwa roti gandum bisa membantu menambah berat badan Kamu. Roti gandum mengandung sekitar 69 kalori baik dan sehat untuk tubuh. Kalau kamu mau menambah berat badan, kamu bisa konsumsi roti gandum setiap harinya. Kandungan kalori dalam roti gandum lebih besar daripada roti tawar yaitu 149 kalori dalam setiap satu tangkup roti.

Demikianlah artikel tentang 15 makanan penambah berat badan yang cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin gemuk. Dengan rajin mengonsumsi makanan penambah berat badan seperti yang sudah disebutkan diatas bukan tidak mungkin Kamu akan segera mendapat tubuh ideal yang diimpikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.