Pengertian Pencemaran Tanah, Dampak, dan Cara Menanggulanginya

Komentar
Pengertian Pencemaran Tanah, Dampak, dan Cara Menanggulanginya
Image Source: soiladvocates.ca

Tanah adalah salah satu komponen alam yang sangat penting untuk kelanjutan hidup berbagai makhluk. Bahkan segala jenis makanan manusia mayoritas juga berasal dari tanah.

Akan tetapi, sayang sekali karena tanah yang seharusnya sangat penting untuk tetap dijaga kesuburan dan perkembangannya hingga di masa depan ini sekarang sudah banyak yang tercemar.

Pencemaran tanah ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Dan juga pembahasan yang berkaitan dengannya pun tidak pernah ada habisnya. Seperti pengertian pencemaran tanah, penyebab, akibat dan solusinya.

Dari berbagai pembahasan yang berkaitan dengan pencemaran tanah,  pengertian, dampak hingga bagaimana cara penanggulangannya. Beberapa aspek tersebut merupakan poin penting yang harus di pahami mengenai pencemaran tanah.

Lalu apa pengertian pencemaran tanah? Apa dampak dan cara penanggulangan pencemaran tanah? Nah, untuk sekedar menambah wawasan anda. Anda dapat membacanya di artikel ini.

Karena poin penting pencemaran tanah yang harus dipahami meliputi pengertian, dampak, serta solusi penanggulangannya ini akan dibahas lengkap dalam artikel ini.

Baca Juga:

A. Pengertian Pencemaran Tanah

pengertian
Image Source: thegorbalsla.com

Secara singkat pencemaran tanah ini merupakan sebuah kondisi di mana berbagai unsur yang yang bersifat merusak tercampur dalam kandungan tanah. Bisa berupa bahan kimia, atau zat-zat berbahaya lainnya yang tentunya tidak baik dan bisa membahayakan makhluk hidup.

B. Dampak Pencemaran Tanah

dampak
Image Source: thegorbalsla.com

Pencemaran tanah adalah salah satu hal yang sangat berbahaya jika terus di biarkan. Karena mengingat dampaknya pun sangatlah besar sehingga kita harus memperhatikannya dengan baik. Lantas apakah dampak pencemaran tanah?

1. Berakibat pada kematian makhluk hidup

Dari beragam dampak pencemaran tanah yang ada, yang paling berbahaya dan sangat mencolok di sini tidak lain adalah adanya tingkat kematian makhluk hidup yang tinggi. Namun kematian ini ada yang perlahan-lahan, berproses dan ada yang langsung terlihat. Pada dasarnya, ini sangatlah berbahaya, terutama bagi tumbuhan serta beberapa hewan yang bertempat tinggal di dalam tanah.

2. Menyebabkan polusi udara

Meskipun tanah yang tercemar, namun bisa berakibat pada kerusakan komponen lain karena di bumi berbagai komponen memang saling berhubungan. Katakan saja saat terjadi pencemaran tanah, maka air di dalam tanah pun bisa ikut tercemar. Nah, begitu juga dengan udara. Di sini polusi udara pun bisa terjadi sebagai akibat terjadinya pencemaran tanah, baik secara langsung maupun tidak.

3. Kesuburan tanah berkurang

Untuk akibat yang satu ini tentu saja sudah tidak bisa di elakkan lagi. Ketika terjadi pencemaran tanah, di mana tanah tidak lagi murni, tentu saja kesuburannya pun akan berkurang. Nah, jika sudah begini, maka akan banyak aspek kehidupan yang di pengaruhinya. Dalam bidang petanian, tentu saja merugikan. Selain itu, tumbuhan pun akan terhambat perkembangannya.

4. Ekosistem ikut rusak

Di muka bumi ini ada banyak sekali ekosistem yang tersebar di berbagai penjuru. Dalam hal ini, ekosistem sebenarnya harus di jaga dan di rawat sehingga tetap indah. Akan tetapi, sayang sekali karena dengan adanya pencemaran tanah, ekosistem pun bisa ikut rusak secara perlahan-lahan. Terlabih lagi untuk jenis ekosistem darat yang tinggalnya di tanah.

5. Merusak nilai estetika alam

Tanah yang subur dan terawat tentu saja akan menghadirkan keindahan tersendiri. Dan hal ini perlu di lestarikan dengan baik. Akan tetapi, tidak dapat di pungkiri juga bahwasanya tanah yang tercemar akan mulai merusak nilai estetika di berbagai belahan bumi perlahan-lahan. Oleh karena itu, untuk tetap memiliki keindahan di muka bumi, tanah pun harus tetap di rawat.

C. Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah

cara menanggulangi
Image Source: thegorbalsla.com

1. Menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyakat

Hal pertama yang sangat sulit dalam penanggulangan ini adalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya menghindari pencemaran tanah. Padahal, faktanya penjagaan tanah tidak bisa di lakukan sendiri. Harus dengan kerjasama yang baik oleh berbagai pihak. Karena itulah menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat luas dalam hal ini sangat di perlukan.

2. Melakukan sistem 3R (reduce, rause, dan recycle)

Sistem 3R ini tentu saja sudah banyak Anda dengar. Untuk kepanjangannya tidak lain adalah reduce, rause dan recycle. Dalam sistem ini, sebaiknya sampah yang masih memiliki kondisi baik dan bisa di olah tidak di buang terlebih dahulu. Dengan kata lain, di lakukan daur ulang untuk mengurangi pencemaran tanah.

3. Program reboisasi atau penanaman kembali

Pencemaran tanah tidak hanya bisa mengakibatkan pencemaran udara. Dalam hal ini bisa jadi disebabkan juga olehnya. Nah, untuk men-antisipasi hal ini melakukan reboisasi atau penanaman kembali menjadi salah satu aspek penting untuk diperhatikan. Selain itu, reboisasi juga bisa membantu kesuburan tanah kembali terjaga.

4. Remidiasi tanah

Jika reboisasi adalah penanaman pohon kembali, maka remidiasi ini bermaksud untuk pembersihan kembali. Jadi, bagian tanah yang telah tercemari dengan berbagai sebab, akan di bersihkan sehingga bisa kembali subur. Tentu saja hasilnya tidak bisa 100 %. Akan tetapi paling tidak ini sudah sangat bermanfaat untuk kondisi tanah dari pada sebelumnya.

5. Bioremidiasi

Masih memiliki maksud yang sama dengan remidiasi, bioremidiasi ini juga merupakan penjernihan atau pembersihan tanah kembali. Akan tetapi dalam bioremidiasi, yang di gunakan adalah bakteri dan jamur. Jadi, pembersihan dalam bioremidiasi ini memanfaatkan bakteri dan jamur yang mampu merombak berbagai zat yang terkandung dan mencemari tanah.

Demikian penjelasan diatas tentang pembahasan tentang pencemaran tanah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda!
Top