Wanita Sering Gak Sadar Jika Ternyata 5 Kebiasaan Inilah yang Bikin Haid Susah Keluar

Penulis Unknown | Ditayangkan 03 Mar 2017
Pendarahan yang pasti dialami wanita normal setiap bulannya, atau sering disebut Haid menjadi momok bagi sebagian wanita. Karena, rasa nyeri yang ditimbulkan akan merubah mood wanita tersebut seperti layaknya singa yang sedang marah.

Wanita Sering Gak Sadar Jika Ternyata 5 Kebiasaan Inilah yang Bikin Haid Susah Keluar

BACA JUGA: Tidak Cuma Nasi, 5 Kudapan Lezat Ini Juga Bisa Kamu Bikin Dengan Rice Cooker

Selain nyeri, ketidak lancaran keluarnya darah saat haid juga menjadi hal yang ditakuti wanita. Padahal jika dilihat lagi, penyebabnya ada pada wanita itu sendiri. Apalagi jika melakukan 5 kebiasaan buruk ini pada saat haid, seperti yang dikutip dari vemale.

1. Kebanyakan konsumsi Junk Food

Biasanya kalau lagi bete, bad mood, atau sensi, dorongan untuk ngemil atau mengonsumsi junk food akan sangat besar. Dan biasanya pilihan jatuh pada junk food yang mengandung banyak gula, garam, dan pengawet.

Seperti yang dikutip oleh familyshare.com, gula bisa menyebabkan inflamasi dan bikin nyeri haid makin parah. Tak hanya itu, kebanyakan konsumsi garam, kita bisa mengalami kembung. Bahkan olahan berbasis susu sapi bisa merusak keseimbangan hormon dan menyebabkan kembung serta nyeri haid yang parah.

2. Kurangnya Asupan Protein

Jangan abaikan pentingnya asupan protein selama haid. Protein sehat yang terkandung di daging ayam, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian sangat diperlukan untuk membuat haidmu tak terlalu menyiksa. So, cukupi kebutuhan protein tubuhmu selama haid ya Ladies.

3. Mager Parah

Sering mager (males gerak) saat haid? Kondisi mager ini sebenarnya bisa membuat kondisi haidmu makin parah, lho Ladies. Sebaiknya tetap gerakkan tubuh secara aktif selama haid. Tak perlu olahraga berat, kok. Cukup yang ringan-ringan saja. Dengan begitu, nyeri haid bisa berkurang dan hormon endorfin dalam tubuh bisa bekerja optimal.

4. Kurangnya Asupan Zat Besi

Anemia sering dialami wanita yang sedang haid. Salah satu gejala umum anemia adalah rasa lelah yang luar biasa. Penuhi zat besi tubuhmu selama haid. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

5. Begadang

Begadang dan kurang tidur juga bisa membuat tubuhmu jadi sangat letih. Terlebih saat haid, kamu butuh istirahat yang cukup agar kesehatan terjaga. So, penting untuk tidak begadang atau tidur terlalu larut saat sedang haid ya Ladies.
SHARE ARTIKEL