10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Mudah Lupa yang Efektif

 15 May 2019  Wahyu Fajar
10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Mudah Lupa yang Efektif

Image source jitunews.com

Bagaimana cara meningkatkan daya ingat? Daya ingat (memori) Anda tidak baik sehingga ingatan mudah lupa? Berikut beberapa cara meningkatkan daya ingat yang efektif dan layak Anda coba.

Seiring waktu, fungsi otak akan kian menurun akibat proses penuaan dan dampak kondisi kesehatan. Memiliki daya ingat yang kuat tentu akan membantu Anda dalam banyak hal dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Contohnya seperti, ketika kita lupa taruh kunci dimana, lupa nama seseorang, lupa materi kuliah, lupa isi buku yang udah dibaca, lupa materi training dan lain sebagainya.

Setiap orang pasti ingin memiliki daya ingatan yang tajam dan kuat. Banyak cara untuk meningkatkan ingatan seseorang. Untuk bisa memiliki daya ingat yang kuat harus didukung dengan beberapa cara menambah daya ingat yang efektif. Kini, sudah banyak pelatihan-pelatihan untuk mengaktivasi daya ingat otak, mulai dari otak kanan, kiri, dan tengah.

Meski demikian, tidak sedikit pula orang muda yang mudah lupa alias daya ingatnya tidak baik. Apakah Anda salah satu dari mereka?

Bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi? Jangan khawatir, wajibbaca.com punya solusi untuk Anda. Berikut 10 cara yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi menjadi lebih kuat.

Baca Juga:

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

1. Berolahraga teratur

Bagaimana cara meningkatkan daya ingat otak? Olahraga sangat perlu dilakukan untuk mendukung menjaga kesehatan Anda. Meskipun olahraga menguras tenaga fisik yang lumayan banyak, tapi otak juga turut meningkat kemampuannya.

Hal ini karena saat berolahraga, otak akan bekerja pada kapasitas maksimalnya, sehingga memicu perbanyakan sel saraf yang kemudian memperkuat ikatan antar sel otak.

Selain itu, sel saraf juga akan mengeluarkan protein yang bernama faktor neurotropis. Protein ini dapat memicu produksi berbagai zat kimia untuk otak yang lebih sehat serta peningkatan kemampuan kognitif, termasuk kemampuan belajar.

2. Perhatikan asupan makanan

Selain berolahraga secara teratur, mungkin cara ini juga menjadi cara yang selalu ada dalam setiap permasalahan kesehatan. Apa itu? Salah satunya adalah menjaga asupan atau pola makan yang sehat. Untuk meningkatkan daya ingat otak, tentunya otak juga perlu diberikan nutrisi yang baik untuk menjaga memori tetap sehat. Sebetulnya cukup sederhana menjaga asupan makanan untuk otak, dengan cara lebih banyak mengonsumsi sayuran serta mengurangi makanan yang banyak mengandung gula.

Beberapa zat tambahan lainnya yang sangat baik untuk perkembangan otak adalah omega-3 dan MCT (medium-chain triglycerides).

3. Terus mempelajari hal baru

Otak kita setiap harinya digunakan untuk aktifitas sehar-hari. Sehingga menyebabkan sel-sel otak di dalamnya saling terhubung. Salah satu cara meningkatkan daya ingat dalam belajar dan konsentrasi adalah dengan mempelajari berbagai macam hal baru.

Mempelajari hal baru yang membutuhkan kemampuan kognitif. Maka dari itu, carilah aktivitas yang disukai dan kegiatan yang menstimulasi otak. Banyak pilihan yang dapat Anda lakukan misalnya membaca buku, mempelajari instrumen musik, merakit puzzle, berkebun, atau membuat kerajinan tangan, dan hal-hal baru lainnya.

4. Hindari multitasking

Multitasking memang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari, apalagi bagi para ibu rumah tangga yang setiap hari selalu sibuk di rumah. Namun, terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat Anda.

Mengapa demikian? Karena didalam setiap otak manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Sehingga apabila kita melakukan suatu pekerjaan secara multitasking, maka otak kita bingung dan tidak fokus.

5. Melatih konsep mnemonik

Konsep mnemonik dikenal pula dengan jembatan keledai. Anda mungkin pernah diajarkan untuk lebih mudah mengingat sesuatu dengan cara membuat jembatan keledai ini.

Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:
  • Memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang akan dilakukan.
  • Mencerna informasi terlebih dahulu sehingga lebih mudah untuk diingat.

6. Tidur cukup di malam hari

Tidur merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap orang. Dari sebuah penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa manusia akan memiliki otak yang lebih kuat ingatannya jika mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tidur yang cukup dapat meningkatkan kemampuan otak Anda untuk mempelajari hal-hal yang baru.

7. Melakukan permainan otak

Cara selanjutnya selain tidur untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan melakukan permainan otak, yang membuat otak sedikit berpikir sehingga sel-sel dalam otak tetap terhubung. Apabila otak kita jarang untuk mempelajari dan mengasah hal baru maka otak akan mulai terdegenerasi sehingga menjadi mudah lupa.

Cobalah secara rutin melatih otak dengan melakukan permainan otak paling tidak selama 20 menit dalam sehari.

8. Repetisi ingatan

Bahkan seorang penghafal yang baik perlu waktu untuk mengulang-ulang hafalannya sehingga lebih sempurna. Pengulangan atau repetisi adalah sebuah cara yang rasanya memang dibutuhkan jika ingin meningkatkan kemampuan otak untuk meningat sesuatu.

Setelah mempelajari sesuatu, berikan jeda beberapa saat, kemudian lakukan review kembali atas apa yang telah Anda pelajari. Hal ini akan membuat otak terlatih untuk membuka ingatan masa lalu sehingga tidak mudah melupakan hal-hal penting.

Repetisi ingatan dapat dilakukan dengan bantuan mencatat hal yang penting di buku catatan, mengulangi nama seseorang yang baru dikenal berulang-ulang,serta mengulang kalimat yang dikatakan seseorang pada Anda.

9. Hidup terorganisir

Sering melupakan suatu acara, hari ulang tahun, atau janji pertemuan dengan rekan kerja? Hal tersebut mungkin sudah biasa terjadi pada setiap orang. Kemampuan otak setiap orang memang berbeda-beda. 

Mulailah untuk hidup lebih terorganisir untuk mengurangi pikun karena kecerobohan diri sendiri. Memiliki agenda harian akan membuat seseorang lebih fokus dan meningkatkan ingatan.

10. Visualisasikan

Bagi orang-orang yang tidak memiliki kemampuan ingatan yang baik, mengingat nama orang dan wajahnya bisa menjadi suatu hal yang sulit. Kadang orang hanya mengenali wajah orang lain tanpa mampu mengingat namanya. Di lain waktu, ada orang yang hanya sanggup mengingat nama dan tidak terbayang wajahnya.

Untuk masalah ini, ada baiknya Anda melakukan visualisasi demi ingatan yang lebih baik tentang orang lain. Visualisasi dapat dilakukan misalnya dengan mengambil foto bersama saat bertemu, dan menyimpannya di ponsel sebagai foto kontak, sehingga ketika dihubungi selanjutnya, Anda sudah mengenali nama dan wajah orang tersebut.

Nah, Itulah 10 cara meningkatkan daya ingat untuk Anda yang sering lupa atau kurang fokus. Selamat mencoba dan semoga dengan membaiknya ingatan, kehidupan akan berjalan lebih baik lagi.

Demikian penjelasan tentang cara meningkatkan daya ingat otak yang efektif. Semoga bermanfaat.