Fakta Mengenai Samudra Pasifik, Pusatnya Kondisi Iklim Hingga Terjadinya Tsunami

Komentar

samudra pasifik via bobo.grid.id

Samudra adalah wilayah laut yang luas. Terdapat 5 samudra di dunia yang ada mulai dari Samudra Arktik di bagian utara hingga Samudra Antartika di bagian selatan. Selain itu juga ada dua samudra yang berbatasan dengan Indonesia yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Terakhir ada Samudra Atlantik. Dari kelima nama samudra di dunia, kami akan tampilkan daftar 5 samudra terluas di dunia atau samudra terbesar di dunia.

Siapa penemu samudra pasifik ?

Penjelajah Portugis Fernando de Magelhaens adalah orang yang menamakan Samudra Pasifik. Untuk sebagian besar perjalanannya dari Selat Magelhaens menuju Filipina, Magellan memang merasakan ketenangan lautan tersebut. Tetapi, Samudra Pasifik tidaklah selalu tenang. Di mana Samudra Atlantik melebar, Samudra Pasifik menciut.

Hal ini menyebabkan banyak terjadinya gempa bumi. Banyak angin puyuh dan badai yang merusak pulau-pulau di bagian Pasifik dan tanah di sekitar Pasifik dipenuhi gunung berapi dan sering diguncang gempa bumi. Tsunami, yang disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut, telah menghancurkan banyak pulau dan meruntuhkan bangunan-bangunan kota.

Apakah samudra pasifik merupakan samudra terbesar di dunia ?

samudra pasifik terbesar via ilmugeografi.com

Jawabannya adalah ya! Berikut ini merupakan deretan samudra di dunia.

1. Samudra Pasifik (Luas Samudra : 168.723.000 km2)
2. Samudra Atlantik (Luas Samudra : 85.133.000 km2)
3. Samudra Hindia (Luas Samudra : 70.560.000 km2)
4. Samudra Antartika (Luas Samudra : 21.960.000 km2)
5. Samudra Arktik (Luas Samudra : 15.558.000 km2)

Ciri samudra pasifik

Berikut inimerupakan daftar ciri ciri samudra pasifik itu seperti apa.

  • Merupakan samudera terluas di dunia
  • Dasar samuderanya merupakan pusat gempa bagi Jepang dan pantai barat benua Amerika
  • Terdapat arus panas kurosyiwo dan arus dingin oyashio 
  • Banyak terdapat gunung-gunung laut
  • Terdapat gejala iklim global yaitu el nino dan la nina
  • Titik terendah: -10.924 m (-35.840 kaki). di dasar Palung Mariana
  • Panjangnya sekitar 15.500 km (9.600 mi) dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross diAntartika di selatan
  • Samudra Pasifik berisi sekitar 25.000 kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jika digabung), yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa
  • Samudera ini merupakan daerah divergensi lempeng samudera bergerak saling menjauh.
  • Di samudera Pasifik sering terjadi badai karena merupakan pusat badai tropis


Apa karakteristik samudra pasifik ?

karakteristik samudra pasifik via nationalgeographic.grid.id

Adapun diantara karakteristik Samudra Pasifik adalah sebagai berikut:

1. Nama dari Samudra Pasifik
Salah satu keunikan yang menggambarkan karakteristik dari Samudra Pasifik adalah namanya sendiri yang dalam bahasa kita sering disebut sebagai “lautan teduh” atau dalam bahasa Italia disebut sebagai “Pacifio” yang berarti tenang.

2. Samudera Terluas di Dunia
Sebagaimana disingung di atas bahwa total luas dari Samudra ini mencapai 165 juta km, bahkan ada yang mengatakan mencapai  (179, 7 juta) km.

3. Palung/Lautan Paling Dalam di Dunia
Ciri selanjutnya dari Samudra Pasifik ini adalah letaknya palung terdalam dunia yang disebut sebagai Palung Mariana.

3. Dilalui oleh Garis Tanggal Internasional
Garis tanggal internasional merupakan garis pertemuan antara garis bujur timur (BT) dan bujur barat (BB) sebagai hasil dari konveksi  internasional dengan isi kesepakatan bahwa garis tersebut dijadikan dasar sebagai titik pergantian waktu. Garis ini memanjang dimulai dari Selat Bering hingga Samudra Pasifik.

4. Arus Laut Samudra Pasifik
Salah satu hal yang dapat membedakan suatu Samudra dengan Samudra lainnya adalah pola arusnya. Khusus untuk arus laut dari Samudra Pasifik ini memiliki empat jenis arus.

5. Merupakan Pusat Badai Tropis
Pastinya kita sudah familiar dengan badai yang memiliki nama ” El-Nino” yakni merupakan bentuk peyimpangan suhu di kawasan pasifik di timur dan tengah yang kemudian menyebabkan peningkatan suhu di atmosfer sehingga berdampak pada inkonsistensi kondisi cuaca.

6. Gunung Api Bawah Laut
Fakta mengejutkan yang disuguhkan kawasan Samudra Pasifik ini adalah ditemukannya gunung dengan lebar 643 km, yang berada di bawah laut Samudra Pasifik.

7. Banyak Terdapat Kepulauan
Di Samudra ini terhampar berbagai pulau yang didominasi oleh pulau kecil dan beberapa pulau besar, terhitung sebanyak 25.000 pulau yang mayoritas terdapat di garis khatulistiwa.

8. Terdapat Karang Terpanjang di Dunia
Greet Barier Reef itulah nama besar dari karang terpanjang dunia yang terletak di Samudra Pasifik. Di lokasi ini berkumpul sebanyak 3.000 dan 900 pulau sepanjang 2.600 km.

