Istimewa, Ini 8 Manfaat Daun Suji Selain Sebagai Pewarna Makanan

 13 May 2019  Wahyu Fajar
Istimewa, Ini 8 Manfaat Daun Suji Selain Sebagai Pewarna Makanan

Image source doktersehat.com

Apa manfaat daun suji? Daun suji, mungkin saat mendengar nama ini sedikit asing untuk orang awam yang jarang berada di dapur. Sebenarnya, daun suji adalah daun yang berasal dari tanaman perdu tahunan. Bagi yang belum kenal tanaman ini mungkin agak sedikit asing. Padahal daun suji memiliki manfaat yang sangat banyak, baik di bidang memasak ataupun kesehatan.

Ada yang bertanya-tanya daun suji dapat dimanfaatkan untuk apa. Kalaupun belum, kamu bisa jadi merasakannya hampir setiap hari sebagai campuran makanan. Buat kamu yang sering memasak, tentu kenal dengan daun yang satu ini. Daun ini biasa digunakan sebagai pewarna makanan alami selain daun pandan.

Apa manfaat dari daun suji? Daun suji memberi warna hijau yang lebih pekat daripada daun pandan wangi, yang juga merupakan sumber warna hijau, namun daun ini tidak memiliki aroma. Daun suji umumnya digunakan sebagai sumber warna hijau yang alami untuk campuran makanan. Selain sebagai pewarna terdapat juga manfaat daun suji untuk kesehatan.

Tapi tahukah Anda bahwa daun suji ini ternyata punya manfaat untuk kesehatan loh? Berikut ini wajibbaca.com akan membagikan berbagai macam manfaat daun suji untuk mengobati beberapa keluhan kesehatan.

Baca Juga:

Manfaat daun suji

Apa manfaat daun suji untuk kesehatan? Selain digunakan sebagai pewarna makanan, daun suji juga dipercaya punya berbagai manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya bagian daunnya saja, bagian tanaman daun suji yang juga banyak digunakan adalah bagian akarnya.

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat daun suji secara lebih rinci yang bisa Anda dapatkan.

1. Menurunkan kolesterol

Menjaga kadar kolesterol dalam darah merupakan hal yang sangat penting karena penumpukan kolesterol jahat dalam darah dapat menimbulkan plak dalam pembuluh darah. Jika plak terbentuk maka akan membuat pembuluh darah tersumbat dan memicu penyakit kardiovaskular.

Daun suji dipercaya memiliki aktivitas hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kolesterol. Manfaat ini didapatkan dari kandungan klorofil yang kandungannya cukup tinggi dari daun suji.

2. Pengobatan leukimia

Leukima atau kanker darah adalah kanker jaringan pembentuk darah yang menurunkan imunitas tubuh atau menghambat kemampuan tubuh melawan infeksi. Manfaat daun suji untuk pengobatan herbal sudah ada sejak jaman kuno.

Tanaman daun suji dianggap sebagai tonik atau zat yang digunakan untuk mengembalikan kondisi jaringan normal. Manfaat ini juga kemungkinan didapat dari aktivitas antioksidan yang cukup tinggi dari tanaman daun fuji karena daun fuji memiliki banyak kandungan antioksidan seperti alkaloid, flavinoid, terpenoid, saponon, tanin, polifenol, dan masih banyak lagi.

3. Mengatasi asma dan gangguan pernapasan

Manfaat daun suji selain mengobati leukimia dipercaya punya kemampuan sebagai pengobatan asma dan gangguan pernapasan. Sama halnya seperti pengoabatan leukimia. Daun suji juga dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi asma dan gangguan pernapasan. Penggunaannya adalah dengan mengkonsumsi air perasan daun suji yang sudah di rebus.

4. Meningkatkan nafsu makan

Selain mengatasi asma, manfaat rebusan daun suji selanjutnya adalah dapat meningkatkan nafsu makan. Manfaat daun suji satu ini bisa dijadikan sebagai solusi bagi orang yang mengalami penurunan berat badan secara berlebihan akibat kondisi tertentu. Sama seperti obesitas, penurunan berat tubuh berlebihan juga dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit.

5. Meningkatkan produksi ASI

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa daun suji dianggap sebagai galactagogue atau zat yang dapat meningkatkan laktasi pada manusia maupun hewan. Hal ini yang menyebabkan daun suji dianggap mampu untuk meningkatkan produksi ASI.

Pada beberapa kasus memang produksi ASI dapat terhambat. Selain menggunakan suplemen, ibu menyusui juga bisa mengkonsumsi makanan atau obat herbal tertentu yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi ASI.

6. Mengobati gonore

Manfaat daun suji selanjutnya yaitu digunakan untuk mengobati penyakit gonore. Penyakit gonore merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Penyebab penyakit gonore adalah karena infeksi bakteri. Kandungan daun suji memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membantu mengatasi bakteri akibat penyakit ini. Pengobatan gonore dengan menggunakan daun suji dipadukan dengan Tectaria crenata yang merupakan jenis tumbuhan paku.

7. Mengatasi disentri

Disentri adalah kondisi radang susu yang umumnya ditandai dengan gejala diare berdarah. Penyebab yang paling umum adalah disebabkan oleh bakteri. Sama seperti penyobatan gonore, aktivitas antibakteri dari daun suji lah yang membuat daun suji dimanfaatkan untuk mengatasi disentri dan beberapa masalah pencernaan lain.

8. Obat untuk keputihan

Keputihan atau keluarnya cairan seperti lendir yang berasal dari vagina merupakan hal yang normal. Namun keputihan juga bisa berlebihan dan tidak normal ika terjadi akiba infeksi bakteri, virus, jamur, dan juga parasit. Salah satu manfaat daun suji adalah untuk mengatasi keputihan tersebut.

Selain memiliki aktivitas antibakteri, kandungan saponin yang ada dalam duan suji memiliki aktivitas antijamur. Sehingga selain dapat mengatasi infeksi bakteri, daun suji juga memiliki kemungkinan untuk menyembuhkan infeksi akibat jamur.

Cara menggunakan daun suji

Daun suji dapat dikonsumsi dengan beberapa cara dalam mengolahnya. Jika ingin menggunakan daun suji untuk pewarna makanan, cukup dengan menggunakan air perasan daun suji yang sudah dihancurkan. Sedangkan untuk menggunakannya sebagai obat herbal bisa dengan cara meminum air rebusan daun suji.

Beberapa manfaat daun suji di atas masih belum terbukti secara klinis. Sebagian manfaat tersebut didapat dari penelitian terhadap hewan dan sebagian manfaat lainnya dipercaya sebagai pengobatan tradisional yang memang sudah ada sejak dahulu.

Nah, itulah beberapa manfaat daun suji bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Hindari penggunaan daun suji sebagai herbal jika Anda sedang menjalani pengotan lain atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Jika ingin menggunakan daun suji sebagai obat herbal, maka sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau ahli herbal.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat daun suji selain sebagai pewarna makanan. Semoga bermanfaat.