Ini Dia Penyebab Macet Parah di Brebes Timur.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 05 Jul 2016

Ini Dia Penyebab Macet Parah di Brebes Timur.
Macet parah di brexit
Brebes Timur Exit yang sering disebut juga Brexit. Kemacetan yang terjadi Pintu Tol Brebes Timur menjadi masalah yang besar bagi pemerintah, karena kemacetan ini hingga menimbulkan korban jiwa hingga 12 orang.

Kabag Ops Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Pol Benyamin mengatakan, jika dianalisis maka ditemukan banyak faktor penyebab kemacetan terjadi di sana. Di antaranya, pemudik susulan dari Jakarta yang berangkat sejak kemarin menambah terjadinya penumpukan.

"Brexit sampai sekarang masih menjadi masalah, karena rupanya dari Jakarta ada susulan keberangkatan pemudik," ujar Benyamin, di NTMC Polri, Jakarta.

Selain itu, menurut dia, pada jalur tol Brexit hanya ada tiga barrier gate (gerbang tol). Empat barrier gate lainnya dihapus, artinya pengguna tinggal melintas saja di gerbang-gerbang tol itu tanpa melakukan transaksi.

Seperti dikutip dari tribunnews, hanya ada tiga gerbang di mana pengguna tol dari Jakarta perlu melakukan transaksi yakni pada di gerbang Cikarang Utama di mana pengguna mengambil tiket, lalu membayar di gerbang Palimanan, dan kemudian membayar lagi di gerbang Brebes Timur.

Akibatnya kelancaran lalu lintas terjaga sampai akhirnya semua menumpuk di pintu keluar Brebes Timur (Brexit).

"Nah kan lancar nih semua. Semua kendaraan los enggak ada transaksi tol, terus bayar tol cepat, lalu masuk di Brebes Timur stuck," kata Benyamin.

Kemacetan semakin diperparah dengan loket pembayaran di Brebes Timur yang hanya tersedia tiga buah. Padahal di pintu lainnya setidaknya ada 10 loket yang tersedia. Artinya, kata Benyamin, bisa diibaratkan bahwa jalur tol dari Jakarta itu menuju Brexit semakin menyempit.

"Banyak faktor kenapa kemacetan bisa terjadi di Brexit tapi intinya, jalan tidak menampung jumlah kendaraan," kata dia.

Baca Juga :  Innalillahi Wainalilahi Rojiun, 12 Orang Meninggal Dunia Akibat Macet Parah di Brebes

Pintu tol yang diresmikan oleh Jokowi pada Kamis, (16/6/2016), ini menjadi sorotan. Pasalnya, gerbang tol yang digadang-gadang akan mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju Brebes ini justru menuai kemacetan panjang.

Bahkan, tiga hari jelang Lebaran, arus mudik di Tol Brebes, Jawa Tengah, kian meningkat. Sehingga, kendaraan yang akan melalui Brexit mengekor sekira 18 Km. Semoga pemerintah segera mengambil langkah pasti menangani kemacetan yang terjadi bilamana arus balik mungkin terjadi, agar masyarakat juga tidak trauma dan melewati tol brebes dengan lancar.
SHARE ARTIKEL