Kenapa samudra pasifik disebut lautan teduh ?

Berikut ini akan kami jelaskan mengapa samudra pasifik disebut lautan teduh.

Pasifik itu asal kata Pacifico, dari bahasa Spanyol yang artinya “tenang”. Menurut beberapa referensi, konon penjelajah Fernando de Magelhaens dari Portugis adalah kali pertama menyebut istilah tadi, dengan alasan sebagian besar perjalanannya ketika melintas Selat Magelhaens menuju Filipina, ia merasakan ketenangan saat mengarungi samudra dimaksud. Selanjutnya istilah “Teduh” itu sendiri, jelas mengacu pada kosa kata dalam bahasa Indonesia yang artinya tenang, damai, atau ayem, tentram, dan lain-lain.

Mengapa perubahan iklim di samudra pasifik berpengaruh pada kondisi iklim di indonesia ?

Kerena samudera pasifik letak/jaraknya tidak terlalu jauh dengan negara Indonesia ini. Jadi  iklim di samudra pasifik sangat berpengaruh pada kondisi iklim di indonesia.

Fakta samudra pasifik

fakta samudra pasifik via ilmugeografi.com

Berikut terdapat sejumlah fakta menarik tentang Samudera Hindia:

1. Laut Terpanas
Tingginya temperatur air membuat Samudra Hindia dijuluki sebagai lautan terpanas di dunia. Kondisi ini menyulitkan fitoplankton untuk tumbuh, sementara makhluk ini dibutuhkan sebagai sumber makanan untuk mendukung kehidupan laut.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa kehidupan hewan laut di Samudra Hindia terbatas jika dibandingkan dengan lautan lainnya di dunia.

2. Memiliki sifat fisika dan kimia yang 'aneh'
Air di Samudra Hindia diketahui memiliki konsentrasi hidrokarbon baik yang terlarut mau pun mengambang tertinggi dibanding lautan lainnya. Kawasan ini pun mempunyai tingkatan salinitas terendah sekaligus tertinggi.

Samudra Hindia diketahui pula memiliki keseimbangan air paling negatif dibanding seluruh lautan lainnya di dunia mengingat penguapan air lautnya melampaui curah hujan dan aliran sungai.

3. 20 persen permukaan Bumi
Mendengar nama Samudra Hindia, kebanyakan orang akan langsung mengingat posisinya sebagai lautan terbesar ketiga di dunia setelah Samudra Pasifik dan Atlantik.

Total wilayahnya yang mencapai 68.556 juta kilometer persegi 'menempati' 20 persen permukaan bumi sehingga berkontribusi besar terhadap muatan air di Bumi.

Ukurannya yang besar membuat Samudra Hindia memiliki volume 292 juta kilometer kubik dengan kedalaman rata-rata 3.890 meter.

4. Lokasinya yang unik
Samudra Hindia berbatasan dengan beberapa benua. Ada Afrika di bagian barat, Kepulauan Sunda Kecil dan Australia di sebelah timur, dan Antartika di sebelah selatan.

Fakta geografis tersebut menggambarkan keragaman di kawasan ini.

Setidaknya terdapat 57 kelompok pulau, 16 negara Afrika, dan 18 negara Asia yang terhubung langsung dengan lautan ini.

Di lain sisi, terdapat pula sejumlah pelabuhan atau kota besar yang terkoneksi secara tidak langsung.

5. Berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik
Kawasan Samudra Hindia berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik dan satu titik pertemuan tiga lempeng tektonik (Triple Junction) yaitu Rodrigues Triple Point.

Rodrigues Triple Point merupakan triple junction yang mempertemukan lempeng Afrika, Indo-Australia, dan Antartika.

6. Kandungan oksigen sangat rendah
Perairan di kawasan ini memiliki salah satu kandungan oksigen terendah di dunia. Ini dikarenakan tingkat penguapan yang lebih tinggi dibanding curah hujan.

7. Lokasi sejumlah pelabuhan terpenting di dunia
Tiga pelabuhan di India seperti Chennai, Mumbai, dan Kolkata berada di Samudra Hindia. Tak hanya itu, ada pula Colombo di Sri Lanka, Richards Bay di Afrika Selatan, Jakarta di Indonesia, dan Melbourne di Australia.

Pelabuhan-pelabuhan ini tak hanya penting bagi perdagangan masing-masing negara, namun juga secara global.

Akses utama ke Samudra Hindia adalah melalui Terusan Suez di Mesir, Selat Malaka di Indonesia/Malaysia, Selat Hormuz di Iran/Oman dan Selat Bab el Mandeb di Djibouti/Yaman. Hal ini pula yang menambah nilai strategis pelabuhan-pelabuhan tersebut.

8. Menyimpan 40 persen cadangan minyak dunia
Samudra Hindia memiliki kontribusi tersendiri dalam perdagangan dunia. Selain menjadi rute navigasi dan kaya mineral, kawasan ini juga menyimpan cadangan minyak yang mampu memenuhi 40 persen produksi total minyak dunia.

9. Temuan benua yang sudah tenggelam
Fakta menarik lainnya adalah terdapat benua, Kerguelen Plateau, di Samudra Hindia. Benua mini ini secara bertahap tenggelam sekitar 20 juta tahun lalu.

10. Tertutup
Samudra Hindia yang menjadi muara dari sejumlah sungai seperti Sungai Zamezi, Tigris-Eufrat, Indus, Gangga, Brahmaputra dan Irrawady ini diklasifikasikan sebagai lautan yang tertutup karena bagian utaranya 'dikunci' oleh Benua Asia.

Demikianlah artikel tentang samudra pasifik. semoga bermanfaat!
Top