10 Makanan Penambah Darah Rendah Untuk Mencegah Anemia

Komentar
10 Makanan Penambah Darah Rendah Untuk Mencegah Anemia
Image Source: merdeka.com

Kamu anemia? Atasi dengan mengonsumsi makanan penambah darah yang ampuh mengatasi anemia. Temukan informasi selengkapnya di sini.

Anemia merupakan salah satu penyakit yang mengganggu aktifitas sehari-hari. Bagi Anda yang sedang anemia, mengonsumsi jenis makanan penambah darah sangatlah penting. Dijamin kalau kamu rutin memakan makanan penambah darah tersebut, kamu akan merasa lebih sehat dan segar untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Beberapa makanan penambah darah untuk melawan gejala penyakit anemia memang belum banyak diketahui. Mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh Anda, sehingga anemia dapat teratasi. Zat besi dan beberapa nutrisi lain untuk menambah darah tidak melulu bersumber dari produk hewani. Nyatanya ada banyak makanan penambah darah lainnya yang bisa dikonsumsi.

Maka dari itu, jangan dibiarkan saja, kurang darah harus segera diatasi secepatnya. Jika Anda mengalami anemia, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan penambah darah. Simak juga berbagai jenis makanan penambah sel darah merah dalam artikel ini.

Baca Juga:

10 makanan penambah darah rendah

1. Kurma

Kurma kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan antioksidan. Anda bisa makan kurma secara teratur untuk mengontrol jumlah darah merah di tubuh Anda.

2. Apel

Apa saja buah penambah darah? Apel adalah sumber zat besi yang juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Buah ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mengobati anemia. Makan satu apel per hari untuk mengontrol jumlah darah merah Anda.

3. Pisang 

Pisang kaya akan zat besi, kalium dan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Makan satu pisang per hari tidak hanya bisa menyembuhkan anemia, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh Anda.

4. Kismis 

Kismis kaya akan zat besi, kalsium, kalium dan nutrisi lainnya. Anda bisa menyantap kismis setiap hari untuk meningkatkan kadar darah Anda.

5. Madu 

Madu kaya zat besi, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Anda dapat menikmatinya bersama jus lemon untuk meningkatkan jumlah hemoglobin di tubuh. Ini adalah salah satu solusi alami yang efektif untuk meningkatkan jumlah darah dan mengobati anemia.

6. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang membantu dalam penyerapan zat besi dalam darah. Buah citrus, seperti lemon, jeruk, dan jeruk nipis, bisa mengatasi anemia.

7. Delima

Delima kaya zat besi, protein dan kalsium. Buah ini juga mengandung mineral dan vitamin yang penting yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

8. Tomat 

Tomat adalah sumber vitamin C dan likopen. Vitamin C membantu mendorong penyerapan zat besi dalam darah.

9. Jeroan

Jeroan, seperti hati, mengandung banyak zat besi. Hati juga kaya akan vitamin B12, seng dan fosfor. Anda dapat memanggang hati dalam oven dan kemudian menyantapnya. Hati bisa meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga dapat melawan anemia.

10. Makanan kaya zat besi

Makanan yang kaya zat besi dapat mengatasi anemia. Hemoglobin terdiri dari besi dan beberapa protein. Oleh karena itu, Anda perlu menyertakan makanan kaya zat besi dalam menu harian Anda. Makanan yang kaya zat besi adalah bayam dan sayuran berdaun hijau, tiram, hati, beras merah, kurma, kismis, anggur dan biji wijen hitam.

Nah, itulah makanan yang dapat meningkatkan jumlah darah merah dalam tubuh. Ingat, anemia bisa mengganggu aktivitas harian Anda, jika tidak dikontrol dengan baik. Agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Demikian penjelasan tentang apa saja buah penambah darah. Semoga bermanfaat.
Top