Ngeri, Balita di Magelang Tak Sengaja Telan Koin, Nyangkut Selama 3 Hari

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 28 Jan 2021

Ngeri, Balita di Magelang Tak Sengaja Telan Koin, Nyangkut Selama 3 Hari

Ilustrasi anak bayi - Image from youtube.com

Ini yang harus dilakukan ortu saat balita telan koin 

Dokter ungkapkan cara penanganan terhadap balita ini. Jangan sembrono sogok tenggorokan anak saat telan koin. Ini pertolongana pertama yang tepat saat balita menelan koin atau benda asing. 

Peringatan untuk orang tua agar senantiasa mengawasi anak-anak saat sedang bermain. Pasalnya baru-baru ini ada kejadian pilu yang menimpa seorang balita. 

Balita tersebut dikabarkan menelan uang koin Rp 1.000. Akibatnya, koin tersebut nyangkut selama 3 hari di tenggorokan korban.

Balita itu akhirnya dilarikan ke RSUP dr Kariadi Semarang. Untungnya, nyawa anak itu bisa tertolong berkat kesigapan para dokter yang bertugas. 

Mulanya balita itu hendak dioperasi, tetapi setelah dokter menanganinya dengan menggunakan kamera endoskopi dan peralatan kedokteran akhirnya koin yang menyangkut di tenggorokan tersebut bisa diambil tanpa operasi. 

Humas RSUP dr Kariadi Parna mengungkapkan bahwa balita asal Magelang tersebut masuk ke IGD RSUP dr Kariadi, pada Senin (25/1/2021) sore.

Setelah koin diambil, balita tersebut diizinkan untuk pulang ke rumah. 

"Iya pulang kemarin Selasa (26/1/2021)," ujarnya dikutip dari Tribunjateng.com, pada Rabu (27/1/2021).

Identitas balita itu MA (3) warga Bligo, Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Saat ini, kondisi balita tersebut sudah membaik setelah penanganan medis di RSUP dr Kariadi Semarang.

"Alhamdulillah kondisi adeknya sudah membaik," ujar relawan PCM Ngular Magelang, Eyup dikutip dari TribunJateng.com. 

Dia menjelaskan, telah mendapatkan kabar dari warga terkait kejadian tersebut pada Minggu (24/1/2021) malam.

Kemudian pada Senin (25/1/2021), ia mencari donasi untuk MA. Dikarenakan orangtua MA yaitu pasangan suami istri Irwan dan Eva Susanti termasuk keluarga tak mampu.

Irwan hanyalah seorang penjual bakso tusuk keliling. Setelah donasi terkumpul, pihaknya bersama para donatur memberangkatkan MA ke RSUP dr Kariadi Semarang.

"Tiba di rumah sakit tersebut pada Senin petang," ujarnya. 

Tertelan Secara Tidak Sengaja 

Dia kemudian mengungkapkan, tidak bisa membeberkan kronologi tertelannya koin oleh Ma. Sebab para tetangga dan kerabat tak mengetahui kejadian secara pasti.

"Informasi di sini juga simpan siur. Ada beberapa versi kejadian. Mereka takut memberikan keterangan takutnya malah salah. Sebab yang tahu pasti bocah itu sendiri," bebernya.

Sementara itu, Anggota Polres Magelang Aipda Donny mengungkapkan bahwa MA tak sengaja menelan uang koin Rp1000 rupiah pada Jumat (22/1/2021) malam.

Hal ini berarti, ia sudah tiga hari koin tertelan di tenggorokan MA balita tiga tahun.

"Saya bersama relawan mengantarkan langsung MA ke RSUP dr Kariadi Semarang," terangnya di akun instagram pribadinya @dannykanann.

Penanganan Tepat untuk Balita yang Telan Koin 

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan saat anak menelan koin. 

1. Pastikan anak-anak tidak tersedak, kesulitan bernafas, kesulitan menelan atau berbicara. Jika terjadi hal ini, maka segera bawa ke dokter, sebab itu jadi pertanda bahwa koin masuk ke jalur pernafasan. Dan akan berbahaya apabila tidak segera mendapat pertolongan. 

2. Sebaliknya jika masuk ke kerongkongan atau jalur pencernaan, anak akan menunjukkan gejala peningkatan air liur, kesulitan menelan, muntah, sakit leher, sakit dada atau batuk. Maka jika sudah parah, anak harus segera dibawa ke UGD. 

3. Apabila anak-anak tidak mengalami tanda-tanda berbahaya, dan cenderung biasa saja. Maka Bunda perlu mengecek BAB nya dua atau tiga hari kemudian untuk mengetahui apa feses sudah keluar. 

4. Selain itu, Bunda juga perlu memberikan makanan yanag lembut dan mengandung serat untuk membantu proses pencernaan anak. 

5. Jangan lupa untuk memberikan cukup cairan, agar tubuh bisa mengeluarkan koin atau benda asing dengan lancar saat buang air besar. 

6. Jangan coba-coba untuk mengambil koin yang sudah masuk ke kerongkongan dengan tangan. Sebab hal ini malah bisa bikin benda asing masuk lebih dalam dan melukai kerongkongan. 

7. Segera bawa ke dokter, jika anak menunjukkan gejala-gejala yang parah. 

Oleh sebab itu, orang tua wajib mengawasi anak-anak kapan pun dan dimana pun. Selain itu anak juga perlu dijauhkan dari benda-benda kecil yang rentan dimakan dan tertelan. 

SHARE ARTIKEL