Terbukti Efektif, Ini 11 Cara Meningkatkan IQ & Kinerja Otak Secara Maksimal

 11 Feb 2019  Cheryl mikayla
Terbukti Efektif, Ini 11 Cara Meningkatkan IQ & Kinerja Otak Secara Maksimal

11 Cara Meningkatkan IQ & Kinerja Otak Secara Maksimal (foto: masdika.id)

Setiap orang terlahir dengan kepintaran yang berbeda.

Namun, tidak menutup kemungkinan, orang yang sudah pintar ingin menjadi lebih pintar lagi dengan meningkatkan IQ-nya.

Nah ternyata, 11 kebiasaan sederhana ini terbukti efektif meningkatkan IQ dan kinerja otak baik anak-anak, remaja maupun dewasa secara maksimal.

Apa itu IQ? IQ atau dalam bahasa Inggris disebut dengan intelligence quotien merupakan kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh seseorang.

Kecerdasan intelektual atau IQ merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup beberapa kemampuan, yakni kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, serta belajar.

Kecerdasan intelektual atau IQ merupakan sesuatu yang berkaitan erat dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang.

Mengapa cara meningkatkan IQ otak itu penting? Anda bayangkan saja bagaimana jadinya jika manusia yang memiliki banyak kebutuhan dan keinginantak memiliki instrumen kemampuan diatas.

Apakah mungkin kita bisa meningkatkan kepintaran otak atau IQ? Tentu saja mungkin. Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak.

Bukan hanya kita saja, kecerdasan intelektual (IQ) telah menarik perhatian banyak peneliti. Selama bertahun-tahun mereka mencari berbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan kita.

Dan hasilnya, banyak ditemukan cara baru tentang bagaimana cara meningkatkan kemapuan otak IQ otak manusia.

Walaupun riset menunjukkan bahwa genetika memberi kontribusi 40-80% pada IQ manusia, tetapi itu bukan angka tetap. Dengan beberapa trik, Anda masih bisa meningkatkan IQ hingga satu deviasi standar maupun diatasnya.

Nah, berikut ini adalah 11 cara sederhana yang terbukti efektif sebagai cara meningkatkan IQ anak-anak, cara meningkatkan remaja maupun sebagai cara meningkatkan IQ orang dewasa.

Terbukti Efektif, Ini 11 Cara Meningkatkan IQ & Kinerja Otak Secara Maksimal

Tribunnews

1. Belajar bermain alat musik dan fotografi

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, orang dewasa yang memiliki hobi baru seperti fotografi, memiliki hasil tes memori yang baik.

Selain itu, memainkan alat musik juga menjadi kunci utama untuk meningkatkan IQ anak-anak maupun kita sendiri.

Dengan belajar bermain alat musik, terbukti fungsi sel-sel otak kian meningkat.

2. Mengonsumsi makanan yang baik untuk otak

Cerdas memilih makanan, semakin cerdas pula otak kita dan keluarga.

Penelitian yang dimuat dalam The Journal Neurology menemukan, diet berkualitas jadi faktor penting untuk menurunkan risiko kehilangan memori dan kemampuan berpikir.

Diet mediterania, misalnya. Diet ini memanfaatkan minyak zaitun dan kacang-kacangan yang kaya akan antioksidan. Alhasil, dapat mencegah penuaan dan melindungi saraf otak.

3. Tidur yang berkualitas

Sebuah studi mengatakan kalau tidur dapat mempertajam memori kita. Ketika tidur otak akan membuat neuron baru yang baik untuk fungsi otak.

Kurang tidur justru sebaliknya, merusak saraf dan fungsi otak kita.

4. Olahraga

Menurut The Alzheimer's Association, rutin berolahraga dapat mencegah penurunan kognitif.

Tak hanya itu, ternyata olahraga sederhana seperti berjalan juga dapat meningkatkan kreativitas kita dan kinerja otak.

5. Hindari Stres

Stres dapat berdampak serius pada pikiran manusia, tak terkecuali anak-anak. Padahal, kunci untuk menjadi cerdas adalah fokus.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hidari stres.

Baca Juga: Obesitas Mempengaruhi IQ Anak? Benar Gak Ya?

6. Meditasi

Meditasi telah terbukti memiliki banyak manfaata pada fungsi otak kita. Melalui meditasi kita dapat meningkatkan konsentrasi dan kreativitas.

7. Membaca

Cobalah membaca buku secara serius, setidaknya satu buku perminggu.

Ha ini akan membuat kosakata, kecerdasan verbal, dan pengetahuan umum kita kian meningkat.

8. Aktif secara sosial

Bersosialisasi dengan orang lain bisa memaksimalkan potensi otak kita.

Hal ini disebabkan karena otak akan terus bekerja. Seperti memperoleh wawasan baru, mengemukakan ide-ide baru, hingga mengingat hal-hal spesifik mengenai kawan kita.

9. Bermain game

Menurut profesor di University of California Irvine, bermain game  tak selalu berdampak buruk bagi anak-anak, remaja maupun dewasa. Namun jutru bermain game bisa mengasah otak serta meningkatkan IQ kita.

Anda dan anak-anak bisa mencoba misalnya bermain game-game yang berbau strategi, atau game yang membutuhkan daya ingat.

10. Menonton TV

Jangan salah, sama halnya dengan game, menonton TV juga dapat membuat kita lebih cerdas. Tapi, tentunya bila menonton program yang mendidik.

Contohnya acara dokumenter atau program pendidikan. Dengan begitu, pengetahuan umum kita dan anak-anak akan semakin meningkat.

11. Berteman dengan orang cerdas

Kita juga bisa ‘ketularan’ cerdas bila berteman dengan orang cerdas. Bersama mereka kita bisa berdiskusi atau berdebat mengenai berbagai macam hal.

Alhasil, kecerdasan dan pengetahuan kita akan meningkat. Selain itu,kita juga bisa belajar untuk mengerti cara mereka berpikir dan mengekspresikan diri.

Nah itulah dia kebiasaan sederhana yang ternyata bisa meningkatkan IQ dan kinerja otak, semoga bermanfaat.