Agar Anak Bisa Bersikap Baik di Sekolah dan Dirumah, Orangtua Wajib Lakukan Ini

 17 Jan 2019  Penulis
Agar Anak Bisa Bersikap Baik di Sekolah dan Dirumah, Orangtua Wajib Lakukan Ini

Sumber gambar famifi.com

Berbuat dan bersikap baik tidak hanya dirumah saja saat dekat dengan orangtua melainkan juga dimana saja saat ia berada, seperti saat bersekolah.

Untuk orangtua yang khawatir dengan anaknya saat di sekolah bisa bersikap baik atau tidak, sejumlah tips ini harus di lakukan.

Sebagai orangtua sudah tentu memiliki kewajiban untuk mendidik anaknya agar memiliki pribadi yang baik.

Berbuat dan bersikap baik tidak hanya dirumah saja saat dekat dengan orangtua melainkan juga dimana saja saat ia berada.

Seperti saat berada di sekolah misalnya, Supaya anak juga bisa bersikap baik di sekolah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Sebagai orangtua, kita perlu melakukan tindakan dan memberi arahan pada anak supaya bisa berperilaku baik juga di sekolah ketika tidak didampingi oleh orangtua. Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba yang dikutip dari fimela.com.

1. Beritahu Anak kalau Dirinya Bertanggung Jawab atas Perilakunya

Agar Anak Bisa Bersikap Baik di Sekolah dan Dirumah, Orangtua Wajib Lakukan Ini

Sumber gambar go-dok.com

Dilansir dari youngparents.com.sg, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memberi penjelasan pada anak bahwa dirinya bertanggungjawab atas perilakunya.

Kalau di rumah bisa bersikap baik, maka di sekolah pun harus bersikap baik. Ini bisa jadi hal paling dasar yang perlu ditanamkan pada anak bahwa bersikap baik itu perlu dilakukan di mana saja.

2. Cari Tahu Sikap dan Perilaku Anak Saat di Sekolah

Agar Anak Bisa Bersikap Baik di Sekolah dan Dirumah, Orangtua Wajib Lakukan Ini

Sumber gambar tonfeb.com

Kadang anak bersikap nakal di sekolah karena merasa tak dilihat orangtuanya. Di sini, kita perlu berkonsultasi dan berdiskusi dengan guru di sekolahnya untuk mencari tahu sikap dan perilakunya.

Lalu, di rumah kita bisa membantu mengoreksi perilaku anak di sekolah. Dengan cara ini, anak bisa lebih hati-hati dan bertanggung jawab dalam berperilaku di luar rumah.

Baca juga:

  1. Mengaku Jadi Tuhan dan Nekat Duduki Al Quran, Pria Ini Berikan Keterangan Aneh
  2. Manjurnya Rendaman Air Garam Untuk Keluarkan Racun Hingga Asam Urat

3. Kalau Anak Terbukti Berbuat Nakal di Sekolah, Beri Ia Hukuman

Hukuman di sini bukan dalam arti melukai atau malah membuat anak tertekan. Hanya saja kita perlu menunjukkan ketegasan kita bahwa perilaku negatif itu buruk dan patut dihukum. Supaya anak tidak lagi sembarangan melakukan hal buruk dan negatif di sekitarnya.

4. Dengarkan Penjelasannya

Selain perlu bersikap tegas, kita juga perlu jadi pendengar yang baik untuknya. Beri anak kesempatan untuk menceritakan yang dialaminya.

Bisa jadi misalnya, alasan dia memukul temannya di sekolah karena temannya itu lebih dulu berbuat nakal padanya. Beri ruang pada anak untuk bercerita. Sehingga anak bisa merasa tetap diperhatikan dan disayangi.

5. Cari Tahu Penyebab dari Faktor Luar

Bisa jadi anak berbuat nakal di sekolah karena meniru teman-temannya yang lain. Atau karena guru-gurunya yang terlalu keras atau jahat padanya. Coba cari tahu penyebab dari faktor luar. Lalu, jika memungkinkan pindahkan anak ke lingkungan atau sekolah yang lain.

Mengarahkan anak untuk bersikap baik di sekolah akan selalu ada tantangannya sendiri. Penting juga untuk memahami karakter dan kepribadian anak dengan baik agar bisa mengarahkannya dengan tepat.