Tanpa Diketahui, Menjenguk Orang Sakit Dampaknya Bukan Hanya Sekedar "Menengok"!

Komentar

Ketika saudara atau teman dalam keadaan sakit, pastilah sebagai orang yang tahu akan memulai sebuah inisiatif untuk menjenguknya. Karena seseorang akan mengalami 5 perkara sebelum 5 perkara, dan salah satunya sehat sebelum sakit, maka dianjurkan untuk orang-orang yang beramal baik adalah dengan menjenguk orang yang tengah ditimpa sakit.

Baca juga : Bukan 21 atau 120, Ini Tipe Rumah yang Mengundang Malaikat untuk Bertamu!

Mengunjungi atau menjenguk orang sakit merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Apalagi ketika orang yang sakit itu adalah kerabat dekat, tetangga, saudara yang senasab, atau sahabat. Menjenguk orang sakit ternyata termasuk salah satu amal shaleh yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT, kepada ampunan, rahmat dan Surga-Nya.

Allah SWT menjanjikan pahala yang sangat besar bagi siapa saja yang menjenguk orang sakit. Ini juga merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya.

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.

Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Hal yang hendaknya dilakukan bagi orang yang membesuk adalah mengucapan doa:

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Allah.” (HR. al-Bukhari).


Baca juga : Pecutan untuk Kaum Urban, Olahraga Giat, Sholat Ga Kuat?

Atau doa:

أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud).

Selain banyaknya pahala dan rahmat Allah SWT bagi yang menjenguk, tentu silaturahim terhadap sesama pun akan terjalin lebih erat lagi.
Top