Adik Ungkap Isi Rekening Syekh Ali Jaber, 'Tidak ada satu juta', Ini Alasannya

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 23 Jan 2021

Adik Ungkap Isi Rekening Syekh Ali Jaber, 'Tidak ada satu juta', Ini Alasannya

Syekh Muhammad Ali Jaber dan Syekh Ali Jaber - Image from genpi.co

Kedermawanan dan kesederhanaan Syekh Ali terungkap 

Bahkan sang adik juga mengungkapkan bahwa Syekh Ali Jaber tidak memiliki mobil. Ia kerap meminjam mobil teman atau yayasan dan naik ojek online sebagai alat transportasi.

Adik Syekh Ali Jaber ceritakan kehidupan sang kakak yang sangat sederhana. 

Bahkan Arie Untung sampai terkejut saat tahu isi rekening ATM sang ulama besar asal Madinah tersebut. 

Tidak terasa, sudah lebih dari satu pekan, Syekh Ali Jaber meninggal dunia. 

Setelah kepergiannya, bukan semakin redup, cerita-cerita kebaikan Syekh Ali Jaber hingga kini masih terus bergema. 

Salah satu cerita kebaikannya di ungkap saat Arie Untung berdialog dengan adik Syekh Ali Jaber, yakni Syekh Muhammad Jaber.

Arie Untung dikejutkan dengan fakta terkait kekayaan Syekh Ali Jaber yang selama ini jarang diketahui banyak orang. 

Sampai-sampai, Arie Untung tidak kuasa menahan air mata yang akan jatuh saat adik Syekh Ali Jaber mengenang sosok kakaknya tersebut. 

Bagaimana tidak terharu, Arie Untung takjub saat Syekh Muhammad Jaber menyebut bahwa Syekh Ali Jaber sangat suka bersedekah. Bahkan ia melakukannya dengan diam-diam dan tidak menunjukkannya pada siapapun. 

"Beliau (Syekh Ali Jaber) suka menjaga rahasia. Itu yang mungkin salah satu sebab Allah mencintai beliau, masyarakat mencintai beliau. Khususnya ketika beliau membantu orang lain," ungkap Syekh Muhammad Jaber dari kanal Cerita Untungs, pada Kamis (21/1/2021).

Tak Punya Mobil, Isi Rekening Tidak Ada 1 Juta 

Diakui oleh Syekh Muhammad Jaber bahwa sang kakak adalah orang yang dermawan, meski hidup dalam kesederhanaan. Bahkan saat meninggal, ia pun tak meninggalkan harta. 

"Rumah, mobil, tahu enggak, sampai saat ini dia tidak punya mobil," akui Syekh Muhammad Jaber.

"Yang waktu itu sempat dicuri?" tanya Arie Untung.

"Itu dulu. Sekarang beberapa tahun, enggak ada mobil," ujar Syekh Muhammad Jaber.

Bahkan untuk keperluan sehari-hari, Syekh Ali Jaber lebih suka meminjam mobil kepada adik atau temannya, dan naik ojek online.

Perihal harta kekayaan Syekh Ali Jaber, Syekh Muhammad Jaber pun mengungkapkannya. 

Diakui Syekh Muhammad Jaber, sang kakak sampai tak punya banyak uang di ATM-nya.

Hal itu dikarenakan Syekh Ali Jaber akan langsung memberikan uangnya tersebut pada orang lain yang membutuhkan. 

"Berkali-kali saya membantu dia. Kebutuhan rumah sehari-hari kadang-kadang dia enggak punya. Rp 1 juta di rekeningnya enggak ada. (Syekh Ali Jaber) suka membantu orang lain. Apapun yang dia punya, dia bantu orang lain," ungkap Syekh Muhammad Jaber.

"Oh ya?" ujar Arie Untung kaget. 

Villa di Puncak Bukan Milik Syekh Ali Jaber

Tak hanya itu, mengenai villa mewah Syekh Ali Jaber yang tahun lalu pernah masuk vlog Raffi Ahmad, Syekh Muhammad Jaber juga mengurai fakta yang tidak terduga. 

Diakui Syekh Muhammad Jaber, villa mewah tersebut bukan milik Syekh Ali Jaber, melainkan milik temannya. 

"Viral villa dia di Puncak itu, banyak yang berpikir ini villa beliau. Tetapi ini (punya) teman beliau. Dia tidak punya walaupun satu persen," ujar Syekh Muhammad Jaber.

Alasan Syekh Ali Jaber membeberkan villa tersebut di vlog Raffi Ahmad tempo hari adalah untuk membantu villa milik temannya agar laku disewakan. 

Tidak hanya itu, Syekh Ali Jaber juga sering menawarkan kepada rekannya untuk menginap gratis di villa milik temannya itu. 

Padahal nantinya, Syekh Ali Jaber lah yang akan membayar biaya sewa rekannya tersebut.

"Wallahi, Syekh Ali bayar sendiri. Dia cuma mau bantu temannya. Dia sering membantu orang lain. Walaupun akibatnya dia punya utang, masalah, dia enggak berpikir. Yang paling penting bagaimana dia membantu orang," kata Syekh Muhammad Jaber.

Tidak Menerima Endorse atau Royalti

Selain itu, uang hasil dari iklan atau promosi, Syekh Ali Jaber juga tak pernah menyimpannya. 

Alih-alih menumpuk hartanya, Syekh Ali Jaber lebih gemar bersedekah dan memberikannya untuk orang lain yang membutuhkan. 

"Bahkan, ongkos atau jasa media, kan biasanya, ketika artis bantu iklan, pasti dapat sekian, royalti, endorse, dia enggak dapat apapun," ujar Syekh Muhammad Jaber.

Syekh Muhammad Jaber juga menyebut sang kakak kerap meminjam uang untuk membantu temannya yang lain.

Akibatnya, sang adik sering mencegah niatan Syekh Ali Jaber yang sangat baik, hingga bisa disebut terlalu baik tersebut. 

Namun, meski sudah dicegah, Syekh Ali Jaber tetap membantu orang lain itu secara diam-diam, tanpa sepengetahuan siapa pun. 

"Sering saya marah pada beliau, sering tidak sepakat dengan beliau," ujar Syekh Muhammad Jaber.

Tak hanya itu, Ustaz Iskandar Yuan juga mengurai kebaikan Syekh Ali Jaber yang lainnya. Yakni betapa cintanya Syekh Ali Jaber dengan masyarakat Palestina. 

Bahkan setiap ada warga Palestina yang meminta bantuannya, beliau tidak pernah menolak. Dan akan dengan senang hati menolong mereka. 

Baginya membantu warga Palestina adalah kewajiban yang tidak boleh ditolak. 

"Syekh Ali tuh cinta banget sama Palestina. Siapapun warga Palestina yang datang kemudian minta tolong ke Syekh Ali, haram bagi Syekh Ali untuk tidak membantu mereka," ujar Ustaz Iskandar.

SHARE ARTIKEL