7 Air Terjun Tertinggi di Dunia yang Sangat Menakjubkan

Komentar
7 Air Terjun Tertinggi di Dunia yang Sangat Menakjubkan
Image Source: jetsetter.com

Yang dimaksud dengan Air Terjun menurut kamus bahasa Indonesia yaitu adalah aliran air yang melewati jeram hingga air jatuh bebas ke dasar sungai (lereng atau lembah).

Air terjun, suatu kondisi di mana sebuah aliran sungai terganggu karena aliran melewati dari lapisan bebatuan yang lebih keras ke lapisan yang lebih lunak. Sehingga menyebabkan erosi bebatuan, atau tepian jurang, atau plato, atau tepian lembah yang terbentuk dari kondisi gletser.

Nah berbicara mengenai air terjun, sebenarnya banyak yang bisa kita bahas. Salah satunya pembahasan mengenai daftar air terjun tertinggi di dunia. Oleh karena itu, yang akan dibahas pada artikel ini yaitu 7 air terjun tertinggi di dunia (terkenal, terindah).

Sedangkan itu, untuk gelar air terjun tertinggi di dunia terletak di negara di Venezuela dengan nama Angel Falls, karena memang air terjun ini seperti malaikat yang terjun dari surga karena keindahannya.

Air terjun memang terdiri dari bermacam-macam ketinggian. Namun, masih banyak lagi beberapa di antaranya memiliki ketinggian yang luar biasa, lho. Lalu apa saja daftar nama air terjun tertinggi di dunia?

Daripada penasaran, langsung saja silahkan anda simak berikut ini 7 air terjun tertinggi di dunia yang bisa anda kunjungi dengan pemandangan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan unik.

Baca Juga:

Berikut Ini Beberapa Air Terjun Tertinggi di Dunia

1. Angel Falls


Image Source: idntimes.com

Air terjun tertinggi di dunia berada di Venezuela dengan nama Angel Falls, karena memang air terjun ini seperti malaikat yang terjun dari surga karena keindahannya. Sangat cantik dan juga mengagumkan, air terjun ini memiliki tinggi 979 meter.

2. Tugela Falls


Image Source: idntimes.com

Tugela Falls terletak di Taman Nasional Royal Natal di Natal, Afrika Selatan, air terjun ini memiliki tinggi 948 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di dunia. Tapi beberapa peneliti memiliki pendapat yang berbeda, karena Tugela Falls memiliki 5 lompatan yang membuat air tak langsung jatuh. Bila dihitung tanpa lompatan tersebut Tugela Falls ini mempunyai tinggi 983 meter, dan jika memang benar seperti itu maka air terjun ini yang akan menjadi paling tinggi di dunia guys.

3. Tres Hermanas Falls


Image Source: idntimes.com

Kamu yang ingin melihat salah satu air terjun tertinggi di dunia ini secara langsung mungkin harus kecewa nih, karena Tres Hermanas Falls ini terletak di Taman Hutan Nasional Parque Nacional Otishi yang menjadi taman hutan yang dilindungi pemerintah. Tres Hermanas Falls memiliki tinggi 914 meter, dan jika diartikan ke bahasa indonesia air terjun ini berarti Air Terjun Tiga Saudara karena memiliki 3 tingkatan sebelum air jatuh ke bawah.

4. Olo'upena Falls


Image Source: idntimes.com

Menjadi tempat favorit para turis dari seluruh penjuru dunia, Hawai ternyata juga memiliki air terjun tertinggi di dunia loh. Olo'upena Falls memiliki tinggi 900 meter dan berada di area hutan yang lebat, dan waktu paling pas mengunjungi air terjun ini adalah ketika musim hujan antara bulan November sampai Maret.

5. Yumbilla Falls


Image Source: idntimes.com

Selain sangat indah, air terjun Yumbilla ini ternyat juga sangat tinggi yang mencapai 896 meter. Air terjun ini berada di dekat kota Cuispes, Peru, uniknya lagi air terjun ini terbilang baru karena ditemukan pada tahun 2007 silam dan sempat menggegerkan media internasional.

6. Vinnufossen


Image Source: idntimes.com

Air Terjun Vinnufossen adalah air terjun tertinggi pertama di Norwegia, dan menjadi air terjun tertinggi nomor 6 di dunia. Air Terjun Vinnufossen ini mempunyai tinggi hingga 860 meter, dan berada di Desa Sunndalsora, Romsdal.

7. Balåifossen


Image Source: idntimes.com

Masih di Norwegia nih, Air Terjun Balaifossen ini merupakan air terjun tertinggi kedua di Norwegia dan air terjun tertinggi nomor 7 di dunia. Aliran air yang ada di air terjun ini juga tergantung dari musim, jika iklim berganti maka rata-rata salju yang mencair akan membuat volume air jadi lebih besar guys.

Demikian penjelasan diatas tentang air terjun tertinggi dan terindah di dunia. Semoga bermanfaat!
Top