10 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin E

Komentar
10 Makanan yang Mengandung Vitamin E
Makanan yang mengandung vitamin e via hellosehat.com

Sama seperti jenis vitamin lainnya, vitamin E punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Anda dapat mendapat manfaat vitamin E ini, Anda cukup mengkonsumsi beberapa makanan jenis buah dan sayur.

Pada tubuh manusia, bentuk vitamin E yang paling aktif adalah alfa tocopherol. Vitamin E sangat penting bagi kesehatan sebagai antioksidan tubuh. Tahukah Anda berapa kebutuhan vitamin E per hari? Sumber makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin e?  Baca selengkapnya dalam artikel ini!

Buah dan makanan yang mengandung vitamin E ada banyak seperti alpukat, kiwi, ikan salmon dan masih banyak jenis makanan lainnya yang bisa Anda temukan dalam artikel ini. Apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Dalam rangka memenuhi kebutuhan vitamin E harian, maka kita harus mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung vitamin e tersebut.

Selain dapat memenuhi kebutuhan dalam tubuh, makanan yang mengandung vitamin E dipercaya untuk menjaga kesehatan kulit juga. Lalu apa saja makanan yang mengandung vitamin e?

Berikut ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa 10 jenis makanan yang mengandung vitamin e super tinggi serta manfaatnya untuk kulit dan kesehatan. Sehingga dapat Anda jadikan referensi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda.

Baca Juga: 

Fungsi vitamin E bagi tubuh

Tahukah Anda, vitamin E kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas. Biasanya sel kulit yang rusak diakibatkan ketika tubuh terpapar langsung dengan sinar UV, asap rokok, dan polusi yang menjadi penyebab utama berbagai penyakit kanker.

Selai itu, vitamin E memiliki fungsi kekebalan yang berfungsi untuk melindungi dari penyakit. Dari beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa vitamin ini baik untuk orang lanjut usia dan pengidap HIV/ AIDS untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin ini juga berperan untuk menjaga kesehatan dan fungsi berbagai sel dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini membantu menyeimbangkan vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah.

Apa saja makanan yang kaya vitamin E?

 Banyak sekali jenis makanan yang mengandung vitamin E untuk dikonsumsi sebagai kebutuhan asupan harian Anda. Berikut ini 10 makanan mengandung vitamin E yang bisa Anda konsumsi mulai sekarang.

1. Almond 

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang sering dijadikan komposisi tambahan pada cokelat maupun kue. Perlu Anda ketahui juga ternyata kacang ini punya kandungan vitamin E. Didalam kacang almond terkandung kira-kira setara dengan 7,4 mg vitamin E. Selain itu, almond juga mengandung vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi. Manfaat kacang almond ada banyak, mulai dari mencegah penuaan dini, mengatur kadar kolesterol, hingga melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

2. Kuaci

Jenis makanan yang mengandung vitamin E selanjutnya yaitu kuaci, biji wijen, dan biji labu yang dikeringkan mengandung vitamin E yang sama. Mengkonsumsi seperempat gelas kuaci, biji wijen, dan biji labu yang dikeringkan dapat memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda yang baik.

3. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin E juga. Selain vitamin E, bayam juga mengandung zat antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Bayam mengandung sekitar 41,4 mg vitamin E, sehingga berperan penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin E harian Anda.

4. Minyak biji gandum 

Makanan yang mengandung vitamin E selanjutnya yaitu minyak biji gandum. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, gandum memiliki beberapa kandungan yang diperlukan tubuh terutama Vitamin E. Mengkonsumsi satu sendok minyak biji gandum akan dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. Selain, itu minyak biji gandum juga mengandung 5 mg vitamin E.

5. Kacang hazelnut

Jenis kacang-kacangan yang punya kandungan vitamin E yang bisa Anda konsumsi yaitu kacang hazelnut. Kacang hazelnut ini sering dijadikan campuran makanan atau camilan sehingga Anda lebih mudah untuk mengkonsumsinya. Mengkonsumsi satu ons kacang hazelnut dapat memenuhi 20% kebutuhan harian Anda.

6. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang sering dijadikan jus ini juga mengandung vitamin E yang diperlukan tubuh. Kandungan vitamin E ini menjadikan alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan kulit. Alpukat juga diperkaya oleh zat antiinflamasi pitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), dan zat antioksidan karotenoid. Kandungan asam lemak omega-3 pada alpukat juga menjadikan buah ini baik untuk jantung. Dalam satu buah alpukat terkandung kira-kira 2 mg vitamin E.

7. Brokoli

Sayuran ini memang sangat terkenal di antara daftar makanan sehat. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat bergizi, tak terkecuali vitamin E. Manfaat brokoli bagi kesehatan mencakup detoksifikasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung. Mengkonsumsi brokoli bisa memenuhi 4% kebutuhan harian Anda.

8. Mangga

Siapa sih yang tidak kenal buah mangga? Buah mangga mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Selain banyak mengandung vitamin, terutama vitamin E buah mangga juga mengandung kalium dan serat. Mengkonsumsi secangkir jus mangga setara dengan 1,5 mg vitamin E.

9. Tomat

Tomat adalah salah satu buah dan makanan yang mengandung vitamin E. Manfaat tomat dengan vitamin E-nya tersebut antara lain untuk menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Selain itu, tomat juga dinilai efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sementara itu, tomat juga berperan sebagai fitonutrisi dan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

10. Telur ayam

Telur ayam mengandung vitamin E mencapai 1,03 mg atau 7 persen dari total kandungan nutrisi yang dimiliki. Mengkonsumsi telur ayam secara rutin dalam jumlah yang ideal tentu akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. Salah satunya melindungi tubuh dari risiko penyakit-penyakit kronik.

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang mengandung vitamin E yang bisa Anda konsumsi mulai sekarang. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat.

Demikian penjelasan tentang apa saja makanan yang mengandung vitamin E. Semoga artikel ini bermanfaat.
Top